10 Tips dan Cara Memilih Makanan yang Sehat dan Baik untuk Tubuh

Makanan Sehat – Di era modernisasi ini makanan sehat mulai langka karena banyak sekali makanan cepat saji yang beredar di dunia. Karena sebenarnya makanan siap saji kurang baik untuk kesehatan manusia. Kesadaran masyarakat saat ini tentang pola hidup sehat pun sudah mulai menurun.

Padahal di sekitar kita masih banyak sekali makanan sehat yang sangat baik untuk tubuh kita. Di sini kami akan berbagi tentang tips dan cara memilih makanan yang Sehat.

Tips dan cara memilih makanan yang sehat

Cara Memilih Makanan Sehat

Makanan sendiri adalah hal vital yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Selain olahraga makanan sehat pun sangat membantu untuk memiliki tubuh yang sehat. Berikut ini adalah 10 tips dan cara memilih makanan yang sehat:

1. Konsumsi Makanan yang Mengandung Nutrisi

Nutrisi sangat penting bagi tubuh. Karena itulah kita harus membutuhkan banyak nutrisi untuk mendapatkan tubuh sehat. Sekitar 40 nutrisi yang harus dikonsumsi agar tubuh anda tetap sehat. Tidak cukup hanya dengan nasi ataupun lauk saja tetapi makanan bergizi lainnya yang harus anda konsumsi.

2. Sayur-sayuran atau Daun-daunan

Makanan yang sehat biasanya berupa sayur-sayuran. Jika anda ingin tubuh sehat jangan pernah menghindari makanan yang berasal dari daun-daunan karena makanan yang berasal dari daun-daunan itu menyehatkan.

Sayur-sayuran banyak mengandung gizi dan segala jenis zat yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan tersebut ada yang tidak dapat kita peroleh dari hewan, jadi kita sangat perlu untuk mengkonsumsi daun-daunan atau sayur-sayuran.

3. Pilih Protein Hewani untuk Tubuh Anda

Protein yang berasal dari protein hewani juga sangat baik untuk tubuh asalkan anda mengkonsumsinya dalam takaran normal tidak berlebihan.

Daging hewan mengandung banyak gizi dan protein yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan yang ada pada hewan ada juga yang tidak dapat kita peroleh dari sayur-sayuran, jadi kita diharuskan untuk mengkonsumsi daging untuk melengkapi kebutuhan protein dalam tubuh kita.

4. Sayur Aneka Warna

Sayur aneka warna merupakan cara yang tepat untuk anda yang sedang memilih hidup sehat ataupun sedang mencari variasi makanan. Selain dapat membuat makanan atau sayuran itu menarik untuk dimakan sayuran sendiri memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh dan dapat mencegah penyakit kronik.

5. Junk Food?

Anda ingin memakan junk food? Boleh-boleh saja kok. Tetapi perlu anda ketahui jika anda memakan junk food sebaiknya membuat sendiri. Karena junk food yang dibuat dari tangan sendiri pasti terjamin higenis.

6. Roti Gandum

Roti gandum adalah salah satu makananan yang mengandung karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh dan bisa sebagai pengganti nasi. Semakin putih warna roti gandum yang anda makan maka semakin tinggi manfaat untuk kesehatannya.

7. Gunakan Makanan yang Masih Segar

Jika anda pergi ke pasar atau ke supermarket untuk memebeli bahan-bahan makanan maka pastikanlah makanan yang anda beli masih dalam kondisi segar dan enak dimakan karena jika tidak maka itu akan berpengaruh untuk badan dan kesehatan anda. Jika anda memilih bahan makanan yang tidak segar maka bisa jadi bakteri pada bahan makanan yang anda beli itu akan masuk pada tubuh anda jika anda memakannya.

8. Makan Ikan Sarden, Ikan Salmon ataupun Ikan Tuna

Tiga jenis makanan tersebut mengandung nutrisi yang tinggi. Karena kandungan omega- 3 ataupun protein yang ada di dalam 3 ikan tersebut membuat tubuh anda menjadi sehat dan tiga jenis ikan tersebut adalah termasuk makanan yang sehat untuk tubuh.

9. Gantilah Cemilan Kamu denganSayur ataupun Buah

Jika anda sering sekali membeli cemilan, maka saya sarankan jika anda ingin hidup sehat gantilah camilan yang anda beli dengan buah dan sayur karena makanan ini selain bergizi tentu saja menyehatkan untuk tubuh.

10. Kurangi Micin atau Penyedap Rasa

Hal yang membuat tubuh anda sehat salah satunya adalah mengurangi penyedap rasa jika anda sedang memasak sesuatu. Karena menggunakan penyedap rasa yang berlebihan akan membuat respon tidak baik untuk kesehatan.

Walaupun memang jika memasak makanan dengan menggunakan penyedap rasa akan membuat rasanya menjadi tambah enak. Akan tetapi dampaknya membuat anda akan semakin menurun.

Terima kasih telah berkunjung dan membaca 10 tips dan cara memilih makanan yang sehat dari kami. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat untuk anda semua, terutama untuk ibu-ibu yang ingin menyiapkan masakan yang bergizi untuk suami maupun anak tercinta.

Leave a Reply