Jual Rumah Over Kredit itu yang Seperti Apa?

Posted on

Jual Rumah Over Kredit – Anda pasti penasaran, apa sih rumah over kredit. Rumah over kredit itu masih melakukan pencicilan dalam pembeliannya. Terdapat dua pilihan dalam over kredit KPR, yaitu mengambil alih KPR ke bank lain dan bank yang sama.

Aslinya menjual rumah yang over kredit tidak terlalu sulit dan mudah dilakukan jika tahu pengenalan awalnya. Alasan seseorang biasanya memilih rumah yang over kredit karena ingin membeli rumah yang lebih besar atau pindah ke lokasi yang lebih baik.

Untuk mengetahui tentang jual rumah over kredit yang seperti apa. Bisa dilihat sebagai berikut: Rumah yang masih KPR sudah bisa dimiliki oleh anda sebagai pembeli. Sehingga rumah tersebut nanti kewajibannya milik anda. Hal itu berlaku bagi penjual rumah ini jika sebelumnya jasa tersebut beli dulu baru dijual.

Jika anda yang menjual rumah ini, maka anda sebagai pemilik sekaligus peminjam yang akan menjual lagi sehingga harus melunasi kewajiban ke bank. Alangkah lebih baik hal tersebut dilakukan. Anda harus melunasi KPR dulu.

Berikut ini akan dijelaskan tentang cara jual rumah over kredit agar mudah dan laku, diantaranya:

1. Melakukan Penjualan Melalui Notaris

Melakukan Penjualan rumah Melalui Notaris
Melakukan Penjualan rumah Melalui Notaris

Jadi secara garis besar, pembelian rumah over kredit lebih baik menggunakan notaris. Karena lebih aman dan mudah. Selain itu, notaris bisa melakukan akta pengikatan jual-beli tentang pengambilan tanah dan surat lainnya.

Sehingga nanti hak rumahnya telah menjadi milik pembeli. Setelah itu penjual dan pembeli mendatangi bank pemberi JPR, dimana dilakukan untuk menyerahkan dokumen yang diurus sebelumnya.

2. Melakukan Over Kredit Melalui Bank

Melakukan Over Kredit Melalui Bank
Melakukan Over Kredit Melalui Bank

Over kredit bisa dilakukan ke bank KPR. Pembeli bisa ke bank yang akan memberikan KPR kepada rumah. Pihak bank kemudian akan melakukan analisis terhadap calon pembeli. Bank akan membuatkan perjanjian kredit baru jika bank tersebut setuju.

Selain itu juga kalau setuju, pihak bank akan membuat akun jual beli, pengikatan jaminan, dan yang dibutuhkan nanti. Pembeli dan pihak bank bersama mengurus dokumen lain yang dibuat oleh notaris. Over kredit sangat mudah dilakukan.

3. Proses Over Kredit yang Dilakukan

Proses Over Kredit rumah
Proses Over Kredit rumah

Proses ini banyak dilakukan yang mana memiliki dua cara, yaitu over kredit yang langsung melalui bank dan pengoveran hak atas tanah di hadapan notaris. Kemudian ada over kredit langsung yang melalui bank secara resmi.

Nanti pihak penjual dan pembeli akan langsung ke bagian kredit administrasi atau bisa ke costumer service dimana mengajukan perihal peraliham yang dimaksud. Selain itu mengajukan permohonan ambil kredit sebagai debitur baru menggantikan debitur yang lama.

Kelebihan over kredit yang perlu diketahui, antara lain sertifikat rumah bisa dibalik nama sesuai dengan nama pembeli yang baru walaupum sertifikat tersebut masih menjadi jaminan bank sampai nanti bisa dilunasi.

Kemudian kekurangan over kredit adalah proses pengajuan sebagai debitur biasanya cukup sulit atau rumit. Memakan waktu yang lama karena perlu dianalisis oleh analis kredit dari bank. Ada kemungkinan jika debitur pengganti ditolak oleh bank.

Dalam proses peralihan ke debitur yang baru memerlukan biaya yang relatif mahal, pengoveran hak atas tanah harus berada di hadapan notaris. Pengoperasian hak atas tanah harus dihadapan notaris. Perlu diketahui bahwa dengan menggunakan over kredit berarti anda harus menyicil dan tidak bisa lunas.

Dalam artian harus bisa menaati aturan dari over kredit yang berlaku di agen jual rumah tersebut. Jadi,walaupun saat anda sudah mempunyai uang untuk melunasi di tengah jalan, kadang kebanyakan para penyedia jasa tetap memberlakukan aturan tersebut.

Perlu diketahui bahwa rumah over kredit berarti memungkinkan anda untuk bisa mencicil jika mempunyai uang yang sedikit dan tidak bisa melakukan pelunasan secara langsung. Sehingga cara ini cocok bagi anda yang masih mengurus hal lain yang juga menggunakan uang.

Kekurangan dari over kredit yang perlu diketahui adalah anda harus menerima konsekuensi bahwa rumah ini statusnya masih over kredit. Nah, untuk menjual secara online, anda bisa coba Jual rumah di Jakarta Timur. Siapa tahu bisa dijadikan rekomendai anda untuk membuka usaha bisnis jual rumah online disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.