Alasan Kenapa Kamu Tak Perlu Gengsi Soal Materi, Apalagi Masih di Usia Muda

Kenapa kita membeli HP yang jauh lebih mahal dari apa yang kita punya?

Kenapa membeli mobil yang jauh daripada kebutuhan kita?

Jawabanya adalah demi gengsi..

Gengsi cukup membuat harga diri kita terusik. Manusia ingin dihargai itu bagus, tapi sayangnya kita sering kebablasan, kita haus akan kebanggaan diri yang tak ada puasnya. Kita selalu ingin menang dari orang lain, lebih ingin dihormati, dan ingin lebih dilayani.

Sebenarnya gengsi adalah kehormatan yang diperoleh dengan perbuatan besar. Namun masyarakat sekarang lebih materalistis. Orang ingin dipuji karena kekayaan materinya. Banyak yang berpandangan kalau dia terlihat lebih kaya berarti dia lebih gengsi.

Banyak orang salah kaprah yang diawali dari kebanggan yang berlebihan atas apa yang dimilikinya dan rasa lebih sempurna dari orang lain. Kita harusnya berhati-hati, gengsi itu bukanlah perwujudan dari harga diri. Gengsi dapat berdampak buruk.

Gengsi dapat menyebabkan masalah dan kesulitan dihidupmu nanti. Apalagi jika kamu masih muda, tidak perlu ikut terpengaruh dengan gengsi, meski itu butuh keberanian dan pengakuan.

Lalu bagaimana untuk tidak termakan gengsi, berikut untukmu yang masih muda, ada beberapa ulasan yang dapat membantumu:

1. Umur masih muda, bisa dimaklumi kalau belum punya apa-apa. Lebih baik uangnya ditabung saja.

Alasan kenapa kamu tak perlu Gengsi soal materi, apalagi masih di usia muda

www.ar.itb.ac.id

Di saat umur masih muda, jika masih belum punya apa-apa, belum punya harta yang bisa dibanggakan itu adalah hal yang wajar. Proses untuk mendapatkan kesuksesan itu masih panjang.

Jadi masih bisa dimaklumi jika kamu masih belum punya barang-barang mahal, masih ngekost atau naik kendaraan umum. Jika dipikir daripada dihabiskan untuk membeli gengsi lebih baik uangmu ditabung saja. Bila kamu dapat menabung uangmu bukankah nantinya kamu juga dapat manfaatnya?

2. Gengsi hanya membeli kepuasan sementara saja. Kebutuhan masa depanmu harus kamu pikirkan.

bahasa.aquila-style.com

bahasa.aquila-style.com

Menuruti gengsi itu memang menyenangkan. Tapi apa kamu yakin kalau kesenangan itu akan bertahan selamanya? Semua barang yang kamu beli untuk ajang gengsimu hanya akan membuatmu senang selagi ada orang yang memujimu.

Seiring umurmu bertambah, kebutuhanmu juga akan semakin bertambah, mulai dari keperluan pribadimu, untuk orang tuamu dan juga orang-orang sekitarmu. Kalau tidak berlatih berhemat dari sekarang, akan sulit melakukannya untuk memenuhi semua keperluanmu nanti. Ingat masa depanmu lebih berharga dari sekedar gengsi semata.

3. Gengsi tidak akan membuatmu kaya. Orang yang benar-benar punya uang dan kelihatan punya uang itu berbeda.

Alasan kenapa kamu tak perlu Gengsi soal materi, apalagi masih di usia muda

maisyafarhati.com

Mungkin kita pernah berpikir “Kok bisa ya dia dengan mudahnya membeli ini itu, sebenarnya uang yang dia punya seberapa banyak sih?”

Semua orang bisa saja kelihatan punya uang, membeli ini itu yang dia suka. Akan tetapi tidak semua orang benar-benar mempunyai uang. Kamu mungkin bisa saja membeli barang yang mahal dengan gajimu atau mungkin uang itu bisa jadi uang pinjaman dari pihak lain.

Memang ada uangnya saat itu. Tetapi apa kamu mengerti, jika setelah membeli banyak barang hanya untuk bergengsi, selanjutnya kamu tidak ada sisa uang lagi. Semua itu mempunyai arti, jika memilih kelihatan punya uang, kamu tidak akan benar-benar punya uang. Dan jika kamu anak muda yang cerdas, pastinya akan memilih yang benar-benar punya uang daripada kelihatan punya uang bukan?

4. Barang yang kamu pakai yang tidak berganti-ganti tidak perlu kamu pikirkan. Selama masih layak untuk kamu gunakan kenapa harus minder atau malu?

Alasan kenapa kamu tak perlu Gengsi soal materi, apalagi masih di usia muda

www.tonoot.blogspot.co.id

Semua orang seperti terlihat mengikuti tren yang ada. Semakin lama zaman semakin maju, begitu juga tren yang membuat gengsi semakin bertambah juga.

Sedang kamu gayanya hanya itu-itu saja, sehari-harinya selalu sama. Tapi, selama yang kamu punya itu masih layak kamu gunakan, kamu tidak perlu malu atau minder dengan orang lain.

5. Jangan memaksakan diri untuk mengikuti yang lain. Teman yang baik pasti akan bisa mengerti dirimu.

Alasan kenapa kamu tak perlu Gengsi soal materi, apalagi masih di usia muda

dwibudisucipto.wordpress.com

Pasti kita sering diajak teman-teman kita jalan keluar, atau nongkrong di suatu tempat. Karena gengsi terkadang kamu sungkan untuk menolaknya. Cobalah untuk jujur pada dirimu sendiri, tidak usah memaksakan diri jika harus menolaknya.

Jawab saja dengan tolakan yang halus, nantinya kamu akan mengetahui apakah teman-temanmu mampu mengerti keterbatasanmu, atau mereka tidak cukup baik karena tidak mau mengerti keterbatasanmu itu. Jangan memaksakan diri untuk membeli kesenangan melebihi keterbatasanmu.

6. Cari teman yang benar-benar teman, cari mereka yang mau diajak senang maupun susah bersama.

Alasan kenapa kamu tak perlu Gengsi soal materi, apalagi masih di usia muda

yokcangkrukrek.weebly.com

Faktor pergaulan merupakan salah satu munculnya dan berkembangnya rasa gengsi. Karena itu, saat mencari teman kamu harus benar-benar selektif.

Bertemanlah dengan mereka yang benar-benar bisa diajak senang maupun susah bersama-sama. Teman yang sebenarnya itu tidak menilai sesuatu hanya dari materi. Bagi mereka teman itu lebih dari materi.

7. Dilihat dari luar terlihat mewah-mewahan, tetapi diam-diam terlilit hutang.

Alasan kenapa kamu tak perlu Gengsi soal materi, apalagi masih di usia muda

hiduptanpajudul.wordpress.com

Jika melihat dia, gaya hidupnya terlihat mewah. Tapi, kalau kamu tahu kehidupan dibalik kemewahan itu seperti apa?
Kadang muncul pertanyaan, kenapa orang ini bisa selalu dipenuhi dengan kemewahan seperti bisa mempunyai segalanya, padahal pekerjaan mereka berbeda, dan pendapatannya mereka pun pasti berbeda? Kita harus belajar membuka mata untuk belajar melihat dan menilai. Bisa saja di balik kemewahan itu mereka terlilit hutang, yang jika kamu sendiri tidak bisa membayangkannya.

8. Belajar menahan gengsi harus dilatih sejak dini. Jika tidak dari sekarang bakalan gagal sampai nanti.

Alasan kenapa kamu tak perlu Gengsi soal materi, apalagi masih di usia muda

ngonoo.com

Kamu tidak perlu menutup-nutupi kesederhanaan yang kamu miliki. Menahan gengsi sudah sepatutnya kamu tanamkan dan kamu latih sejak dini. Kalau tidak, sampai kapan pun kamu bisa terus menemukan kegagalan.

Jangan terlalu pusing memikirkan gengsi soal materi. Hidup itu Cuma sekali, nikmati yang ada dan jangan mengadakan yang kamu sendiri tidak harus memilikinya. Mengertilah soal kemampuanmu sendiri dan belajar menahan diri untuk hal baik yang kamu butuhkan di masa depanmu.

Leave a Reply