5 Tips Cara Memilih Power Bank yang Bagus

Power bank atau yang biasa dikenal juga dengan charger portable dapat dimanfaatkan untuk mengisi daya baterai pada smartphone anda. Sekarang ini banyak sekali pengguna smartphone yang bermunculan karena semakin ke sini semakin banyak pula smartphone yang dijual di pasaran dengan harga yang sangat murah, Tidak heran jika kita melihat begitu banyak orang yang membeli smartphone mulai dari anak anak hingga orang dewasa.

Maka dari itu keluarlah power bank karena banyak orang yang mengeluh daya tahan baterainya cepat habis. Untuk itu kehadiran power bank sendiri cukup membantu dan mempermudah pengguna smartphone.

Pengguna smartphone tidak perlu repot-repot untuk mencari colokan listrik untuk mengisi daya baterai . tetapi dengan menggunakan power bank anda bisa mengisi daya bateai dimanapun dan kapanpun. Asalkan tenaga pengisian pada power bank masih ada.

Dan kini dipasaran telah muncul power bank dengan bentuk dan kapasitas yang berbeda-beda. Yang membuat daya tarik untuk para konsumen. Dengan pilihan yang beragam tersebut, lalu seperti apa power bank yang baik itu? untuk itu di sini cara cepat akan memberitahu anda Tips Cara Memilih Power bank Yang Tepat.

Cara memilih power bank yang cocok

Sumber gambar: www.xeonmobiles.com

Berikut 5 tips cara memilih Power Bank yang tepat

1. Kapasitas Power Bank

Mengetahui kapasitas power bank dapat menentukan berapa banyak kita dapat menggunakan power bank tersebut. Misalkan saja LG G3 stylus yang memiliki daya batrei 3000 mAh maka dari itu kita harus memilih paling tidak power bank yang memiliki kapasitas yang sama dengan daya baterai tersebut ataupun bisa melebihi dari kapasitas daya baterai.

Jangan sampai anda salah memilih power bank yang justru lebih kecil kapasitas dayanya daripada kapasitasw daya pada handpone.

2. Pilih Power Bank yang Memiliki Fitur Keamanan

Hal yang tidak kalah penting ketika kita hendak membeli power bank adalah jangan lupa untuk melihat fitur yang terdapat pada power bank, jangan sampai kita hanya mementingkan murahnya harga power bank tersebut tanpa melihat keamanannya.

Kadang kita sering kelupaan melepas power bank saat daya baterai pada smartphone kita sudah penuh hingga sampai kita tinggal tidur. Hal itulah yang mengakibatkan keamanan pada power bank sangat penting.

Pilihlah power bank yang memiliki fitur over charging protection yang memungkinkan power bank anda akan mematikan daya secara otomatis ketika daya pada baterai anda sudah penuh. Dan jangan lupa memilih fitur power bank yang memiliki fitur Short Circuit Protection yang dapat menghindari dari arus pendek agar tidak meledak ataupun terbakar.

3. Konektor

Semakin banyaknya power bank yang ditawarkan di pasaran dengan berbagai macam proyektor, semakin ragu saya akan kualitas yang dimiliki apatagi tegangan output yang berbeda dengan smartphone anda. Salah-salah bukannya mengisi daya baterai anda malah justru merusak handphone anda.

Untuk itu saya sarankan untuk memakai kabel konektor asli dari smartphone anda karena konektor yang asli dari smartphone anda lebih aman dan stabil dalam proses output dari pada menggunakan konektor bawaan power bank. Jika kualitas konektor yang digunakan jelek malah akan merusak handphone.

4. Lihatlah Tegangan Outputnya

Ketika anda membeli power bank pasti akan mendapatkan kabel USB yang akan dihubungkan ke power bank. Biasanya pada kabel tersebut ada tulisan 1A ataupun 2A yang menunjukkan ampere.

Jika kita mempunyai handphone dengan baterai 1100 mAh dan pada kabel colokan menunjukkan 1A berarti handphone tersebut membutuhkan waktu pengisian baterai selama 1,5 jam dan jika pada kabel colokan tertulis 2A maka baterai pada handphone tersebut hanya membutuhkan waktu pengisian selama 45menit saja.

Tetapi disisi lain ada beberapa handphone yang tidak diijinkan jadi jika menggunakan kabel 2A tetap saja waktu pengisian menggunakan 1A.

5. Kelengkapan Pada Power Bank

Jika anda membeli power bank pastikan kelengkapannya. Biasanya pada power bank itu terdapat konektor, kabel A/C, dan lampu indikator. Pastikan power bank yang anda beli masih baru karena itu sangat berpengaruh pada daya tahan pengisian baterai untuk smartphone anda.

Pilihlah power bank yang sesuai dengan kebutuhan anda. Selain 5 Tips cara memilih power bank yang tepat di atas. Anda juga harus memastikan model dan kualitas power bank tersebut, jangan sampai anda tergiur dengan power bank yang murah saja. Jika anda memang sayang dengan gadget anda. Anda harus teliti dalam memilih. Jangan sampai menyesal di kemudian hari.

Leave a Reply