12 Kuliner Kota Klaten dengan Rasa Khas yang Menggoda Selera Makan

Kuliner Klaten– Klaten merupakan sebuah Kabupaten kecil yang diapit Kota Solo dan Kota Yogyakarta. Dan kalau anda sedang berada di Kota Klaten. Mengunjungi sanak saudara atau sedang liburan. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi sajian khas Klaten yang sangat menggoda lidah.

Kota Klaten memiliki tempat-tempat kuliner dengan rasa khasnya yang diturunkan dari generasi ke generasi, yang juga begitu lezat. Maka siapkan diri anda untuk mencoba berbagai kekayaan cita rasa kulinernya.

Berikut 12 kuliner yang saya rekomendasikan untuk anda yang pantas dicoba dan pasti dengan rasanya yang lezat.

1. Ayam Panggang Klaten

Kuliner Klaten Ayam Panggang Klaten

hipwee.com

Ayam panggang Klaten menjadi kuliner khas yang wajib anda coba ketika berada di Kota Klaten Bersinar ini. Beberapa ayam panggang yang terkenal dan legendaris adalah salah satunya ayam panggang Ny. Anggraini No. 113 dan Toko Florida di Jl. Pemuda No. 61.

Ayam panggang di sini dimasak dengan berbagai bumbu areh yang terbuat dari berbagai rempah-rempah jawa dan santan. Serta dimasak dengan cara diungkep. Menjadikan cita rasa ayam panggang Klaten menjadi gurih manis dengan cita rasa yang begitu khas.

2. Ayam bakar Pak Widodo

Kuliner Klaten Ayam Panggang Klaten Ayam bakar klaten

hipwee.com

Ayam bakar pak Widodo bisa menjadi sajian yang perlu kamu cicipi. Tempatnya tidak jauh dari alun-alun Klaten. Kamu disana dapat menemukan cabangnya yang berada di utara Masjid Sidowayah Klaten.Rasa ayam bakar ini akan memanjakan anda dengan berbagai bumbu yang begitu meresap hingga ke dalam dagingnya, membuat cita rasa sendiri yang begitu lezat.

3. Soto Bebek dan Bebek Bacem

Kuliner Klaten Ayam Panggang Klaten Ayam bakar klaten Soto Bebek dan Bebek Bacem

hipwee.com

Tempat yang menjual soto bebek dan bebek bacem dapat ditemukan di sepanjang jalan raya Yogyakarta- Solo, tepatnya di Karanglo, Gondang, Klaten. Salah satu tempat legendaris di Karanglo adalah milik Bu Siswo, yang sudah berdiri sejak tahun 1953.

Warung yang tak jauh dari pabrik gula Gondang Winangun ini juga menyediakan bebek Bacem pertama di Klaten. Selain disajikan dengan di bacem goreng, melainkan juga ada yang dibakar. Ini menjadikan rasa sendiri yang lezat. Silakan bagi anda penggemar masakan bebek bisa berkunjung di Soto Bebek Bu Siswo, sebelah timur pabrik gula Gondang Winangun.

4. Nasi Tumpang Lethok

Kuliner Klaten Nasi Lethok

hipwee.com

Nasi Tumpang Lethok dengan rasa yang khas ini dapat kamu jumpai di sepanjang Jl. Mayor Kusmanto hingga daerah perlimaan Bramen di pagi hari. Disaat memesan menu ini cobalah untuk memesan nasi tumpang lethok istimewa komplit untuk melengkapai rasa khasnya soal cita rasanya.

Menu nasi tumpang Lethok disajikan dengan kurapan gudangan daun pepaya, bayem, nangka muda, daun jeruk, telur rebus, krecek, serta koyor. Dengan berbagai bahan tadi diolah dan menjadi masakan yang mantap dengan menggunakan bumbu yang khas.

5. Sop Ayam Pak Min Klaten

Kuliner Klaten Sop Ayam Pak Min

www.flickr.com

Pasti anda sudah mengenal atau pernah mendengar tentang sop yang satu ini? Sop ayam Pak Min sudah menjadi primadona disetiap sudut kota Klaten. Bahkan diberbagai kota besar di Indonesia sudah tersebar cabang dari sop ayam pak Min ini. Ada berbagai macam jenis sop ayam yang ditawarkan seperti sop ayam campur dan pisah mulai bagian kulit, daging, hingga kepala ayam.

Berbeda dengan sop ayam pecok yang lainya, sop ayam ini tidak menggunakan bumbu jahe dan santan. Sop ayam pecok asli Klaten menggunakan ayam kampung sebagai kaldunya, dengan kuahnya yang bening. Jangan lewatkan kuliner yang satu ini, kuliner lezat yang sayang untuk dilewatkan.

6. Bakmi Miroso

Kuliner Klaten Bakmi Miroso

hipwee.com

Bakmi Miroso terletak tidak jauh dari alun-alun Klaten, namun posisinya berada di dalam kampung sehingga agak susah dicari bagi orang yang pertama kali datang. Bakmi Miroso sudah melegendaris di Klaten, Bakmi Miroso merupakan rumah makan chinese food yang terkenal akan cita rasanya yang lezat. semua masakan chinese food tersedia di sini, mulai nasi goreng, ayam koloke, hingga mie ayam pangsit.

7. Rumah Makan Bu Mayar Cawas

Kuliner Klaten Rumah Makan Bu Mayar

www.flickr.com

Rumah makan ini berada di pinggiran jalan arah Yogyakarta menuju Solo. Rumah makan Bu Mayar Cawas menyediakan berbagai menu andalan yang memiliki julukin unik yaitu “Nasi Terancam”. Nasi Terancam merupakan perpaduan antara nasi dengan berbagai macam sayuran mentah. Biasanya menu ini menjadi satu paket dengan ayam goreng jawa.

Rasa masakan ini sangat lezat dan juga memiliki aroma rempah yang khas. Jangan lewatkan juga masakan yang satu ini. Rumah makan Bu Mayar Cawas buka mulai jam 7 pagi hingga jam 9 malam.

8. Warung Lontong “Bu Mirah”

Kuliner Klaten Warung Lontong “Bu Mirah”

www.flickr.com

Letak warung Lontong ini sangat mudah untuk ditemukan, karena letaknya yang berada di tengah kota Klaten. Warung lontong Bu Mirah sudah berdiri sejak tahun 1945, yang dikelola oleh keturunan Bu Mirah yaitu Bu Handoko.

Warung lontong Bu Mirah menggunakan ayam kampung asli sebagai menu hidangannya, sehingga rasanya sangat mantap di lidah. Namun jika anda ingin merasakan kelezatan lontong opor yang satu ini, anda harus datang pagi hari. Karena warung ini hanya buka dari jam 04.30 hingga jam 10.00 siang.

9. Sate Kambing Pak Suli

Kuliner Klaten Sate Kambing Klaten

www.flickr.com

www.flickr.com

Jika anda penggemar kuliner sate maka anda wajib mengunjungi sate kambing Pak Suli. Sate kambing Pak Suli berada tepat di depan kantor Pertanahan Klaten. Warung makan Pak Suli buka buka dari jam 16.30 hingga satenya habis. Namun, sebaiknya anda jangan menunggu tempat ini sepi, karena nanti anda bisa kehabisan satenya. Sate kambing Pak Suli mempunyai tekstur daging yang sangat empuk dan rasanya juga sangat lezat, wajar bila banyak orang yang menyukainya.

10. Swike Kodok Bu Reso

Kuliner Klaten Swike Kodok

www.flickr.com

Untuk kalian yang menyukai kuliner berbahan daging kodok montok, maka mampirlah ke warung Bu Reso. Warung ini terletak di belakang Plasa Matahari atau bisa di temukan juga di belakang BRI Pasar Klaten, tepatnya di Karangduwet, Mojayan.

Tempat ini menyediakan berbagai olahan bahan kodok dengan berbagai rempah-rempah dan bumbu yang menjadikan masakan ini begitu nikmat. Menu yang dapat anda temukan antara lain swike goreng tepung, swike nyemek, swike kuah, dan telur swike goreng.

11. Kepelan Khas Pedan

Kuliner Klaten Kepelan Pedan

www.flickr.com

Kepelan merupakan sebuah kudapan berbentuk bulat dengan cita rasa gurih dan nikmat dari desa keden, Kecamatan Pedan. Makanan ini terbuat dari tepung gandum yang di campur bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, merica dan garam.

Kepelan ini akan lebih nikmat bila dimakan dengan cocolan saus selagi hangat. Kini sekarang tidak perlu jauh-jauh ke Pedan untuk menikmati Kepelan, cukup datang ke daerah alun-alun Klaten sudah banyak pedagang yang menjual kepelan.

12. Keripik Belut Klaten

Kuliner Klaten Keripik Belut Klaten

www.flickr.com

Bila anda mencari oleh-oleh untuk dibagi bersama sanak saudara ataupun teman anda. Anda dapat mencoba membawa Keripik Belut Klaten. Ada juga produk kuliner yang lainnya yang bisa dijadikan oleh-oleh seperti keripik cakar, keripik belut, dan keripik paru. Bisa anda dapatkan di warung Bu Mangun yang terletak di jalan Rajawali, gang Latarputih 15, Kecamatan Bareng, Kota Klaten.

 

Berikut video mengenai tempat makan terkenal Sop Ayam Pak Min Klaten.

Itulah 12 kuliner yang bisa anda coba jika berkunjung di kota Klaten. Kuliner Klaten dengan rasa khas Klaten yang enak dan lezat. Cocok untuk disantap bersama-sama dengan keluarga maupun bareng-bareng teman. Makanan enak yang wajib anda coba jika berkunjung di Klaten. Semoga infonya bermanfaat dan selamat menikmati kuliner khas Klaten.
Baca juga :

Leave a Reply