Manfaat dan Khasiat Ciplukan

Posted on

Manfaat dan Khasiat Ciplukan

Manfaat Yang Ada Di Tanaman Ciplukan

Tanaman ciplukan sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit, antara lain:

1. Dapat mengobati flu

Salah satu manfaat dari daun ciplukan karena khasiatnya yang dapat mengobati seseorang yang sedang terserang flu. Cara pembuatannya pun tidak cukup sulit. Pertama potong-potong daun ciplukan kemudian rebus dengan air sampai mendidih. Kemudian minum air rebusannya 3 kali sehari hingga sembuh.

2. Mengobati radang tenggorokan

Selain mengobati flu, daun ciplukan bisa juga dijadikan obat untuk radang tenggorokan yang kerap sekali menyerang anak-anak maupun orang dewasa. Caranya cukup meminum air rebusan dari daun ciplukan.

3. Mengobati gondongan

Gondongan adalah kondisi di mana bagian kelenjar di bawah leher mengalami pembengkakan. Penderita gondongan akan mengalami nyeri. Mengobati gondongan dapat juga dengan meminum air rebusan dari daun ciplukan.

4. Mengobati Pertusis

Pertusis atau biasanya dikenal dengan batuk rejan dapat diredakan dengan kandungan yang ada di daun ciplukan. Kandungan daun ciplukan akan meredakan batuk ini secara alami secara bertahap, namun tidak kembali lagi.

5. Mengobati kencing manis

Khasiat lainnya adalah dapat mengobati kencing manis. Caranya penderita hanya perlu meminum rebusan daun ciplukan. Minumlah secara rutin untuk hasil maksimal.

6. Mengobati bronchitis

Kita juga dapat mengobati sakit bronchitis dengan ciplukan. Caranya dengan meminum rebusan daun ciplukan, minumlah setiap 2 kali sehari.

7. Menurunkan darah tinggi

Khasiat lainnya yaitu dapat membantu menurunkan darah tinggi atau hipertensi. Caranya membuatnya dengan mengambil buah ciplukan dan rebus dengan air bersih selama 10 sampai 15 menit sambil terus di aduk. Kemudian saring dan minum disaat sudah dingin. Paling tidak minumlah 2 kali sehari.

8. Mengobati sakit paru-paru

Sakit paru-paru dapat juga diobati dengan tanaman ciplukan. Caranya kita ambil semua bagian dari tanaman ciplukan, dari akar, daun, batang, bunga, dan juga buahnya. Kemudian rebus semua bagian tersebut sampai menidih dengan air sebanyak 3-5 gelas. Setelah itu saring kemudian minum 3 kali sehari rutin setiap harinya.

9. Mengobati penyakit diabetes mellitus

penyakit diabetes mellitus merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Dan buah ciplukan dapat digunakan untuk mengatasi penyakit diabetes mellitus. Caranya siapkan tanaman ciplukan yang berbuah, rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih, tunggu sampai air tersisa menjadi 1 gelas. Kemudian saring dan minum setiap 1 kali sehari.

10. Mengobati penyakit rematik

Tanaman ciplukan bisa juga untuk mengatai masalah penyakit rematik. Cara membuatnya dengan merebus buah ciplukan kering sebanyak 10 gram dengan menggunakan air sebanyak 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa hanya sampai setengahnya saja. Kemudian saring dan saringlah, kemudian minum 3 kali sehari setengah gelas setiap harinya.

11. Melawan kanker

Menurut beberapa penelitian kesehatan, kandungan steroid yang ada pada daun dan buah ciplukan bisa membantu melawan dan membunuh sel-sel ganas yang tumbuh dalam tubuh. Selain itu juga bahwa ekstrak tanaman ciplukan dapat mengecilkan agen bola ukuran tumor kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.