Cara Agar Rambut Tidak Mengembang dan Terlihat Kering

Cara Agar Rambut Tidak Mengembang – Cara Memiliki rambut yang lebat, lembut, berkilau, indah dan tidak mengembang adalah sesuatu hal yang menjadi salah satu dambaan dari setiap wanita karena rambut adalah mahkota bagi wanita. Tetapi banyak sekali kasus yang di permasalahkan oleh wanita pada rambutnya yang rusak.

Rambut yang rusak tersebut dapat disebabkan karena beberapa faktor yaitu bisa jadi karena terlalu sering terkena paparan sinar matahari sehingga rambut tampak kering dan rusak, atau anda salah membeli produk untuk rambut anda tanpa anda melihat segi keamanannya sehingga rambut anda dapat rontok dan berketombe, ataupun anda memperlakukan rambut anda dengan cara yang salah sehingga rambut anda jadi mengembang dan kusam.

Lalu sebenarnya bagaimana cara kita agar memiliki rambut yang indah dan dapat menghilangkan rambut kering, kusam, berketombe, bercabang ataupun mengembang? Ada banyak dan macam-macam cara yang dapat anda coba lakukan untuk mendapatkan rambut tetap indah.

Cara Agar Rambut Tidak Mengembang

Sumber gambar: papasemar.com

Pada artikel kali ini saya akan mengupas tentang 10 cara alami agar rambut tidak mengembang dan tetap sehat, yaitu sebagai berikut:

1. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Hair Dryer dan Pencatok Rambut

Hal yang sering wanita lakukan untuk mengeringkan rambut adalah menggunakan hair dryer. Sebenarnya penggunaan hair dryer yang berlebihan justru akan merusak rambut anda. Akibat dari penghantar panas yang di timbulkan membuat rambut anda bercabang dan rusak.

Sama halnya dengan alat pencatok rambut yang digunakan untuk meluruskan rambut. Alat tersebut juga dapat merusak rambut anda bila anda gunakan terlalu sering. Untuk itu sebelum anda gunakan hair dryer ataupun pencatok rambut sebaiknya anda gunakan cream penata rambut anti panas untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan dari pemakaian alat-alat tersebut.

menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut dan pencatok rambut2. Jangan tidur dengan keadaan rambut terikat

Kebiasaan lainnya yang sering wanita lakukan adalah mengikat rambutnya pada saat tidur terutama bagi wanita yang memiliki rambut panjang. Padahal kebiasaan mengikat rambut pada saat tidur itu tidak baik untuk rambut. Oleh karena itu sebaiknya pada saat anda tidur usahakan rambut anda tergerai.

3. Gunakan Conditioner

Untuk menghindari rambut mengembang anda dapat menggunakan conditioner pada siang hari. Karena menggunakan conditioner dapat membantu menjaga rambut anda dari paparan sinar matahari serta debu atau kotoran yang ada.

Selain itu conditioner juga dapat melembabkan dan menghaluskan rambut. Dengan menggunakan conditioner rambut juga akan lebih lembut dan tidak terlihat kering.

4. Gunakan Minyak Zaitun

Salah satu cara alami agar rambut tidak mengembang dan tetap sehat adalah dengan menggunakan minyak zaitun yang anda gunakan sebelum anda akan mandi.

Oleskan minyak zaitun pada rambut anda secara merata. Lalu diamkan selama 10 sampai 15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Cara ini dapat anda gunakan dua minggu sekali untuk menjaga kelembapan rambut anda.

5. Menggunakan Putih Telur

Fungsi dari putih telur sendiri bagi rambut adalah untuk melembabkan rambut. Caranya adalah oleskan secara merata putih telur pada rambut anda, kemudian diamkan selama 20 menit, gunakan cara ini sebelum anda keramas . kemudian jangan lupa membilas rambut anda dengan bersih. Gunakan bahan ini sebulan sekali saja.

6. Gunakan Mayones

Mayones ternyata juga bermanfaat untuk menjaga kelembapan rambut. Asam lemak yang terkandung di dalamnya dapat melembutkan rambut. Gunakan sedikit mayones pada saat anda setelah keramas, dan usaplah sedikit mayones pada rambut anda secara merata.

7. Gunakan Buah Alpukat

Vitamin A dan mineral yang terkandung pada buah alpukat juga sangat membantu untuk menutrisi rambut anda. Gunakanlah buah alpukat yang telah dihaluskan lalu campurkan dengan sedikit minyak zaitun.

Oleskan bahan tersebut dari pangkal sampai ujung rambut kemudian diamkan selama 30 menit. Kemudian bilaslah dengan air bersih. Lakukan secara rutin paling tidak seminggu sekali.

8. Jangan Sering Menggunakan Tutup Kepala

Jangan terlalu sering menggunakan penutup kepal seperti topi karena itu hanya akan mengakibatkan rambut anda bisa mengembang. Selain itu menggunakan penutup kepala atau topi dan sejenisnya, jika terlalu lama akan membuat rambut menjadi kaku dan berantakan.

9. Gunakan Madu

Madu dapat juga anda manfaatkan untuk rambut anda. Karena madu dapat melembapkan rambut, melembutkan rambut dan juga menebalkan rambut. Caranya adalah dengan menambahkan sedikit madu pada conditioner yang akan anda gunakan.

Madu juga dapat mengatasi rambut rontok dan menguatkan rambut. Selain itu penggunaan madu secara rutin akan membuat rambut menjadi subur dan tampak lebih tebal.

10. Pilihlah Sampo yang Mengandung Vitamin E

Pilihlah sampo yang mengandung vitamin E, karena vitamin E dapat menutrisi rambut anda yang rusak. Dapat juga menghindari dari rambut kering dan mengembang.

Demikianlah 10 cara alami agar rambut tidak mengembang dan tetap sehat yang dapat anda gunakan agar rambut anda tetap sehat dan tidak rusak. Semoga artikel dari saya dapat membantu anda untuk memiliki rambut yang sehat alami.

Leave a Reply