Jenis Tanaman Hidroponik yang Mudah Ditanam

Jenis Tanaman Hidroponik – Tanaman yang bisa ditanam dengan cara hidroponik sebenarnya sangat banyak sekali. Namun, masyarakat lebih sering menanam tanaman sayuran berdaun hijau. Sayuran ditanam dengan menggunakan metode hidroponik hasilnya lebih memuaskan dari pada ditanam dengan media tanah biasa.

Bertanam hidroponik dapat dibudidayakan di rumah atau tempat lain. Paling tidak bertanam dengan metode hidroponik tidak terlalu membutuhkan lahan yang terlalu luas. Maka bertanam dengan hidroponik sangat cocok untuk masyarakat, apalagi oleh masyarakat perkotaan yang terbatas dengan lahan.

Kelebihan dari sistem bertanam hidroponik adalah medianya tidak membutuhkan tanah. Media yang digunakan di bertanam hidroponik adalah air. Kita tahu bertanam seperti biasa adalah menggunakan tanah, di mana tanah digunakan untuk melurutkan unsur hara agar dapat diserap oleh tumbuhan. Akan tetapi dengan sistem bertanam hidroponik media tanah digantikan dengan media air.

Banyak tanaman yang bisa ditanam dengan metode hidroponik. Berikut ini adalah tanaman yang biasanya ditanam dengan metode hidroponik yaitu :

1. Tanaman Hidroponik Kangkung

jenis tanaman hidroponik kangkung

hobihidroponic.blogspot.com

Pasti kita sudah tahu jenis tanaman ini. Sayur kangkung adalah salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Sayuran kangkung sudah menjadi legenda sejak dari jaman nenek buyut kita. Selain dapat diolah menjadi menu yang lezat, tanaman kangkung juga mudah didapat.

Anda dapat menanam sayuran kangkung di rumah sendiri dengan metode hidroponik. Menanam kangkung dengan sistem hidroponik dapat menjadi alternatif untuk anda yang mungkin tinggal di kota atau tidak adanya lahan luas untuk menanam tanaman.

2. Tanaman Hidroponik Selada

jenis Tanaman Hidroponik Selada

hidrafarm.blogspot.com

Sayur selada dapat menjadi salah satu pilihan jika kamu ingin menanam dengan cara hidroponik. Menanam tanaman selada tidaklah sulit. Sebab tanaman selada tidaklah memerlukan perhatian atau perawatan khusus untuk dapat tumbuh besar.

Saat kita mulai menanam selada, langkah pertama adalah menanam bibit. Bibit selada hanya memerlukan waktu sekitar dua minggu hingga bibit tumbuh daun.

Tanaman selada yang sudah tumbuh daun baru dapat dipindah ke media tanam untuk dialiri air dan larutan nutrisi agar dapat tumbuh dengan baik. Hingga waktunya anda dapat memanennya, bagian luar daun yang diambil dan pada bagian dalam akan tumbuh lagi dengan cepat untuk menggantikannya.

3. Tanaman Hidroponik Bayam

jenis Tanaman Hidroponik Bayam

pertanianorganik.net

Bayam juga bisa menjadi salah satu pilihan yang bisa anda coba. Selain tanaman ini banyak khasiat untuk kesehatan juga waktu tumbuhnya terbilang cepat. Bayam lebih baik dipanen ketika berumur empat minggu atau sekitar 28 hari. Jika bayam melebihi umur empat minggu masa tanam, maka bayam akan terasa pahit.

Bayam memang tumbuh dengan cepat. Ketika sudah berumur empat minggu bayam harus segera dipanen. Selain agar rasanya tidak pahit juga karena untuk mencegah terganggunya sirkulasi udara dan penyerapan nutrisi yang berlebih.

4. Tanaman Hidroponik Mentimun

jenis Tanaman Hidroponik Mentimun

www.123rf.com

Tanaman mentimun menjadi salah satu pilihan yang banyak ditanam dengan cara hidroponik. Tanaman mentimun yang ditanam dengan cara hidroponik hasilnya lebih bagus. Namun, jika anda memutuskan untuk menanam tanaman ketimun, anda harus benar-benar mengerti bagaimana ilmu dalam menanam dengan sistem hidroponik ini.

Tanaman ketimun memerlukan perhatian yang lebih agar hasilnya memuaskan. Karena itu pengetahuan anda dalam menanam hidroponik ini menentukan hasil dari apa yang anda tanam.

5. Tanaman Hidroponik Sawi

jenis Tanaman Hidroponik Sawi

sallysmusings-deandean.blogspot.com

Sawi merupakan salah satu sayuran yang banyak digemari oleh masyarakat. Menaman tanaman sawi dengan sistem hidroponik tidak terlalu rumit. Dalam prosesnya tanaman sawi hanya memerlukan perhatian yang biasa saja, namun satu hal yang perlu diperhatikan adalah disaat proses tumbuh berkembangnya tanaman sawi sistem pengairan tidak boleh tersendat. Karena jika itu terjadi maka tanaman sawi tidak akan tumbuh dengan baik.

6. Tanaman Hidroponik Cabe

jenis Tanaman Hidroponik Cabe

bakorluh.malukuprov.go.id

Cabe merupakan salah satu kegemaran orang indonesia. Menanam tanaman cabe dengan sistem hidroponik membutuhkan perhatian yang tepat. Tanaman cabe harus sering disiram air secara rutin untuk menjaga kesegaran dan pertumbuhannya terjaga dengan baik.

Tanaman cabe harus terjaga dari gangguan hama agar tidak berakibat buruk. Hasil yang baik akan anda dapatkan jika anda dapat merawatnya dengan baik. Karena itu anda harus paham bagaimana cara menanam cabe yang baik.

Baca juga artikel lengkap tentang bagaimana Cara Menanam Tanaman Hidroponik Cabe.

7. Tanaman Hidroponik Tomat

jenis Tanaman Hidroponik Tomat

www.buffalo.edu

Tomat merupakan salah satu tanaman yang bisa anda tanam dengan menggunakan sistem hidroponik. Selain karena juga tomat sudah menjadi kegemaran masyarakat yang bisa diolah menjadi berbagai masakan dan cocok untuk dipadukan dengan berbagai olahan.
Menanam tanaman tomat dengan metode hidroponik dapat anda tanam di dalam ruangan asalkan ada intensitas cahaya yang cukup.

Jika tidak tanaman tomat akan terhambat pertumbuhannya dan hasilnya kurang bagus. Pada dasarnya tanaman harus cukup mendapat intensitas cahaya untuk dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang bagus.

8. Tanaman Hidroponik Melon

jenis Tanaman Hidroponik Melon

www.aquaponicssystems.net

Sekarang menanam melon bisa juga dengan menggunakan metode hidroponik. Namun dalam perawatannya membutuhkan keahlian khusus yang harus anda kuasai. Karena tanaman melon adalah tanaman yang butuh nutrisi dan perawatan yang berbeda dengan tanaman lain.

9. Tanaman Hidroponik Stroberi

jenis Tanaman Hidroponik Stroberi

hidroponikstore.com

Tanaman stroberi bisa anda coba juga dengan metode bertanam hidroponik. Sama halnya melon tanaman stroberi membutuhkan perawan khusus juga. Kita harus sering mengontrol keadaan media agar nutrisi dapat diserap oleh tanaman dengan baik.

Tanaman stroberi juga akan tergantung pertumbuhannya dengan keadaan disekitarnya, tanaman ini akan lebih cocok jika tumbuh didaerah yang tidak terlalu kering dan panas.

10. Tanaman Hidroponik Terong

jenis Tanaman Hidroponik Terong

hidroponikstore.com

Menanam terong dengan cara sistem hidroponik membutuhkan penguasaan dalam bertanam hidroponik. Pengontrolan terhadap media dan tanaman itu sendiri harus sering dilakukan agar pertumbuhan tidak terhambat. Di saat berbuah akan terlihat menyenangkan untuk dilihat.

Itulah beberapa jenis tanaman yang bisa ditanam dengan cara sistem hidroponik. Masih banyak lagi tanaman yang bisa ditanam dengan sistem ini. Saran dari saya jika anda menanam dengan sistem hidroponik lebih baiknya mencari bibit bisa membeli di toko-toko pertanian.

***

Simak video tentang jenis tanaman hidroponik paling populer berikut:

Demikian pembahasan tentang beberapa jenis tanaman hidroponik yang bisa coba anda tanam sendiri di rumah. Dengan menanam tanaman hidroponik sendiri di rumah pastinya akan bermanfaat untuk keluarga anda di rumah. Media tanam hidroponik juga dapat anda temukan di sekitar anda, jadi dapat meminimalisir pengeluaran anda. Sekian, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply