Cara Membuat Jamur Crispy yang Renyah dan Lezat

Jamur Crispy – Jamur adalah salah satu makanan yang banyak diolah sebagai makanan pendamping ataupun lauk sebagai pendamping makan nasi. Selain rasanya yang enak jamur juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita dan untuk menjaga kesehatan. Tetapi tidak semua jamur bisa digunakan untuk bahan masakan karena sebagian jamur ada yang mengandung bahan beracun. Jadi jangan sampai salah memilih jamur untuk kita jadikan olahan makanan.

Ada berbagai macam jamur yang enak yang dapat digunakan sebagai olahan makanan seperti jamur tiram, jamur merang, jamur shitake, jamur kancing, ataupun jamur kuping. Jamur-jamur tersebut memiliki bentuk yang berbeda-beda . Dan kali ini kami akan mengulas tentang cara membuat jamur crispy yang renyah dan lezat. Kali ini kami akan menggunakan jamur tiram untuk memasak jamur crispy.

Mungkin resep jamur tidak terlalu populer dibandingkan dengan resep makanan lain seperti resep makanan daging, resep makanan ayam atau resep makanan asli Indonesia yang lainnya. Selain kandungan zat dan gizi yang baik yang terdapat di dalam jamur tiram tersebut.

Cara memasak jamur crispy

fahmi-artcolection.blogspot.com

Jamur tiram juga memiliki kandungan asam amino esensial yang baik untuk tubuh. Dan juga jamur-jamur yang sudah kita sebutkan tadi memiliki banyak senyawa sterol yang diyakini dapat mencegah tumbuhnya sel kanker pada usus besar. Untuk itu resep yang satu ini pastinya akan menjadi salah satu cemilan makanan yang enak, renyah dan lezat.

Cara Membuat Jamur Crispy yang Renyah dan Lezat

Bahan-bahan untuk membuat Jamur Crispy

  1. 400 gram jamur tiram yang berkualitas baik, yang sudah dicuci bersih dan diperas agar kadar air yang terdapat pada jamur berkurang lalu jangan lupa suwir-suwir jamur tersebut besar ukurannya sesuai selera.
  2. 600 gram tepung terigu , dibagi menjadi dua 500 gram untuk membuat pelapisnya dan 100 gram digunakan untuk membuat bahan celupan.
  3. ½ baking powder untuk bahan pelapis dan 1 sendok teh baking powder untuk bahan celupan.
  4. 2 siung bawang putih yang telah dihaluskan sebagai bahan celupan.
  5. ½ sendok teh merica halus untk bahan pelapis dan sedikit saja untuk bahan celupan (tergantung selera anda).
  6. 50 gram tepung maizena digunakan untuk bahan pelapis.
  7. ½ sendok makan kaldu ayam yang digunakan sebagai bahan pelapis agar jamur menjadi lebih gurih.
  8. Garam secukupnya.
  9. Air secukupnya untuk bahan pencelup.

Untuk langkah-langkah cara membuat jamur crispy yang renyah dan lezat tersebut yaitu:

Cara Membuat Jamur Crispy dengan Mudah

resepmasakandjawa.blogspot.co.id

  1. Langkah awal yang harus dilakukan yaitu membuat bahan pencelup. Ambil wadah dan masukkan 100 gram tepung terigu, baking powder, merica bubuk, bawang putih yang telah dihaluskan dan juga garam secukupnya.
  2. Campurkan semua bahan, hingga bahan tercampur rata.
  3. Tuangkan air kurang lebih 250 ml secara perlahan-lahan lalu aduk semua bahan sampai rata dan tidak ada gumpalan.
  4. Langkah selanjutnya adalah membuat bahan pelapis untuk resep jamur crispy. Siapkan wadah kemudian  masukkan 500 gram tepung terigu, tepung maizena, merica secukupnya, kaldu ayam, baking powder dan garamnya. Aduk-aduk agar semua bahan tercampur rata.
  5. Langkah pembuatan jamur crispy. Masukkan 400 gram jamur tiram kedalam adonan celupan.
  6. Jika sudah dicelupkan kemudian masukkan jamur tiram kedalam bahan pelapis. Lumuri hingga semua bagian jamur tiram tertutup dengan rata.
  7. Siapkan tempat penggorengan dengan api sedang dan beri minyak tunggu hingga benar-benar panas.
  8. Masukkan jamur tiram yang sudah dilapisi oleh adonan pelapis kedalam penggorengan dan goreng hingga matang.
  9. Tiriskan dan jamur tiram crispy yang renyah dan lezat pun siap dihidangkan.
  10. Cara membuat jamur crispy yang renyah dan lezat

Mudah bukan cara membuat jamur crispy yang renyah dan lezat? Pendamping untuk menyantap olahan jamur crispy di atas adalah saos atau mayonise.

Jika anda bingung ingin membuat cemilan yang nikmat dan lezat, saya rasa jamur crispy ini sangat cocok untuk anda jadikan referensi selain mudah membuatnya dan juga kandungan yang terdapat pada jamur pun juga banyak.

Silahkan simak video bagaimana cara membuat jamur crispy yang renyah dan lezat.

Demikian ulasan mengenai bagaimana cara membuat jamur crispy yang selain rasanya enak dan renyah tetapi mengandung banyak sekali kandungan nutrisi dan gizi yang bermanfaaat untuk tubuh. Semoga tulisan kali ini bisa membantu dan bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply