5 Hidangan Berkuah Asli Indonesia, Kamu Wajib Coba!

Posted on

Masakan Indonesia sangat beragam. Rasanya khas dan lezat karena penggunaan bumbu dan rempah. Anda bisa mencoba kelezatannya di hidangan berkuah ini.

Kuliner Nusantara memiliki cita rasa yang khas dan unik. Penggunaan rempah-rempah dalam pengolahannya pun membuat rasa makanan menjadi lebih kaya. Rasa rempah akan semakin terasa pada berbagai jenis hidangan berkuah. Beberapa di antaranya adalah opor ayam, soto ayam atau soto daging, bakso, dan sebagainya.

Banyak orang menyukai makanan berkuah. Apalagi jika disantap pada saat cuaca sedang dingin, kehangatan kuah akan membuat tubuh menjadi ikut hangat dan nyaman. Jika badan sedang merasa kurang fit, makanan berkuah dapat menjadi solusi supaya kembali pulih.

Hidangan Berkuah Asli Indonesia dengan Cita Rasa yang Khas

Nah, berikut ulasan mengenai sejumlah hidangan berkuah yang telah banyak dikenal di Indonesia.

  1. Opor Ayam

Opor Ayam
Sumber: tokopedia.com

Saat Lebaran, hidangan yang wajib selalu ada di atas meja adalah opor ayam. Resep opor ayam khas hari raya ini sangat populer di Indonesia. Bukan hanya disajikan pada acara-acara istimewa, opor ayam  juga kerap menjadi suguhan makan sehari-hari. Rasanya yang lezat dengan bumbu yang meresap membuat opor ayam menjadi salah satu lauk favorit.

Opor ayam identik dengan kuah kental yang berasal dari santan. Rasanya sangat khas karena menggunakan bumbu rempah seperti serai, ketumbar, jinten, lada, dan kencur. Nah, untuk menemani opor ayam, biasanya ada nasi ketupat dan sambal goreng hati. Akan semakin lengkap jika sajian ini ditambah dengan kerupuk.

Ada setidaknya 2 jenis opor yang biasanya disajikan, yaitu opor putih dan opor kuning. Apa perbedaan keduanya? Ternyata, bumbu-bumbu dasarnya hampir sama, hanya saja opor kuning menggunakan tambahan kunyit. Dengan kunyit, warnanya memang menjadi lebih mengundang selera. Meskipun demikian, keduanya memiliki rasa yang tidak perlu diragukan lagi.

Resep opor ayam tidak terlalu sulit. Apabila telah terbiasa, tidak butuh waktu lama untuk membuatnya. Namun, Anda harus menyediakan berbagai bahan yang dibutuhkan, terutama rempah-rempah, supaya rasanya tetap sempurna.

  1. Gulai

Gulai
Sumber: tastemade.com

Gulai merupakan salah satu hidangan berkuah santan. Hidangan ini didominasi oleh warna kuning karena penggunaan kunyit. Bukan hanya ayam atau daging, olahan gulai juga dapat diterapkan pada sayur-sayuran, seperti nangka dan buncis. Jenis makanan ini awalnya dikembangkan di daerah Sumatera.

Awalnya, gulai mendapat pengaruh dari kuliner India. Seiring dengan perkembangannya, cita rasa India berubah karena penggunaan bumbu dan rempah-rempah khas Nusantara. Isi gulai pun tidak lagi sama dengan aslinya, tetapi telah diganti dengan protein hewani serta sayur-sayuran.

Bukan hanya di Sumatera, gulai pun lazim ditemukan di daerah Jawa. Meskipun demikian, ada perbedaan yang mendasar, yaitu pada kuahnya yang lebih encer. Gulai di Jawa pun biasa menggunakan kecap dan gula merah. Selain itu, gulai juga tidak menggunakan kapulaga. Menariknya, tidak seperti di Sumatera gulai sayur jarang ditemukan di daerah Jawa.

Ada beberapa jenis gulai yang dikenal saat ini, yaitu gulai ayam, gulai nangka muda, gulai belacan, gulai kepala ikan, dan gulai pakis. Sebagian menu ini dapat Anda santap di restoran Padang.

  1. Soto

Soto
Sumber: merdeka.com

Salah satu kuliner Nusantara yang sangat populer adalah soto. Ada soto ayam, ada pula soto sapi. Makanan berkuah ini mirip sup dari tampilannya, tetapi rasanya tidak sama. Awalnya, masyarakat Indonesia mengenal soto sebagai makanan yang dijual dengan berkeliling menggunakan gerobak atau pikulan.

Saat ini, soto bisa ditemukan di berbagai daerah yang berada di Indonesia. Ada yang dikenal dengan Soto Kudus, Soto Purbalingga, Soto Pekalongan, Soto Sokaraja, dan sebagainya. Masing-masing varian soto ini memiliki rasa dan tampilan yang berbeda-beda. Soto Kudus misalnya dihias dengan kuah yang agak kuning dan disajikan dalam mangkok kecil.

  1. Rawon

Rawon
Sumber: masakapahariini.com

Anda juga pasti akrab dengan masakan rawon, salah satu kuliner khas dari Jawa Timur. Rawon memiliki penampakan yang khas yaitu warna kuahnya yang hitam pekat. Hal ini karena penggunaan kluwek yaitu bumbu khas rawon. Daging untuk rawon biasanya dipotong dalam ukuran kecil. Untuk menyantap rawon, campuran lainnya biasanya adalah tauge kecil, daun bawang, kerupuk udang, dan telur asin.

Jika Anda ingin menikmati masakan rawon dengan cita rasa yang asli, berkunjunglah ke daerah Jawa Timur. Salah satu jenis rawon yang populer adalah rawon nguling yang ada di Pasuruan. Meskipun demikian, saat ini sudah banyak warung makan yang juga menjual rawon.

  1. Sayur Asem

Sayur asem
Sumber: hellosehat.com

Sayur asem adalah hidangan berkuah lainnya yang asli dari Indonesia. Seperti namanya, sayur asem memang tergolong hidangan sayuran. Hal yang unik dari masakan ini adalah penggunaan jagung, kacang tanah, nangka muda, dan belimbing sayur.

Untuk menikmati berbagai makanan berkuah ini, Anda bisa memasaknya sendiri. Namun, Anda juga bisa mengunjungi berbagai restoran yang menyediakan menu serupa. Supaya lebih hemat, awali dengan ShopBack pada saat pembayaran. Aplikasi ShopBack menyediakan cashback sesuai jumlah transaksi pembayaran. Nah, selamat berwisata kuliner!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.