Manfaat Daun Manggis untuk Kesehatan

Posted on

Manfaat Daun Manggis untuk Kesehatan

Manggis adalah tanaman berbatang yang termasuk jenis tanaman tua. Sebuah pohon manggis akan berproduksi dengan minimal setelah usianya 5 tahun sejak pertama kali ditanam. Daun manggis bisa digunakan sebagai obat, baik itu daun dari pohon muda atau tua, memiliki khasiat yang sama.

Cara pengolahan daun manggis cukup sederhana untuk dijadikan obat herbal yang baik. Yang kita butuhkan hanya ekstrak daun manggis itu sendiri. Untuk mendapatkan ekstrak daun manggis bisa dilakukan dengan merebusnya atau menumbuk serta mengeluarkan sari dari daun.

Berikut Beberapa Ulasan Mengenai Manfaat Daun Manggis:

1. Mencegah dan mengobati beberapa jenis kanker, khususnya kanker hati, usus serta paru-paru. Ekstrak dari daun manggis ini dapat memperlambat perkembangan beberapa sel pada pasien leukimia dan juga menahan laju pertumbuhan sel-sel kanker.

2. Selain mencegah kanker, ekstrak daun manggis juga dapat digunakan untuk menurunkan berat badan. Ini dikarenakan daun manggis memiliki kandungan zat yang bisa mengurai lemak menjadi energi. Oleh karena itu setelah minum ekstrak daun manggis terkadang stamina kita merasa bertambah dalam sebentar.

3. Apabila ekstrak daun manggis ini dikonsumsi dengan cara teratur, maka dapat bermanfaat juga untuk mengurangi rasa sakit pada semua jenis penyakit.

4. Ekstrak daun manggis mengandung catechins yang terbukti ampuh melawan radikal bebas. itu dapat disebutkan lebih ampuh dalam melawan radikal bebas daripada vitamin C serta E dalam tubuh Zat. Seorang dokter penulis buku “A Doctor Challenge, A Mangosteen Solution” menganjurkan supaya orang rutin mengkonsumsi manggis untuk menambah kadar antioksidan di dalam tubuh.

5. Apakah anda seorang penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi? Maka konsumsilah produk-produk olahan dari manggis dengan teratur termasuk juga daun manggis. Bagaimana bisa ekstrak daun manggis dapat hipertensi? maka jawabannya ada di point nomor 2, di mana kandungan ekstrak daun manggis bisa melunakkan lemak-lemak yang mengeras. Penyumbatan pembuluh darah menjadi penyebab utama dari hipertensi, yang disebabkan oleh partikel-pertikel terlebih lemak.

6. Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita sudah memanfaatkan daun manggis sebagai obat diare yang terbukti keampuhannya secara turun temurun. Untuk mengolah daun manggismen jadi obat diare cukup hanya melembutkannya dengan cara ditumbuk dan tambahakan sedikit garam, campur ramuan dengan air hangat setelah itu airnya diminum.

7. Karena bisa mengurai lemak maka ekstrak daun manggis dengan cara logika bisa berguna untuk menurunkan kadar koleserol dalam darah.

8. Meningkatkan daya yang didapat dari penguraian lemak serta mengubahnya menjadi energi. Maka sangat disarankan mengkonsumsi daun manggis dengan cara teratur untuk anda yang keseharian banyak bekerja dengan tenaga otot.
Supaya lebih mudah dalam mengkonsumsinya, maka kita dapat menjadikan daun manggis sebagai lalapan. Daun yang kita konsumsi sebagai lalapan adalah daun manggis yang masih muda (daun pucuk).

9. Kandungan manggis juga bermanfaat untuk menyembuhkan mata, penyakit mata juga berkaitan dengan lemak. Lemak yang terkumpul di mata bisa menyebabkan mata minus. Jadi bagi anda yang menderita sakit mata dianjurkan untuk mengkonsumsi olahan manggis secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.