6 Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Mudik Lebaran

Tidak terasa pelaksanaan ibadah puasa bagi umat Islam telah mencapai pertengahan bulan. Hal tersebut berarti pula bahwa persiapan untuk melakukan mudik ke kampung halaman sudah harus dimulai.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang sebaiknya dipersiapkan sebelum mudik agar pelaksanaan mudik lebaran lancar dan sampai di kampung halaman dengan selamat.

1. Persiapkan alat transportasi dengan matang.

Hal terpenting pada saat mudik adalah transportasi. Bagi yang menggunakan jasa transportasi umum seperti bus, kereta api, kapal laut ataupun pesawat terbang sebaiknya telah membeli tiket jauh-jauh hari agar kepastian waktu pemberangkatannya jelas dan harga masih relatif murah, namun jika terpaksa belum mempunyai tiket.

Pada saat akan membeli sebaiknya pembelian dilakukan pada tempat penjualan karcis resmi agar tidak menjadi korban penipuan yang kerap terjadi pada saat mudik lebaran.

Untuk yang mudik dengan kendaraan pribadi seperti motor ataupun mobil sebaiknya pastikan kendaraan layak jalan untuk menempuh jarak jauh. Untuk memastikan kelayakan kendaraan lakukan servis berkala, ganti oli, ganti ban baru, periksa kampas rem, lampu penerangan dan kondisi pengapian berjalan baik. Jangan sesekali memaksakan mudik dengan kondisi kendaraan yang tidak layak jalan karena akan berbahaya dan kemungkinan kecelakaan besar.

2. Bawa barang tanpa melebihi kapasitas.

Membawa oleh-oleh tentu saja bagian dari aktifitas mudik yang tidak bisa ditinggalkan. Namun membawa barang yang tidak sesuai aturan dan melebihi kapasitas tentu saja akan sangat berbahaya bagi diri sendiri maupun orang lain. Bawalah barang yang memang ditempat tujuan mudik tidak ada! Untuk barang yang stoknya merata dimana-mana seperti kue ataupun kebutuhan pokok sebaiknya beli saja ditempat tujuan mudik! Selain tidak ribet, keselamatan juga lebih terjamin.

3. Cari informasi kondisi jalur mudik.

Informasi tentang kondisi jalur mudik sebaiknya dilakukan terlebih dahulu. Hal tersebut dimaksudkan untuk membantu mempermudah menentukan jalan mana yang paling tepat, aman dan efektif untuk dilalui pada saat mudik. Paling tidak dengan pemilihan jalan yang tepat maka kemungkinan terjebak dalam masalah macet akan lebih kecil.

4. Pastikan kondisi keamanan rumah terjamin.

Sudah menjadi hal lumrah bila terjadi pencurian pada saat rumah ditinggalkan penghuninya untuk mudik. Maka untuk mencegah hal tersebut, pastikan keamanan rumah telah diperbaiki seperti kunci pintu, kunci jendela, kunci pagar atau bila perlu sewa petugas keamanan untuk lebih memastikan rumah tetap terawasi.

5. Persiapkan fisik sebugar mungkin.

Kondisi fisik sangat penting agar mudik berjalan dengan baik. Jika membawa kendaraan pribadi sebaiknya yang harus dipastikan adalah “tidur cukup”. Dengan tidur yang telah mencukupi untuk kebutuhan kebugaran badan maka kemungkinan kelelahan dan kecelakaan saat mudik dapat dihindari.

6. Berdo’a sebelum berangkat.

Berdo’a sangatlah penting dilakukan sebelum berangkat karena dengan berdo’a hati akan lebih tenang dan lebih ikhlas.

Leave a Reply