10 Manfaat Penting Buah Apel untuk Tubuh yang Perlu Kita Ketahui

Manfaat Buah Apel – Terkadang, jawaban sederhana adalah yang terbaik. Untuk meningkatkan kesehatan bisa semudah dilakukan dengan memakan apel di waktu Anda senggang. Misalnya setlah makan besar seperti makan nasi atau makanan ain yang cukup mengenyangkan.

Buah apel sudah sangat populer di mana-mana, dan sudah menjadi buah kesukaan semua orang. Kandungan buah apel juga diketahui banyak bermanfaat untuk tubuh, yaitu untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh kita.

Sejak dulu buah apel sudah dipercaya manfaatnya untuk dijadikan makanan sehat untuk membantu menjaga kesehatan dan membantu diet harian. Dengan serat yang tinggi pada buah apel akan memberikan efek rasa kenyang yang lebih lama pada lambung kita.

Manfaat Buah Apel

Sumber gambar: www.pulseheadlines.com

Buah apel membantu meminimalisir asupan makanan berkalori tinggi. sesudah makan maka rasa lapar kita akan hilang, dan peran serat buah apel di sini adalah memperlama waktu bertahan di dalam lambung sehingga akan membuat rasa kenyang lebih lama juga.

Kelebihan lainnya, buah apel ini tidak mengandung lemak dan malah kaya akan serat, jadi buah apel sangat aman untuk diet dan usus. Lalu apa saja kelebihan lainnya? Berikut kami ulas tentang manfaat buah apel. yaitu:

1. Memutihkan dan Menyehatkan Gigi

Manfaat buah apel memutihkan dan menyehatkan gigi

Sumber gambar: www.cnn.com

Menggigit dan mengunyah apel akan merangsang produksi air liur dan karena itu juga akan membantu mengurangi kerusakan gigi dengan menurunkan tingkat bakteri di dalam mulut.

Selain itu adanya zat tanin pada buah apel dapat membersihkan plak yang merusak gigi dan gusi kita.

2. Membantu Menghindari Alzheimer

Manfaat buah apel untuk menghindari Alzheimer

hdwalltop.com

Studi menunjukkan bahwa minum jus apel bisa menjaga Alzheimer di teluk dan melawan efek penuaan pada otak.

Buah apel dapat digunakan untuk melindungi sel-sel neuron dan mencegah stres oksidatif yang disebabkan neurotoksisitas. Selain itu juga buah apel memainkan peran enting untuk mengurangi resiko gangguan neurodegenerative.

3. Melindungi Terhadap Penyakit Parkinson

Manfaat buah apel untuk Melindungi Terhadap Penyakit Parkinson

Sumber gambar: pixabay.com

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan buah dan makanan berserat tinggi akan mendapatkan sejumlah perlindungan terhadap Parkinson yang merupakan penyakit karena kerusakan sel saraf otak. Ini mungkin berhubungan dengan kekuatan melawan radikal bebas dari antioksidan di dalam apel.

Penyakit Parkinson ditandai dengan adanya gangguan pada produksi dopamin untuk sel-sel saraf otak. Dan para ilmuwan telah menemukan dan mencobanya dari kekuatan antioksidan pada buah apel untuk melawan berbagai jenis radikal bebas.

4. Mencegah Semua Jenis Kanker

Manfaat Buah Apel

Sumber gambar: Pixabay.com

Mengkonsumsi buah apel yang kaya akan flavonol ini akan dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker pankreas. Beberapa misalnya yang ada pada kulit apel yang memiliki sifat anti-pertumbuhan yang dapat melawan sel kanker di usus besar, hati dan payudara.

Pada buah apel juga terdapat senyawa triterpenoids yaitu pada kulit buah apel juga. selain itu sejumlah zat lain juga terdapat pada buah apel yang dapat membantu mengurangi risiko kanker.

5. Penurunan Risiko Diabetes

Manfaat buah apel untukmenurunkan resiko diabetes

Sumber gambar: www.cnn.com

Wanita yang makan sedikitnya sebuah apel sehari sekitar 28 persen lebih rendah untuk terserang diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang tidak makan apel. Apel penuh dengan serat larut yang merupakan kunci untuk mencegah perubahan gula darah.

6. Mengurangi Kolesterol

Manfaat Buah Apel

Sumber gambar: onehdwallpaper.com

Buah apel kaya akan serat yang dapat mengikat lemak dalam usus sehingga akan menyebabkan penurunan  penyerapan LDL (Low Density Lipoprotein) yaitu kadar penyerapan kolesterol jahat.

Selain itu juga dapat menambah produksi atau penyerapan kadar HDL (High Density Lipoprotein) yaitu kolesterol baik yang dibutuhkan oleh tubuh.

7. Dapatkan Jantung yang Lebih Sehat

Manfaat Buah Apel untuk menyehatkan jantung

Sumber gambar: funnypicturecollect.blogspot.com

Serat larut yang ada dalam kandungan buah apel terkait dengan penumpukan plak kolesterol dalam arteri. Dalam senyawa serupa juga ditemukan dalam kulit apel yang fungsinya untuk membantu mencegah kolesterol masuk ke sistem dan memperkuat di dinding arteri.

Jika plak terbentuk di dalam arteri makan akan mengurangi aliran darah ke jantung, yang akan menyebabkan penyakit arteri koroner.

8. Membantu Mencegah Batu Empedu

Manfaat Buah Apeln untuk mencegah batu empedu

Sumber gambar: pixabay.com

Batu empedu disebabkan karena memiliki terlalu banyak kolesterol dalam empedu, sehingga yang mulanya dalam bentuk cair lama-kelamaan mulai mengeras dan menjadi padat yang juga dikenal sebagai batu empedu. Ini sangat sering terjadi pada penderita obesitas.

Untuk membantu mencegah batu empedu, diet tinggi serat merupakan faktor kunci sebagai pencegahan agar tidak terkena batu empedu. Diet tinggi bertujuan untuk mengatur dan menjaga kadar kolesterol yang ada dalam tubuh.

Sehingga buah apel yang memiliki kandunga serat tinggi ini baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

9. Meredakan Diare dan Sembelit

Manfaat Buah Apel

Sumber gambar: www.fruitsvege.com

Apakah Anda pergi masuk ke kamar mandi terus-menerus (diare) atau malah jarang masuk pergi ke kamar mandi (susah BAB)? Serat dalam buah apel dapat membantu masalah keduanya.

Serat baik dapat mengatur air keluar dari usus besar, selain itu juga untuk menjaga komponen yang ada di dalamnya atau menyerap kelebihan air dari kotoran Anda yang artinya dapat menurunkan diare.

10. Menetralisir Sindrom Iritasi Usus Besar

Buah apel dapat mencegah Irritable bowel syndrome

Sumber gambar: pixabay.com

Irritable bowel syndrome merupakan sakit pada sistem pencernaan seperti sembelit, diare, sakit perut dan kembung. Untuk meminimalkan gejala-gejala ini diharuskan untuk menjauhi makanan yang mengandung lemak dan susu. sementara termasuk asupan tinggi serat dalam diet Anda akan membantu.

Dibutuhkan asupan serat tinggi untuk dapat membantu masalah tersebut. Dan yang dapat anda manfaatkan salah satunya adalah serat tinggi yang tergantung pada buah apel.

Baca juga artikel yang tidak kalah penting manfaatnya yaitu Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

Leave a Reply