Penyakit Batu Ginjal dan Gejalanya yang Perlu Segera Ditangani

Organ ginjal merupakan hal yang penting dalam tubuh kita. Ginjal merupakan organ ekskresi yang berbentuk mirip kacang. Ginjal berfungsi menyaring kotoran terutama urine dari darah dan membuangnya bersama urine.

Pada manusia normal memiliki sepasang ginjal yang terdapat di belakang perut atau abdomen. Penyakit batu ginjal yang sering terjadi dikalangan masyarakat umum adalah penyakit di mana fungsi organ ginjal mengalami penurunan hingga akhirnya tidak mampu lagi bekerja sama dalam menjaga keseimbangan dan zat kimia tubuh seperti sodium dan kalium dalam darah, serta di dalam proses penyaringan pembuangan elektrolit tubuh.

Penyakit batu ginjal dapat menyerang siapa saja terutama yang memiliki penyakit serius atau luka di mana berdampak langsung pada ginjal itu sendiri. Penyakit batu ginjal lebih sering diderita oleh orang dewasa atau orang yang sudah lanjut usia.

Penentuan penderita batu ginjal dengan menanyakan riwayat kesehatan penderita serta gejala yang timbul, apabila diketahui adanya kerusakan pada fungsi ginjal, maka penderita akan dikonsultasikan kepada seorang ahli ginjal. Pemeriksaan lanjutan ke laboraturium baik darah atau urine.

Pada kasus tertentu tim medis akan memasang selang kateter dalam kantung urine untuk mengeluarkan urine. Tim medis akan menyarankan pengambilan gambar struktur ginjal dengan menggunakan metode ultrasound, computed tomography (CT), atau kemungkinan dilakukan tindakan biopsy yaitu pengambilan sample jaringan ginjal.

Penyebab Penyakit Batu Ginjal

Gejala Penyakit Batu Ginjal

Sumber gambar: www.lintasehat.com

Penyebab batu ginjal disebabkan oleh penyakit serius yang lama kelamaan berdampak terjadinya kerusakan organ ginjal. Penyebab lain yang menyebabkan kegagalan fungsi ginjal apabila tidak cepat ditangani antara lain: kehilangan cairan banyak mendadak (muntaber, luka bakar), penyakit paru TBC, malaria, hepatitis.

Berikut merupakan beberapa penyakit yang sering menimbulkan dampak pada kerusakan ginjal, antara lain:

  • Sumbatan pada saluran kemih (batu, tumor)
  • Menderita sakit kanker.
  • Penyakit diabetes mellitus
  • Kelainan ginjal, di mana terjadi perkembangan banyak kista pada organ ginjal.
  • Penyakit tekanan darah tinggi

Gejala Penyebab Penyakit Batu Ginjal

sakit gagal ginjal

hellosehat.com

Gejala yang sering dialami oleh penderita Batu ginjal secara akut antara lain: mata dan kaki bengkak, nyeri pinggang hebat, kencing sakit, demam, kelainan urine seperti bedarah, sela darah putih Lekosit, dan bateri.

Dan untuk gejala mungkin timbul oleh adanya ginjal kronik, gejalanya meliputi: Lemas, tidak ada nafsu makan, mual, kencing berkurang, gatal, sesak.

Pengobatan penyakit gagal ginjal sama dengan penyakit lainnya tergantung penyebab terjadinya kegagalan fungsi ginjal itu sendiri. Tujuan pengobatan adalah untuk mengendalikan dan meredakan gejala, memperlambat komplikasi, dan juga perkembangannnya.

Seseorang yang menderita penyakit Batu Ginjal sangat perlu dimonitor pamasukan dan pengeluaran cairan. Sehingga tindakan pengobatan yang diberikan dapat dilakukan secara baik.

Beberapa kasus penderita disarankan untuk melakukan pencucian darah dan tindakan lain bisa dilakukan transplatasi atau pencakokan ginjal. Dan diharapkan melakukan tindakan pencegahan untuk selalu memeriksakan diri ke dokter secara berkala.

Leave a Reply

%d bloggers like this: