Khasiat Buah Manggis, Daun Serta Kulitnya untuk Kesehatan

Kita mungkin sering sekali menemui buah manggis. Tak banyak orang yang tahu khasiat serta manfaat buah manggis. Sebenarnya buah manggis mengandung banyak manfaat, selain itu mulai dari daun, buah, pohon serta akarnya juga memiliki manfaat.

Untuk kita agar bisa lebih tahu tentang manfaat dari daun manggis atau mungkin keseluruhan bagian dari tanaman yang nama latinnya Garcinia mangostana L itu, mari kita baca artikel berikut dengan lebih terperinci.

Manggis adalah tanaman berbatang yang termasuk jenis tanaman tua. Sebuah pohon manggis akan berproduksi dengan minimal setelah usianya 5 tahun sejak pertama kali ditanam. Daun manggis bisa digunakan sebagai obat, baik itu daun dari pohon muda atau tua, memiliki khasiat yang sama.

Cara pengolahan daun manggis cukup sederhana untuk dijadikan obat herbal yang baik. Yang kita butuhkan hanya ekstrak daun manggis itu sendiri. Untuk mendapatkan ekstrak daun manggis bisa dilakukan dengan merebusnya atau menumbuk serta mengeluarkan sari dari daun.

Manfaat Daun Manggis

Manfaat Daun Manggis untuk Kesehatan

nusantaran.com

Berikut manfaat serta khasiat dari daun manggis yang sudah diteliti oleh para pakar dari beragam universitas di dunia. Dari beragam pendapat maka bisa dirangkum suatu intisari mengenai manfaat dari daun manggis itu untuk kesehatan kita.

Berikut beberapa ulasan mengenai manfaat daun manggis:

1. Mencegah dan mengobati beberapa jenis kanker, khususnya kanker hati, usus serta paru-paru. Ekstrak dari daun manggis ini dapat memperlambat perkembangan beberapa sel pada pasien leukimia dan juga menahan laju pertumbuhan sel-sel kanker.

2. Selain mencegah kanker, ekstrak daun manggis juga dapat digunakan untuk menurunkan berat badan. Ini dikarenakan daun manggis memiliki kandungan zat yang bisa mengurai lemak menjadi energi. Oleh karena itu setelah minum ekstrak daun manggis terkadang stamina kita merasa bertambah dalam sebentar.

3. Apabila ekstrak daun manggis ini dikonsumsi dengan cara teratur, maka dapat bermanfaat juga untuk mengurangi rasa sakit pada semua jenis penyakit.

4. Ekstrak daun manggis mengandung catechins yang terbukti ampuh melawan radikal bebas. itu dapat disebutkan lebih ampuh dalam melawan radikal bebas daripada vitamin C serta E dalam tubuh Zat. Seorang dokter penulis buku “A Doctor Challenge, A Mangosteen Solution” menganjurkan supaya orang rutin mengkonsumsi manggis untuk menambah kadar antioksidan di dalam tubuh.

5. Apakah anda seorang penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi? Maka konsumsilah produk-produk olahan dari manggis dengan teratur termasuk juga daun manggis. Bagaimana bisa ekstrak daun manggis dapat hipertensi? maka jawabannya ada di point nomor 2, di mana kandungan ekstrak daun manggis bisa melunakkan lemak-lemak yang mengeras. Penyumbatan pembuluh darah menjadi penyebab utama dari hipertensi, yang disebabkan oleh partikel-pertikel terlebih lemak.

6. Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita sudah memanfaatkan daun manggis sebagai obat diare yang terbukti keampuhannya secara turun temurun. Untuk mengolah daun manggismen jadi obat diare cukup hanya melembutkannya dengan cara ditumbuk dan tambahakan sedikit garam, campur ramuan dengan air hangat setelah itu airnya diminum.

7. Karena bisa mengurai lemak maka ekstrak daun manggis dengan cara logika bisa berguna untuk menurunkan kadar koleserol dalam darah.

8. Meningkatkan daya yang didapat dari penguraian lemak serta mengubahnya menjadi energi. Maka sangat disarankan mengkonsumsi daun manggis dengan cara teratur untuk anda yang keseharian banyak bekerja dengan tenaga otot.
Supaya lebih mudah dalam mengkonsumsinya, maka kita dapat menjadikan daun manggis sebagai lalapan. Daun yang kita konsumsi sebagai lalapan adalah daun manggis yang masih muda (daun pucuk).

9. Kandungan manggis juga bermanfaat untuk menyembuhkan mata, penyakit mata juga berkaitan dengan lemak. Lemak yang terkumpul di mata bisa menyebabkan mata minus. Jadi bagi anda yang menderita sakit mata dianjurkan untuk mengkonsumsi olahan manggis secara rutin.

Itulah beberapa khasiat dari daun manggis yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. Selain pada daunnya, manggis pada buahnya juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dalam buah manggis terdapat kandungan xanthones, di mana kandungan ini jarang di temukan di buah lain.

Manfaat Buah Manggis

Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

www.aishastore.com

Xanthone sangat baik dikonsumsi dan untuk menjaga kesehatan fungsi tubuh. Untuk lebih jelasnya simak beberapa penjelasan lain berikut ini:

1. Buah Manggis Mengandung Xanthones

Seperti dijelaskan di atas, xanthones sebenarnya sejenis senyawa polifenol yang secara biologis aktif dan secara struktural yang mirip bioflavanoids. Senyawa ini jarang ditemukan di alam, paling banyak hanya ditemukan di dua tanaman. 200 jenis xhantones alami telah diidentifikasi, dan sekitar 40 jenis diantaranya ditemukan di buah manggis.
Xanthones memiliki beberapa manfaat seperti anti-inflamasi dan anti-alergi. Selain itu pada buah manggis juga memiliki beberapa kandungan seperti polisakarida, sterol, proanthocyanidins, dan catechin. Semua kandungan dalam buah manggis baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan fungsi tubuh.

2. Rendah Kalori

Buah manggis memiliki rasa yang lezat, selain itu juga rendah kalori. Sehingga buah manggis sangat cocok untuk anda yang ingin berdiet.

Buah manggis terdapat 63 kalori per 100 gr. Buah manggis juga mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Buah manggis dapat mencukupi kebutuhan serat tubuh sebanyak 13% per 100 gramnya.

3. Buah Manggis Kaya Akan Vitamin C

Buah manggis mampu memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh sebesar 12 persen per 100 gram daging buah. Vitamin C ini bekerja kuat sebagai antioksidan, sehingga membantu meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit.

4. Buah Manggis Mengandung Vitamin B Kompleks

Dalam buah manggis terdapat kandungan vitamin B kompleks seperti thiamin, niacin, dan folat. Vitamin-vitamin ini bertindak sebagai kofaktor dalam metabolisme, protein, dan lemak.

5. Buah Manggis Mengandung Folat

Folat yang ada di buah mangis mempunyai peran penting dalam pembentukan sel-sel baru dalam tubuh dan perkembangaan janin. Sehingga menjadikan buah manggis ini sangat baik dikonsumsi selama kehamilan dan dapat melindungi bayi dari cacat tabung syaraf.

6. Buah Manggis Melancarkan Aliran Darah

Kandungan yang ada pada buah manggis juga berperan dalam pembentukan sel darah merah. Selain itu buah ini juga dapat meningkatkan aliran darah dengan cara membantu memperlebar pembuluh darah.

7. Buah Manggis Mengurangi Kolesterol

Kandungan buah manggis dapat membantu mengurangi tingkat kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu dapat juga membantu mengontrol tingkat trigliserida untuk kerja organ hati.

8. Buah Manggis Mengobati Kanker

Buah manggis mengandung antioksidan yang membantu mencegah kanker dan beberapa penyakit kardiovaskular. Di dalam buah manggis terdapat xanthone alamai yang membantu melawan kanker.

9. Buah Manggis Mengobati Tekanan darah tinggi

Jumlah mineral dalam buah manggis cukup tinggi. Kalium yang ada dalam buah manggis memberikan perlindungan terhadap stroke dan penyakit jantung koroner.

10. Buah Manggis Bersifat anti-inflamasi

Manggis bersifat anti-inflamasi yang sangat berkhasiat bagi orang yang sakit linu karena radang. Mengkonsumsi buah manggis dua hingga tiga buah sehari dapat meringankan rasa sakit akibat radang.

11. Buah Manggis Mengobati Alzheimer

Penyakit alzheimer ditandai dengan gejala seperti bingung dan kesulitan mengingat sesuatu, yang biasanya diderita oleh kaum manula. Dengan buah manggis ini, sangat efektif untuk mencegah dan menghambat penyakit alzheimer.

Manfaat Kulit Buah Manggis

Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan

www.thanksdokter.com

Seperti buah manggis yang banyak manfaatnya, pada kulit buah manggis ternyata juga mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan. Diantaranya adalah:

1. Mengobati Sariawan

Kulit buah manggis mengandung vitamin C, yang berfungsi untuk menyembuhkan sakit sariawan. Cara membuatnya yaitu siapkan kulit buah manggis sebanyak 2 buah, lalu cuci dan potong-potong. Rebus kulit buah dengan 3 gelas air sampai air menjadi separuhnya. Setelah dingin, saring dan gunakan untuk berkumur.

2. Mengatasi Diare

Kita dapat menggunakan hasil rebusan kulit buah manggis dan daun manggis untuk mengatasi gejala penyakit seperti, menurunkan panas demam, meredakan diare, sariawan, disentri, dan saluran kencing.

3. Anti Kanker

Kulit buah manggis banyak mengandung xanthone yang bersifat anti ploliiferasi danapoptosis yang efektif untuk menghambat pertumbuhan sekaligus menghancurkan sel-sel kanker.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Buah manggis mengandung mineral seperti tembaga, mangan dan magnesium. Kalium didalamnya membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Sehingga dapat melindungi dari stoke dan penyakit jantung koroner.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan dalam kulit buah manggis mampu mencegah penuaan dini dan meregenasi sel kulit. Selain itu juga mengobati berbagai penyakit kulit.

Efek Samping Kulit Buah Manggis

Efek Samping Kebanyakan Mengkonsumsi Kulit Manggis

www.duniainformasikesehatan.com

Sama halnya bahan herbal lainnya, tubuh saat pertama pemakaian akan mengalami anti-reaksi. Yang biasa terjadi dari efek samping ramuan kulit manggis biasanya:

1. Alergi ringan dari efek mengkonsumsi kulit manggis

Gejalanya yaitu kulit menjadi kemerahan, terjadi pembengkakan, gatal-gatal pada beberapa bagian tubuh, dan kulit menjadi bersisik.

2. Alergi yang mempengaruhi sistem kerja tubuh

Tubuh akan mengalami nyeri sendi, sakit kepala, nyeri otot, perut mual dan kembung, insomnia dan jantung seperti berdebar.

Yang perlu diperhatikan lainnya adalah anda perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi kulit manggis jangan terlalu banyak. Karena kulit manggis memiliki kandungan kadar resin, serat kasar, dan tanin yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan jika dikonsumsi terlalu banyak.

Begitu besar manfaat yang dapat diperoleh dari buah mangis, bahkan kulit dan daun manggis mempunyai khasiat dan manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Semoga artikel kali ini tentang manfaat buah manggis dapat bermanfaat dan berguna untuk anda.

One Response

  1. lianny hendrawati April 6, 2016

Leave a Reply