12 Gerakan Yoga Dasar bagi Pemula untuk Menurunkan Berat Badan

Gerakan Yoga – Mempunyai perut yang berlemak dan berat badan berlebih pasti membuat kamu tidak nyaman. Bagi kebanyakan orang sudah pasti mendambakan tubuh yang ideal dan langsing. Perut yang terlihat ideal serta langsing lebih nyaman untuk dipandang, terlebih akan menambah rasa percaya diri kita.

Perut rata yang ideal dan juga langsing selalu menjadi impian yang banyak perempuan berusaha untuk mewujudkannya. Bahkan tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk mendapatkan tubuh langsing yang ideal seperti yang dia inginkan. Banyak juga yang rela menjalani diet ketat, melakukan olahraga yang berat, sampai harus mengatur pola makan dengan makanan sehat.

Kesemuanya itu dilakukan pun tetap masih belum tentu mendapatkan perut rata yang diinginkan. Namun, jika kita mau lebih sedikit berusaha lagi sebenarnya memiliki tubuh langsing dengan perut tidak berlemak itu bisa saja diwujudkan, dan bahkan tanpa perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk memperolehnya. Salah satu cara tersebut adalah dengan melakukan gerakan yoga.

Gerakan Yoga Dasar bagi Pemula untuk Menurunkan Berat Badan

Dengan melakukan gerakan-gerakan yoga ini akan dapat mengecilkan dan menghilangkan perut berlemak dan meenurunkan berat badan. Lalu gerakan-gerakan yoga yang seperti apa yang bisa membuat perut kita rata dan tubuh menjadi langsing ini?

Berikut akan saya ulas gerakan-gerakan yoga yang dapat membantu kamu mendapatkan bentuk tubuh yang langsing dan ideal.

1. Gerakan Yoga Tadasana

Gerakan Yoga Dasar bagi Pemula untuk Menurunkan Berat Badan

Sumber gambar: yogadeep.blogspot.com

Tadasana merupakan gerakan yoga yang paling dasar dan mudah untuk dicoba. Manfaat gerakan Tadasana ini adalah untuk memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh, menguatkan otot perut, dan membantu menyeimbangkan fungsi otot tubuh secara alami.

Gerakan yoga Tadasana dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan berdiri tegak kemudian jinjitkan kaki, angkat tanganmu ke arah atas sembari menarik napas. Setelah 5 detik baru tapakkan kedua kaki pada matras sambil membuang napas. Lakukan gerakan yoga Tadasana ini sebanyak 5 sampai 10 kali beruang-ulang.

2. Gerakan Yoga Pavanamuktasana

Gerakan Yoga Dasar bagi Pemula untuk Menurunkan Berat Badan

Sumber gambar: healthshlok.com

Pavanamuktasana merupakan gerakan yoga yang paling santai dan mudah untuk dilakukan. Manfaat yang didapatkan pun juga cukup lumayan, yaitu untuk mengecilkan perut, menurunkan beraat badan dan menjadikannya rata tidak berlemak. Gerakan yoga Pavanamuktasana dapat dilakukan di dalam ruangan atau di rumah.

Cara melakukan gerakan yoga pavanamuktasana yaitu pertama berbaring di kasur atau matras yoga dan selonjorkan lalu luruskan kakimu. Kemudian perlahan-lahan ambil napas lalu angkat wajah dan kaki kananmu. Setelah itu cium lutut sambil hembuskan napas. Selalu usahakan punggungmu agar selalu rata dengan matras. Lakukan gerakan yang sama dengan menggunakan kaki kirimu. Ulangi gerakan ini sebanyak 5 kali.

Untuk mendapatkan gerakan yang sempurna kamu dapat melakukannya dengan tiga tahap. Tahap pertama lakukan menggunakan kaki kanan, tahap kedua ganti menggunakan kaki kirimu, dan tahap ketiga dengan menggunakan kedua kaki secara bersamaan. Lakukan masing-masing gerakan sebanyak 5 kali.

Melakukan gerakan yoga Pavanamuktasana dapat membuat tubuh menjadi lebih lentur, mengatur napas menjadi lebih teratur, dan menjadikan perut menjadi rata. Bagaimana mudah bukan?

3. Gerakan Yoga Bhujangasana

Gerakan Yoga Dasar bagi Pemula untuk Menurunkan Berat Badan

Sumber gambar: www.idiotsguides.com

Dari sekian banyaknya gerakan-gerakan dan gaya yoga, cobalah juga untuk melakukan gerakan gaya Bhujangasana. Gerakan yoga Bhujangasana ampuh melenyapkan lemak yang berada di perut menurunkan berat badan.

Gerakan yoga Bhujangasana ini juga ampuh untuk mengencangkan perut, untuk melenturkan pinggang dan juga tulang belakang. Serta dengan rutin melakukan gerakan Bhujangasana dapat terhindar dari sakit punggung.

Cara melakukan gerakan yoga Bhujangasana juga tidak terlalu sulit, yaitu yang pertama rebahkan badan di posisi tengkurap dengan kaki lurus di atas matras. Kemudian telapak tangan diletakkan di bawah bahu. Setelah sudah dalam posisi yang disebutkan tadi, kemudin tekan telapak tanganmu dan angkat tubuh secara perlahan sambil mengambil napas secara perlahan-lahan.

Bagi yang baru mencoba gerakan ini atau yang masih belum terbiasa, jangan terlalu memaksakan diri untuk langsung bisa menegakkan tubuh sampai tegak lurus. Kamu bisa mencoba dan melatihnya perlahan-lahan sampai tubuh mulai terbiasa. Gaya gerakan Bhujangasana ini memang ampuh untuk mengobati sakit punggung.

Dengan melakukan gerakan ini otot perut akan lebih kencang sekaligus akan membakar lemak yang ada dalam perut. Menghilangkan perut buncit dan lemak yang meumpuk tidak harus selalu dengan biaya mahal, menggunakan obat, atau melakukan berbagai olahraga berat.

Sekarang kamu dapat mencoba hal baru yang lebih mudah dan yang akan kamu dapatkan juga tidak akan kalah dengan melakukan joging, aerobik maupun olahraga yang lainnya.

4. Gerakan Yoga Dhanurasana

Gerakan yoga gerakan Dhanurasana

Sumber gambar: www.satyaliveyoga.com.au

Gerakan yoga Dhanurasana sangat baik untuk memperbaiki postur tubuh, meskipun gerakan ini cenderung susah untuk dilakukan. Tetapi bukan berarti kamu tidak bisa mencobanya. Gerakan yoga Dhanurasana ini sangat ampuh untuk membakar lemak yang menumpuk di perut, menurunkan berat badan menguatkan otot punggung, dan membuat postur tubuh menjadi lebih terbentuk lagi.

Saat melakukan pose, sirkulasi darah akan berkurang dan setelah masa istirahat sirkulasi darah akan mengalir dalam jumlah yang lebih besar. Hal tersebut dapat meningkatkan kelenturan tulang belakang dan menambah tingkat vitalitasmu.

Melakukan gerakan yoga Dhanurasana meskipun gerakannya agak sulit, tapi jika dilakukan secara rutin, maka kamu nantinya juga akan terbiasa juga. Cara melakukan gerakan yoga Dhanurasana, yang pertama adalah berbaring dengan posisi telungkup, kemudian lipatkan lututmu ke atas dan pegang pada pergelangan kaki dengan menggunakan tangan.

Setelah itu angkat badan ke atas dengan kepala ke arah atas terlebih dahulu. Dalam tahap ini usahakan tubuh membentuk seperti lengkungan mirip perahu. Yang menjadi tumpuan pada gerakan yoga Dhanurasana ini adalah perut. Arah kepala dan pandangan ke arah atas, lakukan dan tahan selama setengah menit hingga satu menit lamanya.

5. Gerakan Yoga Padahastasana

Gerakan Yoga Dasar bagi Pemula untuk Menurunkan Berat Badan

Sumber gambar: lifecalling.in

Perut buncit juga dapat dihilangkan dengan melakukan gerakan yoga Padahastasana ini. Gerakan yoga ini dapat memperlancar oksiden ke otak sehingga bisa menjadikan kita lebih pintar lho, selain itu gerakan ini juga dapat membakar lemak dalam tubuh, menurunkan berat badan dan mengencangkan otot perut.

Cara melakukan gerakan yoga Padahastasana yang pertama adalah, berdiri tegak, kemudian angkat kedua tangan ke arah atas sambil menarik napas. Lalu tarik dan letakkan tangan di bawah telapak kaki sambil menghembuskan napas.

Gerakan yoga Padahastasana ini dilakukan selama satu menit. Jika belum terbiasa jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan pose yang sempurna sampai wajah benar-benar menghadap lutut. Lakukan gerakan yoga Padahastasanaini beberapa kali.

6. Gerakan Yoga Naukasana

Gerakan Yoga Dasar bagi Pemula untuk Menurunkan Berat Badan

Sumber gambar: healthmagazine.org

Gerakan yoga Naukasana manfaatnya untuk menghilangkan perut buncit menjadi bentuk perut rata yang di idam-idamkan. Gerakan yoga Naukasana dapat membakar lemak yang ada pada perut dan menurunkan berat badan.

Cara melakukan gerakan yoga Naukasana yaitu pertama baringkan tubuh dan rapatkan kaki dan tangan dalam sikap yang sempurna. Kemudian tarik napas dan angkat tangan secara perlahan-lahan, dibarengi juga dengan mengangkat kepala, dan bahu ke arah atas. Kemudian angkat juga kakimu hingga posisinya setinggi pundak.

Pusat beban tubuh berada pada bagian pusar. Lalu tahan sampai 30 hingga 60 detik, dan lakukan gerakan ini sebanyak 5 kali. Gerakan yoga Naukasana akan membuat otot perut menjadi lebih kencang dan kuat. Selain itu lemak di perut buncit juga akan hilang, sehingga akan terbentuk perut rata seperti yang diidamkan.

Lakukan Gerakan yoga Naukasana dengan rutin untuk mendapatkan hasil terbaik dan pastinya perut buncitmu tidak akan kembali lagi.

7. Gerakan Yoga Uttanpadasana

Gerakan Yoga Dasar bagi Pemula untuk Menurunkan Berat Badan

Sumber gambar: www.stylecraze.com

Gerakan yoga Uttanpadasana ini juga dapat membuatmu mengatasi perut buncit berlemak dan berat badan berlebih. Perut buncit sering menjadi masalah bagi banyak orang. Untuk mendapatkan perut rata dan tidak buncit lagi kamu dapat mencoba melakukan gerakan yoga Uttanpadasana.

Cara melakukan gerakan yoga Uttanpadasana pertama kali yaitu, berbaringlah dengan posisi sempurna di atas matras. Lalu luruskan kaki dan tangan lurus disamping tubuh. Kemudian perlahan angkat kakimu sampai terbentuk 40 derajat sampai tegak lurus. Langkah selanjutnya cukup menahan posisi tersebut selama satu menit.

Lalu turunkan secara perlahan-lahan kembali ke posisi sempurna. Lakukan dan ulangi gerakan yoga Uttanpadasana Ini sebanyak 5 sampai 10 kali. Gerakan yoga Uttanpadasana ampuh untuk mengencangkan otot kaki dan juga otot perut. Sehingga lemak yang ada pada perut dan paha dapat berkurang.

Lakukan secara rutin gerakan yoga Uttanpadasana untuk hasil yang maksimal sampai mendapat bentuk tubuh yang diinginkan.

8. Gerakan Yoga Vrksasana

Gerakan Yoga Dasar bagi Pemula untuk Menurunkan Berat Badan

Sumber gambar: yogalily.com

Gerakan Yoga Vrksasana ini memiliki manfaat untuk menguatkan dan membentuk sisi-sisi perut. Sehingga dengan melakukan gerakan yoga Vrksasana keinginan untuk mendapatkan perut rata dan ramping dapat terwujud.

Cara melakukan gerakan yoga Vrksasana langkah pertama kali yaitu dengan mengambil posisi berdiri sempurna dengan kedua tangan berada di sisi badan dan kaki rapat saling bersentuhan. Lalu taruh telapak kaki kiri ke bagian dalam paha kanan. Kemudian tarik tangan ke depan sejajarkan dengan tinggi dada sampai telapak tangan kanan dan kiri saling menempel, tahan sampai dua kali hembusan napas.

Pada saat hembusan ketiga, angkatlah tangan ke atas dengan posisi tangan terbuka. Langkah berikutnya kembali ke posisi awal dengan melipat kaki kanan ke bagian dalam paha kiri, lakukan seperti yang kamu lakukan pada tahap kaki kananmu tadi. Lakukan gerakan yoga Vrksasana secara berulang-ulang sampai dirasa cukup sesuai kemampuanmu.

9. Gerakan Yoga Chaturanga

Gerakan Yoga Dasar bagi Pemula untuk Menurunkan Berat Badan

Sumber gambar: www.beautygists.com

Gerakan yoga Chaturanga ini berguna untuk mengecilkan perut, dan menurnkan berat badan, selain itu juga ada manfaat lain yang akan didapatkan oleh tubuh, yaitu bahu kita akan semakin kuat, tidak hanya bahu, lengan dan punggung pun juga akan semakin kuat.

Langkah melakukan gerakan yoga Chaturanga pertama kali yaitu dengan mengambil posisi seperti push-up yaitu kaki bertumpu pada ujung jari kaki, tangan bertumpu di bahu, dan posisi badan sejajar dari ujung kaki sampai ujung kepala.

Kemudian turunkan dada ke arah lantai (jangan sampai menyentuh lantai) sambil menghembuskan napas. Sampai telapak tangan dekat dengan tubuh dan otot perut menegang. Dalam melakukan gerakan ini tahan selama satu menit saat melakukannya.

10. Gerakan Yoga Marjariasana

Gerakan Yoga Dasar bagi Pemula untuk Menurunkan Berat Badan

Sumber gambar: workouttrends.com

Gerakan yoga Marjariasana ini bisa dilakukan siapa saja bahkan bagi pemula, dan dapat juga aman dilakukan oleh ibu hamil. Gerakan yoga Marjariasana berguna untuk membentuk otot perut dan meningkatkan kelenturan pada tulang belakang. Menurut pakar, gerakan yoga ini juga ada manfaat lain yang akan kita dapatkan yaitu emosi kita akan lebih terkontrol. Emosi kita akan lebih terkontrol dan pikiran akan menjadi lebih tenang.

Langkah melakukan gerakan yoga Marjariasana juga tidak terlalu sulit, yaitu pertama posisikan tubuh seperti akan merangkak dengan pergelangan tangan posisinya sejajar dengan bahu, dan posisi lutut ada di bawah pinggul. Kemudian tarik napas yang panjang sambil kuatkan otot perut dan tarik bagian bokong ke arah atas.

Hembuskan napas disertai dengan menarik dagu ke atas dada. Usahakan pada punggung dan bokong lengkung ke arah bawah. Lakukan dan ulangi gerakan yoga marjariasana ini beberapa kali.

11. Gerakan Yoga Paschimottanasana

Gerakan Yoga Dasar bagi Pemula untuk Menurunkan Berat Badan

Sumber gambar: www.lovemyyoga.com

Gerakan Yoga Paschimottanasana juga salah satu gerakan yoga yang ampuh untuk mengempeskan perut buncit dan menurunkan berat badan berlebih. Selain itu melakukan gerakan yoga ini akan membuat punggung semakin lentur. Langkah melakukan gerakan yoga Paschimottanasana pertama kali yaitu dengan duduk di atas matras dengan kedua kaki lurus ke depan.

Posisikan punggungmu tetap tegak. Dan kemudian tarik napas dan kempeskan perutmu. Selanjutnya pegang kakimu dengan kedua tangan sampai mencium lutut kaki. Tahan pada posisi tersebut selama satu menit dan lakukan berulang-ulang sebanyak 5 sampai 10 kali. Jika masih awal dan belum terbiasa, kamu tidak perlu memaksakan sampai mendapat sikap sempurna.

12. Gerakan Yoga Navasana

Gerakan Yoga Dasar bagi Pemula untuk Menurunkan Berat Badan

Sumber gambar: solacecentre.ca

Gerakan Yoga Navasana ini berguna untuk mengecilkan perut buncit dan juga menguatkan otot perut dan punggung. Gerakan yoga Navasana membutuhkan keseimbangan tubuh dan konsentrasi. Sehingga pikiran kita akan lebih fokus dengan melakukan gerakan yoga tersebut.

Langkah melakukan gerakan yoga Navasana yaitu pertama dengan mengambil posisi duduk, lalu angkat kaki dan tubuh bagian atas sehingga didapat seperti bentuk huruf “V”. Tahan dalam posisi tersebut selama 30 detik, dan lakukan sebanyak 2 kali. Apabila masih kesulitan melakukan gerakan yoga Navasana ini, kamu dapat mencoba memulainya dengan melipat lutut.

Jika punggung dirasa tegang dan juga tidak nyaman, kamu bisa mencoba menggunakan kursi atau bangku untuk menopang kaki dan tubuh bagian atas. Demikian ulasan dari beberapa gerakan-gerakan yoga yang bermanfaat untuk mengecilkan perut dan membentuk tubuh menjadi bentuk yang ideal dan langsing. Selamat mencoba dan semoga mendapatkan manfaatnya.

 

Leave a Reply