Yuk, Kenali Karakteristik Konsep Perumahan Syariah

Posted on

Memilih perumahan syariah mungkin dapat menjadi opsi alternatif memiliki hunian dengan banderolan harga murah dan terjangkau. Apalagi saat ini beragam developer di Indonesia mulai mengembangkan beragam tipe dan jenis rumah syariah baik diperkotaan maupun di wilayah penyanggah kota.

Perumahan islami pada dasarnya adalah hunian khusus umat islam yang mengedepankan nilai-nilai dan konsep agama islam dalam bangunan, lingkungan sosial, serta transaksi jual beli huniannya.

Dilansir dari daftar proyek perumahan syariah di Indonesia, wilayah penyanggah ibukota adalah yang paling banyak menyediakan perumahan tersebut dengan lokasi rumah dijual di Bogor tipe syariah sebagai produsen terbesarnya. Jika di beberapa wilayah proyek perumahan syariah hanya berkembang 5 sampai 10, rumah dijual di Bogor tipe syariah telah mencapai angka 30-an proyek.

Dimana pun proyek perumahan syariah berada, skema pembeliannya tetap sama yakni skema cash bertahap ataupun melalui kredit pemilikan rumah (KPR) syariah yang dikeluarkan oleh bank-bank berlabel syariah.

Perumahan Syariah Indonesia

Satu-satunya hal yang membedakan dari perumahan syariah adalah desain arsitektur bangunannya. Namun, meskipun rupa arsitektur bangunan dapat berbeda antara satu proyek dengan proyek yang lainnya, konsep perumahan islami pada dasarnya sama. Untuk lebih jauhnya mari kita simak aspek-aspek dalam konsep perumahan syariah.

Syar’i dan Fungsional

Membuat rumah menjadi lebih indah memang dianjurkan oleh agama. Tidak heran jika para pemukim sebisa mungkin untuk mendekorasi hunian miliknya untuk menjadi lebih nyaman dan indah jika dipandang. Bahkan developer perumahan, tidak terkecuali hunian syariah, sengaja dirancang dengan konsep keindahan pada bangunannya.

Bukan dari sisi keindahan, karakteristik hunian yang paling penting dalam rumah islami dapat ditinjau dua sisi. Sisi syar’i dan sisi manfaat yang diberikannya (fungsional).

Berbicara pada aspek syar’i dari rumah islami, berarti berbicara sebuah konsep bangunan yang sifat privat, dimana selain menjaga aurat penghuninya juga melindungi aktivitas di dalam huniannya. Di sisi lain, yakni sisi fungsional, rumah islami lebih mengutamakan fungsi atau peran dari ruang-ruang dan penggunaan perabotan diatas faktor jumlah elemen-elemen tersebut.

Konsep fungsional yang diadopsi oleh rumah islami secara tidak langsung sangat mirip dengan konsep minimalis, dimana meminimalkan penggunaan perabotan dan jumlah ruang untuk nuansa yang lebih tenang dan nyaman. Alasan tersebut belakangan ini diadopsi beberapa pengembang perumahan syariah rumah dijual di Bogor untuk memunculkan hunian syariah yang berkonsep minimalis di Jawa barat.

Hanya Selangkah Ke Tempat Ibadah

Mau rumah dijual di Bogor, di Bekasi, di Depok atau dimanapun perumahan syariah tersebut dibangun, satu hal yang secara mutlak ada di dalam lingkungan perumahan adalah tempat peribadatan. Baik mushola ataupun masjid.

Hal ini mengingat anjuran Nabi Muhammad SAW tentang keutamaan melakukan ibadah secara berjamaah serta fakta-fakta bahwa rumah yang baik adalah rumah yang berlokasi dekat tempat ibadah.

Letak tempat ibadah tersebut tentu berlokasi sangat strategis, bisa berada di pusat dari tata letak perumahan ataupun di bagian dalam kompleks perumahan. Hal ini ditujukan untuk memudahkan aksesibilitas masyarakat dalam ibadah berjamaah atau mengikuti kegiatan-kegiatan pengajian atau kajian yang diadakan oleh musala atau masjid tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.