Deteksi Penyakit Melalui Kebiasaan Hidup Sehari-hari

Kebiasaan hidup ataupun gaya hidup saat ini telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat, terutama masyarakat perkotaan yang pola pikirnya lebih maju. Namun secara sadar maupun tidak sadar, sebagian gaya hidup tersebut dapat menyebabkan datangnya penyakit. Kebiasaan hidup tersebut antara lain:

1. Merokok

Merokok merupakan kebiasaan hidup yang dianggap umum. Meskipun menyadari bahwa bahaya rokok sangat tinggi, perokok aktif tetap mengkonsumsinya. Salah satu bahaya rokok adalah mengalami gangguan atau kerusakan pada paru-paru.Hal ini disebabkan oleh terjadinya perubahan struktur dan fungsi saluran nafas di jaringan paru-paru. Selain itu, rokok juga bisa mennyebabkan penyakit jantung koroner dan rusaknya pembuluh darah ke otak.

2. Mendengkur

Jika di saat tidur anda mendengkur, hal itu juga menjadi kebiasaan hidup yang buruk. Yang menjadi penyebab tidur mendengkur adalah karena adanya penyempitan saluran nafas. Seseorang yang memiliki kebiasaan mendengkur cenderung memiliki gangguan pada otak dan jantung. Dalam jangka panjang, kebiasaan mendengkur bisa menyebabkan penyakit stroke, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

3. Sulit buang air besar

Kebiasaan hidup yang sering mengalami kesulitan untuk buang air besar, maka akan memiliki gangguan wasir dan infeksi saluran cerna.

4. Sering buang air kecil

Terlalu sering buang air kecil pada waktu siang maupun malam, menandakan adanya infeksi pada saluran kencing atau diabetes. Buang air kecil yang terasa panas dan urine yang sangat berbau menandakan adanya gangguan pada ginjal atau prostat. Sementara itu, kebiasaan buang air kecil yang disertai dengan rasa sakit dapat dijadikan pertanda adanya permulaan kanker kandung kemih.

5. Sering menguap

Menguap merupakan pertanda adanya gangguan pada organ dalam tubuh. Menguap merupakan indikasi adanya tekanan darah rendah dan penyakit saraf. Tekanan darah rendah umumnya disebabkan oleh kurangnya darah yang di pompa ke otak sehingga otak kekurangan pasokan oksigen dan membuat seseorang menguap, kelelahan dan kurang konsentrasi.

6. Bersendawa

Sendawa secara umum menandakan seseorang kekenyangan atau masuk angin. Namun sendawa juga mengindikasikan tidak lancarnya sirkulasi darah ke otak dan adanya gangguan dalam fungsi lambung.

7. Begadang

Begadang dapat memicu timbulnya berbagai penyakit yang disebabkan oleh rusaknya sistem kekebalan tubuh.

8. Telapak tangan berkeringat

Telapak tangan yang berkeringat dapat dijadikan pertanda adanya gangguan kelenjar gondok yang membesar, hiperhidrosis, demam, stress, emosi, TBC gangguan jantung dan lambung, gangguan penyerapan air oleh ginjal, kegemukan, serta kerusakan saraf akibat diabetes.

Leave a Reply