Manfaat dan Khasiat Tanaman Ciplukan untuk Kesehatan Tubuh

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman yang satu ini? Yaitu Ciplukan, tentu kita sudah tak asing dengan tanaman ini. Nama yang unik serta keberadaannya yang bisa tumbuh subur di berbagai tempat, pasti kalian juga sering menjumpainya.

Tanaman ciplukan sering kali dianggap tanaman pengganggu oleh petani di sawah. Namun lain halnya di perkotaan, tanaman ciplukan malah ada yang diperjual belikan. Aneh memang, karena tanaman ciplukan ini memiliki manfaat yang besar terutama untuk mengobati berbagai jenis pnyakit.

Tanaman yang satu ini sangat banyak manfaatnya. Tidak hanya di buahnya saja, melainkan juga di daun sampai di akarnya bisa dijadikan obat. Tumbuhan ciplukan ini bisa berumur sampai satu tahun dan tingginya bisa mencapai 1 meter. Ciplukan memiliki batang tegak ke atas, segi empat, berongga dan berwarna hijau. Daun ciplukan berbentuk bulat lonjong dan ujungnya runcing.

Bunga ciplukan biasanya tumbuh di ketiak daun dan ketiak ranting pohon yang ujungnya mengangguk. Kelopak bunga seperti persegi lima, dan tajunya bersudut tiga dan meruncing, warnanya hijau dengan tulang rusuk keunguan. Mahkota bunga ciplukan tampak seperti lonceng dan berwarna kuning muda. Buah dari ciplukan terbungkus kelopak yang menggelembung seperti telur namun ujungnya runcing.

Saya yakin kalian pasti sudah tahu tentang tanaman ciplukan ini. Berikut penjelasan mengenai manfaat tanaman ciplukan. Yang mana banyak sekali manfaat dari kandungan kimia yang ada di dalam tanaman ciplukan ini, berikut kandungan alami yang bisa memberi manfaat untuk kesehatan :

  1.  Kandungan Chlorogenik acid
  2.  C27H440-H20
  3.  Asam sitrun
  4.  Fisalin
  5.  Polifenol
  6.  Steroid
  7.  Tanin
  8.  Kriptoxantin
  9.  Vitamin C
  10.  Gula
  11.  Asam malat
  12.  Alkaloid

Manfaat yang ada di tanaman ciplukan

Manfaat dan Khasiat Ciplukan

Ciplukan.com

Tanaman ciplukan sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit, antara lain:

1. Dapat mengobati flu

Salah satu manfaat dari daun ciplukan karena khasiatnya yang dapat mengobati seseorang yang sedang terserang flu. Cara pembuatannya pun tidak cukup sulit. Pertama potong-potong daun ciplukan kemudian rebus dengan air sampai mendidih. Kemudian minum air rebusannya 3 kali sehari hingga sembuh.

2. Mengobati radang tenggorokan

Selain mengobati flu, daun ciplukan bisa juga dijadikan obat untuk radang tenggorokan yang kerap sekali menyerang anak-anak maupun orang dewasa. Caranya cukup meminum air rebusan dari daun ciplukan.

3. Mengobati gondongan

Gondongan adalah kondisi di mana bagian kelenjar di bawah leher mengalami pembengkakan. Penderita gondongan akan mengalami nyeri. Mengobati gondongan dapat juga dengan meminum air rebusan dari daun ciplukan.

4. Mengobati Pertusis

Pertusis atau biasanya dikenal dengan batuk rejan dapat diredakan dengan kandungan yang ada di daun ciplukan. Kandungan daun ciplukan akan meredakan batuk ini secara alami secara bertahap, namun tidak kembali lagi.

5. Mengobati kencing manis

Khasiat lainnya adalah dapat mengobati kencing manis. Caranya penderita hanya perlu meminum rebusan daun ciplukan. Minumlah secara rutin untuk hasil maksimal.

6. Mengobati bronchitis

Kita juga dapat mengobati sakit bronchitis dengan ciplukan. Caranya dengan meminum rebusan daun ciplukan, minumlah setiap 2 kali sehari.

7. Menurunkan darah tinggi

Khasiat lainnya yaitu dapat membantu menurunkan darah tinggi atau hipertensi. Caranya membuatnya dengan mengambil buah ciplukan dan rebus dengan air bersih selama 10 sampai 15 menit sambil terus di aduk. Kemudian saring dan minum disaat sudah dingin. Paling tidak minumlah 2 kali sehari.

8. Mengobati sakit paru-paru

Sakit paru-paru dapat juga diobati dengan tanaman ciplukan. Caranya kita ambil semua bagian dari tanaman ciplukan, dari akar, daun, batang, bunga, dan juga buahnya. Kemudian rebus semua bagian tersebut sampai menidih dengan air sebanyak 3-5 gelas. Setelah itu saring kemudian minum 3 kali sehari rutin setiap harinya.

9. Mengobati penyakit diabetes mellitus

penyakit diabetes mellitus merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Dan buah ciplukan dapat digunakan untuk mengatasi penyakit diabetes mellitus. Caranya siapkan tanaman ciplukan yang berbuah, rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih, tunggu sampai air tersisa menjadi 1 gelas. Kemudian saring dan minum setiap 1 kali sehari.

10. Mengobati penyakit rematik

Tanaman ciplukan bisa juga untuk mengatai masalah penyakit rematik. Cara membuatnya dengan merebus buah ciplukan kering sebanyak 10 gram dengan menggunakan air sebanyak 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa hanya sampai setengahnya saja. Kemudian saring dan saringlah, kemudian minum 3 kali sehari setengah gelas setiap harinya.

11. Melawan kanker

Menurut beberapa penelitian kesehatan, kandungan steroid yang ada pada daun dan buah ciplukan bisa membantu melawan dan membunuh sel-sel ganas yang tumbuh dalam tubuh. Selain itu juga bahwa ekstrak tanaman ciplukan dapat mengecilkan agen bola ukuran tumor kanker.

Secara garis besar tanaman ini berfungsi :
Sebagai anti bakteri, antivirus, antihiperlikemi, imunostimulan, imunosupresan, antiinflamasi, analgesik, sitotoksik, antioksidan, meredakan batuk, menetralkan racun serta mengaktifkan kembali fungsi kelenjar tubuh dan anti tumor.

Sungguh luar biasa khasiat tanaman ciplukan ini. Namun kebanyakan dari kita belum memahami akan manfaatnya, semoga dengan ulasan tentang khasiat tanaman ciplukan ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply