Cara Mendidik Anak yang Baik, Cerdas, Kreatif, Religius dan Mandiri

Mendidik Anak – Setiap orang tua pasti berkeinginan menjadikan anaknya menjadi pintar dan juga cerdas. Namun, masih banyak di antara mereka tidak tahu bagaimana cara yang benar mendidik anak agar menjadi anak yang cerdas dan juga memiliki budi pekerti yang baik.

Tidak semua orang tua berhasil mendidik anaknya menjadi anak yang baik dan pintar. Mendidik anak dibutuhkan untuk memberi pelajaran dan juga mengarahkan secara intelektual, spiritual, dan emosial agar nantinya si anak menjadi anak yang baik dan pintar.

Sebagai orang tua harus selalu berupaya mengajak dan memotivasi anak ke arah positif. Orang tua harus mencoba mengenalkan hal-hal baru yang dapat menumbuh kembangkan si anak ke arah yang lebih baik secara intelektual, spiritual, dan juga emosionalnya. Ketiganya harus dilengkapi jangan sampai ada yang tidak ada.

Kesalahan yang umum dilakukan oleh para orang tua adalah mereka kebanyakan merasa cukup hanya dengan memasukkan anak ke sekolah. Mereka beranggapan apa yang diberikan di sekolah sudah cukup untuk anak mereka. Padahal kenyataannya masing sangat jauh dari kata cukup.

Pada posisi ini kemungkinan mendidik anak sudah gagal di depan mata. Sebagai orang tua seharusnya bertanggung jawab untuk membuat anak yang baik dan berkualitas.

Dalam mendidik anak yang terpenting adalah peran orang tua dalam mendidik anak. Agar anak menjadi anak yang baik dan pintar serta patuh, sebagai orang tua dapat mencoba tips berikut ini:

1. Saat Masih Bayi Berikan ASI untuk Pertumbuhan yang Lebih Baik

ASI untuk bayi

Banyak penelitan yang mengatakan bahwa anak yang diberikan ASI eksklusif dengan sangat baik menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh si anak, dan juga si anak akan memiliki tingkat kecerdasan yang lebih baik.

2. Pentingnya Komunikasi dengan Si Anak

peningnya komunikasi dengan anak

tk.nurul-iman.com

Anak akan cenderung lebih mudah menangkap apa yang diucapkan oleh orang tuanya. Karena itu berguna untuk menambah kosa kata baru, komunikasi dengan si anak juga akan menambah kedekatan antara keduanya.

3. Pujian Menumbuhkan Percaya Diri Si Anak

pentingnya pujian kepada anak

www.infoislami.net

Orang tua yang sering memberikan perhatian dan pujian kepada si anak, akan menumbuhkan rasa percaya diri pada si anak. Sering-seringlah memberikan pujian kepada si anak atas hal-hal baik yang telah dia lakukan. Namun, jangan sampai terlalu banyak memuji secara berlebihan kepada si anak.

4. Perhatian dan Kehangatan Keluarga

perhatian dan kasih sayang orang tua

hanifoza.wordpress.com

Kasih sayang orang tua sangat penting dalam masa perkembangan si anak. Dengan kehangatan dan kasih sayang akan menjadikan si anak tumbuh berkembang menjadi anak yang baik. Lain halnya dengan orang tua yang keras, hal tersebut akan berdampak buruk bagi si anak.

5. Temani Anak Saat Bermain

menemani anak belajar dan bermain

jihandaycare.blogspot.com

Dengan menemani si anak bermain akan menambah kedekatanmu dengan si anak. Selain itu dengan mendampingi si anak bermain bisa membantu kamu mengetahui minat dan juga potensi si anak.

6. Bacakan Cerita Kepada Si Anak

membacakan cerita untuk anak

mailadiniahr.blogspot.com

Selain untuk menambah komunikasi dengan si anak, dengan bercerita seperti membacakan buku cerita atau memberikan dongeng kepada si anak akan membantu meningkatkan imajinansi serta kecerdasan si anak.

7. Temani Si Anak Saat Menonton TV

Cara Mendidik Anak dengan Menemani Anak Menonton TV

www.ummi-online.com

Sebagian film sekarang ini banyak yang mengajarkan hal-hal yang kurang baik bagi anak. Karena itu kamu perlu menemani si anak saat menonton TV. Berikan pemahaman yang baik kepada si anak tentang cerita yang ada film.

Anak yang sedang menonton TV cenderung tenang, namun kenyataannya jika menonton tv, apalagi tayangan yang kurang baik akan menjadikan si anak menjadi lebih malas dan si anak akan sulit bersosial.

8. Ajak Anak untuk Bernyanyi

mengajari anak bernyanyi

www.merries.co.id

Menyanyi merupakan salah satu kegiatan yang disukai oleh anak, selain menyenangkan kegiatan menyanyi akan menambah kosa kata yang dapat dipelejari oleh si anak. Menyanyi juga akan menambah rasa percaya diri pada diri si anak.

9. Putarkan Musik Lembut

anak mendengarkan musik

myfiliorum.blogspot.com

Dengan mendengarkan musik yang lembut akan menambah kecerdasan serta daya konsentrasi si anak. Selain mendengarkan kita sebagai orang tua juga dapat mengajari si anak untuk bermain musik.

10. Olahraga

anak belajar bersepeda

www.merries.co.id

Kegiatan olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Biasakan dari kecil dan didik untuk rajin berolahraga. Anak yang gemar olahraga akan cenderung lebih cerdas dan lebih percaya diri.

11. Makanan Sehat

makan bernutrisi untuk anak

blog.bukalapak.com

Selain berolahraga yang baik untuk kesehatan tubuh, makanan sehat juga sangat penting untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan kebutuhan nutrisi terpenuhi. Apalagi untuk masa perkembangan sangat dibutuhkan makanan bernutrisi tinggi.

12. Sarapan

pentingnya srapan pagi

www.anakvidoran.com

Ajarkan dan biasakan kepada si anak untuk makan pagi atau sarapan. Anak yang terbiasa untuk sarapan pagi cenderung lebih cerdas, karena daya konsentrasinya labik baih daripada yang tidak sarapan.

13. Hindari Jajanan yang Tidak Bermanfaat

Cara Mendidik Anak dengan Memilih Jajanan Anak yang Sehat

www.waybase.com

Selalu cermati apa yang anak anda makan, hindari makanan yang kurang bermanfaat dan kurang sehat bagi si anak seperti junk food atau makanan pinggir jalan yang kebersihannya meragukan.

14. Berikan Minyak Ikan untuk Membantu Perkembangan Otak Si Anak

Cara Mendidik Anak dengan Memberi Minyak Ikan

minyakikansalmon.com

Minyak ikan merupakan sumber makanan yang bernutrisi dan kaya akan Omega-3 dan DHA yang sangat baik untuk membantu perkembangan otak si anak. Anak yang diberi minyak ikan akan lebih cerdas dan kreatif.

15. Jawab Pertanyaan Si Anak

rajin ibadah

www.merries.co.id

Anak akan cenderung bertanya setiap kali menemukan hal baru, dia akan bertanya “apa itu?”. Jawab pertanyaan si anak dan jelaskan apa yang dia tanyakan. Meski anak tidak bertanya, jika ada hal yang dikira baru dan perlu untuk si anak tahu, kamu bisa menjelaskan kepada si anak. Hal ini berguna untuk menambah pengetahuan si anak.

16. Faktor Lingkungan yang Baik

Cara Mendidik Anak dengan Lingkungan yang Baik

yanprabudi.wordpress.com

Lingkungan tempat tumbuh juga menentukan perkembangan otak si anak. Anak yang tumbuh di lingkungan yang tenang cenderung memiliki tingkat memori yang lebih baik daripada anak yang tumbuh di lingkungan yang bising.

17. Temani Anak Bersosial

Cara Mendidik Anak dengan Bersosial

www.dakwatuna.com

Temani serta awasi si anak saat bermain bersama teman-temannya. Tapi kamu juga tidak harus mengekang atau membatasi teman anak anda . Berikan teman yang baik dan lingkungan sosial yang baik juga.

18. Istirahat yang Cukup

Cara Mendidik Anak dengan Tidur yang Cukup

happykado.com

Usahakan anak anda untuk melakukan istirahat yang cukup. Anak yang memiliki waktu istirahat yang cukup akan memiliki kecerdasan dan tingkat konsentrasi yang lebih baik.

19. Berwisata Alam yang Menyenangkan

berwisata alam bersama keluarga

kws.hambalang.co.id

Anak yang sering berwisata ditemat alam akan cenderung memiliki kecerdasan serta ketenangan yang lebih baik. Sempatkan paling tidak sebulan sekali untuk mengajak anak anda bersama keluarga untuk berwisata alam.

20. Rajin Beribadah

ajarkan anak untuk rajin beribadah

pondokibu.com

Mengajari si anak untuk selalu taat terhadap agama sangat penting. Anak yang rajin beribadah akan memiliki pola pikir yang lebih baik dari pada yang jarang atau tidak sama sekali. Pentingnya peran mendekatkan untuk beribadah sangat menunjang untuk menjadikan anak cerdas dan patuh unutk melakukan hal baik.

21. Ajarkan Si Anak untuk Berusaha Sendiri

anak mandiri

kurikulumpaud.blogspot.com

Sesekali biarkan anak anda untuk melakukan kegiatan atau pekerjaannya sendiri. Hal ini penting untuk mengajarkan anak untuk memiliki  sikap tanggung jawab. Anak yang dididik untuk berusaha akan menjadi pribadi yang baik saat dewasa nantinya.

22. Pendidikan Terbaik Berasal dari Orang Tua

jawab pertanyaan anak

www.dar-alifta.org

Tempat terbaik dan pelajaran yang terbaik untuk mendidik anak adalah orang tua itu sendiri. Jadilah orang tua yang baik untuk anak anda. Anak akan cenderung mengikuti kebiasaan orang tua.

Jadi jika kamu sebagai orang tua dapat menjadi orang tua yang baik, maka anak kamu pun akan mengikuti jejak kalian untuk menjadi orang baik pula.

Simak video berikut mengenai cara mendidik anak dengan baik dan benar:

Demikian beberapa ulasan dari kami. Pentingnya mendidik anak sejak usia dini agar pertumbuhan si anak dapat berkembang dengan baik. Mendidik anak dan mengajarkan anak sesuatu yang baik sejak dini akan membuat anak tumbuh dengan lebik baik dan terarah.

Jika anda mengingikan anak anda tumbuh dengan baik, maka didiklah Ia dengan sebaik mungkin. Karena cara anda mendidik anak sangat menentukan bagaimana anak anda ke depannya.

 

One Response

  1. evrinasp May 25, 2016

Leave a Reply