4 Fakta Jerman di Bidang Pendidikan dan Politik

Posted on

Fakta Jerman – Jerman sebagai salah satu negara superpower di dunia memiliki berbagai rahasia menarik di berbagai bidang yang mungkin belum anda ketahui seperti ausbildung, aupair dll.

Fakta Jerman ini penting untuk diketahui jika anda termasuk ke dalam: pertama, tertarik mengenal jerman lebih dekat, tertarik untuk melanjutkan studi ke jerman dan mengenal budaya dan politik jerman lebih dekat serta menjadi bagian dari kelompok yang tertarik dengan isu-isu politik dan pendidikan eropa khususnya di beberapa negara eropa barat.

Secara sejarahnya jerman adalah negara yang memainkan peranan penting selama kurun hampir ratusan tahun, jerman termasuk ke dalam negara yang terlibat dalam Perang Dunia Pertama, terlibat dalam Perang Dunia Kedua dan menjadi salah satu korban dari perang dingin.

Sehingga apa saja yang anda lihat hari ini dari fakta-fakta jerman yang tersaji di publik dalam bidang pendidikan dan politik adalah hasil panjang dari sejarah jerman di panggung politik dunia.

Fakta-Fakta Jerman

Fakta Tentang Jerman
Fakta Tentang Jerman

Fakta-fakta jerman ini banyak dikenal di berbagai penjuru dunia, tetapi banyak juga yang tidak tahu darimana fakta ini dikenal dan darimana fakta ini dimulai. Jadi bagi anda yang ingin melanjutkan studi ke jerman akan lebih baik mempelajari banyak fakta-fakta jerman agar anda tidak terlihat gaptek dan cupu sehingga kurang luas dalam proses pergaulan di dunia internasional. Berikut beberapa fakta fakta jerman di bidang pendidikan dan politik.

1. Negeri Panzer

Pertama, fakta jerman dikenal sebagai negeri panzer. Julukan negeri panzer ini dikenal dalam setidaknya dua hal: yaitu sepakbola dan permainan game. Tim panser/tim panzer jerman biasanya disematkan ketika seorang komentator di Indonesia menyebut negara jerman yang ikut bertanding.

Usut punya usut fakta ini ternyata berawal dari sebuah panzer jerman yang ikut dalam berbagai perang. Nama panser ini sendiri merupakan kendaraan berat semacam tank yang digunakan jerman dalam berperang dan mempunyai banyak keunggulan seperti bisa mengangkut banyak orang, menyerang taktis dan mampu merobohkan pertahanan lawan dalam sekali pukul.

Itulah mengapa keahlian tim sepakbola jerman dalam setiap bertanding selalu bisa mengobrak abrik pertahanan musuh. Jenis panser sendiri dalam dunia perang juga sering mengobrak abrik daerah pertahanan musuh hingga kocar kacir.

2. Blitzkrieg

Kedua, fakta jerman mengenai blitzkrieg. Anda tentu pernah mendengar istilah ini bukan? Nah bagi yang belum anda perlu memahami asal usul ini yang biasanya disematkan dalam dunia sepakbola juga.

Tim sepakbola jerman ketika terdesak dan kemudian mampu membuat keadaan berubah dengan kembali menyerang sektor pertahanan lawan biasanya disebut dengan blitzkrieg atau serangan kilat. Nah, usut punya usut juga, istilah blitkrieg atau serangan kilat ini juga diambil dari angkatan bersenjata jerman (wehmar) yang mempopulerkan istilah serangan kilat dengan menggabungkan berbagai jenis kendaraan barat untuk menginvasi atau menyerang sebuah negara dalam waktu cepat.

3. Pernah menguasai Sebuah Negara Dalam Hitungan Jam dan Hari

Fakta jerman menariknya adalah dalam berbagai perang jerman pernah menyerang dan menguasai sebuah negara dalam hitungan jam dan hari saja, misalnya denmark dan finlandia yang pernah diinvasi hanya dalam hitungan enam saja. Luar biasa bukan? Nah istilah ini masih dipopulerkan sampai sekarang.

4. Bidang Pendidikan

Fakta jerman dalam bidang pendidikan adalah ternyata jerman menggratiskan biaya spp untuk seluruh universitas negeri di seluruh negara jerman. Sistem penggratisa spp ini mirip dengan sistem sosialisme yang membuat seluruh biaya universitas menjadi sama rata san sama rasa.

Ternyata pengaruh ini karena dulunya jerman timur pernah merasakan juga sistem sosialis yang membuat beberapa kebijakan jerman saat ini cenderung beberapa mirip dengan sosialis seperti usaha gratis spp di kampus negeri hingga asuransi.

Dalam sistem demokrasi liberal mana ada kata gratis kan? Walaupun jerman secara resmi merupakan negara liberal tetapi dalam beberapa sektor menerapkan sistem sosialis.

5. Bekerja secara teratur sesuai porsinya

Fakta jerman dalam bidang pendidikan selanjutnya adalah orang jerman bekerja teratur dan sesuai porsinya, alih alih seperti jepang yang lembur dan terus menerus bekerja hingga kelihatan kelelahan di jalan dan alat transportasi. Orang jerman cenderung bekerja saat sedang waktu bekerja dan memaksimalkannya. Sementara ketika liburan ya cenderung untuk liburan dengan memaksimalkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.