Cara Agar Sukses Menghadapi Tes Psikotes

Psikotes adalah tes psikologi yang dilakukan seseorang dan bermaksud untuk mengetahui sifat dan karakter seseorang. Tes psikotes ini dilakukan saat anda melamar pekerjaan ataupun yang lainnya sehingga nantinya pihak yang menyelenggarakan tes dapat menilai apakah anda cocok dan bertanggung jawab atau tidak di di tempat yang anda lamar.

Pentingnya tes psikotes ini bagi pihak penyelenggara sudah tidak dapat dipungkiri lagi untuk seleksi karyawan atau pegawai baru. Melalui tes ini pihak penyelenggara akan dapat mengetahui potensi anda baik secara psikologi ataupun intelektual.

Cara Sukses Menghadapi Tes Psikotes

Sumber gambar: www.nindyakarya.co.id

Bagi anda yang ingin dengan mudah menguasai tes psikotes tersebut. Di sini kita akan mengulas tentang cara agar sukses dalam tes psikotes. Untuk itu mari simak ulasan berikut ini:

1. Belajarlah Sebelum Menghadapi Tes Psikotes

Agar anda sukses untuk tes psikotes ada baiknya anda belajar terlebih dahulu. Ulangi pelajaran yang telah anda pelajari pada pagi hari sebelum anda menghadapi tes tersebut sekitar jam 2 hingga 5 pagi karena pada jam tersebut pelajaran yang anda pelajari dapat anda serap dengan mudah .

Usahakan mempelajari soal yang sesuai dengan bagian pekerjaan yang akan anda lamar. Misalkan ketika menghadapi soal persamaan kata atau sinonim. Pasti ada ribuan kosa kata yang mungkin keluar. Untuk itu trik yang tepat untuk menjawabnya adalah kalian harus mengerti makna kata yang diberikan.

Buatlah makna tersebut menjadi kalimat yang lebih umum. Kemudian cari sinonimnya pada jawaban yang tersedia. Apabila menemukan kata dalam bahasa serapan kembalikan kata tersebut ke dalam bahasa aslinya, kemudian artikan. Misalkan lanskap yang berasal dari kata landscape yang memiliki arti pemandangan di tanah yang membentang luas.

Jangan memilih kata yang memiliki bunyi mirip dengan soal. Karena sebagian soal yang memiliki jawaban seperti itu tidak tepat meskipun memang tidak selalu salah. Tipe soal seperti itulah yang sering menjebak para peserta tes.

2. Istirahat yang Cukup Sebelum Tes Berlangsung

Jika anda ingin sukses untuk tes psikotes ada baiknya anda untuk istirahat yang cukup agar pada saat tes berlangsung badan anda bisa lebih fresh dan bisa menyerap soal-soal yang anda dapatkan.

Jika anda tidak istirahat dengan cukup maka akan mengakibatkan badan terasa lelah dan mengantuk sehingga membuat performa dan konsentrasi anda terganggu.

3. Ketahui Tempat Tes Psikotes Anda

Sebelum anda melaksanakan tes psikotes anda sebaiknya mensurvei dulu lokasi tempat di mana anda akan mengikuti tes. Karena itu akan membuat anda tidak terlalu terburu-buru saat berangkat. Jika anda datang terlambat maka itu akan dapat mengurangi point anda di depan para HRD.

4. Dengarkan Penjelasan Pengawas

Saat mengikuti tes psikotes selain datang tepat waktu anda pun harus mendengarkan penjelasan dari pengawas karena pada setiap soal yang anda akan kerjakan penjelasannya berbeda-beda. Karena itu agar tidak salah mengerjakan, dengarkan dengan tuntas penjelasan dari pengawas.

Seringkali para peserta psikotes bingung mengerjakan atau salah mengerjakan soal test psikotes karena hanya mendengarkan penjelasan dari pengawas separuh-separuh saja. Jika ada yang tidak dimengerti dengan penjelasan pengawas jangan malu untuk bertanya.

5. Mengisi Biodata Sebelum Tes

Setiap akan mengikuti tes pada umumnya pasti akan dimintai biodata. Seperti halnya ujian nasional maupun saat tes masuk perguruan tinggi. Pada saat tes psikotes saya sarankan anda untuk mengisi terlebih dahulu biodata anda.

Karena jika anda belum mengisi atau belum lengkap mengisi biodata anda itu akan berpengaruh pada point ketelitian anda di mata pengawas.

6. Jadilah Diri Sendiri

Jika anda mengerjakan tes psikotes yakinlah pada diri anda sendiri karena yang dibutuhkan adalah profil psikologis anda. Dan pada saat pelaksanaan tes tersebut anda akan diuji untuk menyelesaikan tugas dengan waktu yang telah ditentukan. Tes psikotes ini akan menilai kemampuan anda untuk menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang sudah ditentukan.

Beberapa ulasan di atas adalah tips cara agar sukses dalam tes psikotes yang dapat anda gunakan ketika akan melakukan tes psikotes. Hal yang terpenting dari itu semua adalah jangan lupa berdoa dan berusaha.

Dengan usaha yang maksimal dan doa yang rajin dan menerapkan cara-cara di atas. Semoga anda dapat mengerjakan tes psikotes dengan mudah dan dapat diterima di tempat yang anda inginkan.

Leave a Reply