Kedudukan, Rahasia, serta Manfaat Shalat Dalam Agama Islam

Kedudukan Shalat Dalam Agama Islam

Shalat adalah kewajiban yang pertama dan suatu ibadah yang pertamakali disebutkan di dalam Al-Qur’an. Dan shalat juga suatu ibadah yang pertama kali dimintai pertanggungjawabannya dihadapan Allah pada hari kiamat kelak. Allah swt berfirman di dalam Qur’annya:

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاَةِ وَمِن ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاء
Artinya: Yaa Tuhanku (Allah), Jadikanlah aku dan anak cucuku (keturunanku) orang-orang yang tetap mendirikan (melaksanakan) shalat, Ya Tuhan (Allah) Kami, perkenankanlah (kabulkanlah) doaku.
(Surat ke 14 [Ibrahim]: Ayat ke 40)

وَاسْتَعِينُواْ بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلاَّ عَلَى الْخَاشِعِينَ
Artinya: Jadikanlah (orang yang) sabar dan shalat sebagai penolongmu (orang yang menjadikan shalat sebagai penolongnya) dan Sesungguhnya yang demikian itu (yang seperti itu) sungguh berat, kecuali bagi orang-orang (manusia) yang khusyu’.
(Surat Ke 2 [Al-Baqarah]: Ayat ke 45)

Artikel keutamaan dan kedudukan shalat ( sholat atau salat ) ini membuktikan bahwa shalat memiliki andil yang cukup besar dalam memberikan rasa lega, tenang, kemantapan hati dan kelapangan dada.

Karna shalat adalah sarana penghubung hati seorang hamba kepada tuhannya (Allah). Dan shalat adalah sebaik-baik amal seorang hamba, seperti yang ada dalam Hadits nya Rasulullah saw:

وَ ا عْلَمُوْ ا أنَّ خَيْرَ أعْمَالَكُمْ الصَّلاَ ةُ
Artinya: Ketahuilah bahwa dalam sebaik-baiknya amal ibadah mu adalah shalat.
(H.R. Ibnu Majah & al-Hakim dari Tsauban)

Kedudukan sholat dalam islam adalah suatu ibadah yang pertama kali ditanya oleh Allah dan tidak akan dilihat amal ibadah yang lain sebelum amal shalatnya.

***

Rahasia Besar Manfaat Shalat Bagi Kesehatan

manfaat gerakan sholat bagi kesehatan

Sumber gambar: tuntunanshalat.info

Pengertian shalat telah kami jelaskan secara terprinci di pertama kali web ini didirikan. Saat ini saya akan menjelaskan maksud shalat secara singkat adalah sebuah ibadah yang diwajibkan Allah untuk setiap manusia dan Allah tidak akan memerintahkan sesuatu yang tidak ada manfaatnya sama sekali bagi umat Nya.

Ternyata ada rahasia yang begitu besar dan masih banyak yang belum terungkap oleh manusia yang memiliki pikiran terbatas.

Rahasia besar tentang shalat yang baru terungkap baru sedikit oleh manusia yaitu rahmat kesehatan, ketika seorang hamba berdiri untuk menunaikan ibadah shalat dengan tata cara shalat dan bacaan shalat yang benar, baik ketika shalat wajib maupun shalat sunnah untuk menghadap kepada Allah. Dan di dalam Qur’an Allah berfirman:

اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاء وَالْمُنكَرِ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

Artinya: Bacalah apa yang telah diwahyukan (diturunkan) kepadamu, yaitu Al kitab (Al Quran) dan dirikanlah (lakukanlah) shalat. Sesungguhnya (bahwasanya) shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. dan Sesungguhnya mengingat Allah (dengan menjalankan shalat) adalah lebih besar (manfaatnya/keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain) dan Allah (Tuhan) mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Surat Ke 29 [Al-Ankabut]: Ayat ke 45)

Diantara manfaat shalat yang sesungguhnyaadalah menghindari manusia dari penyakit dan membuat tubuh selalu sehat. Karna banyak sekali penyakit yang tidak dapat disembuhkan oleh obat-obatan.

Tetapi, ketika seorang yang memiliki penyakit memohon kepada Allah untuk kesembuhan penyakitnya dengan melakukan shalat, akhirnya penyakit tersebut menghilang dan Allah pun menyembuhkannya.

Khususnya jika yang dilakukan adalah shalat tengah malam / shalat tahajud/ shalat hajat dengan Qiyamullail. Berikut ini adalah manfaat shalat:

1. Menghindari tubuh manusia dari serangan penyakit.

رَآنِي رسول الله عليه و سلم وَأنَا نائِمٌ أشْكُرُو من وَجْعِ بَطْنِي، قال: قُمْ فَصَلِّ، فَإنَّ الصَّلاَةَ شِفَاءٌ
Artinya: Rasulullah melihat padaku yang sedang berbaring dan merintih karna terasa sakit di perutku. Beliaupun berkata, bangunlah dan dirikanlah shalat karna shalat adalah kesembuhan. (H.R. Ibnu majjar dalam kitab at-Thibb bab as-shalatu syifa’un 3458)

2. Meningkatkan aktivitas anggota tubuh seseorang dan mentalnya.

جُعِلَتْ قُرَّةُ عَيْنِي فِي الصَّلاَةِ، أرِحْناَ بِهَا ياَ بِلاَلُ
Artinya: Dijadikan penyejuk hatiku ada di dalam shalat, wahai bilal hiburlah kami dengan shalat.

3. Menghilangkan penyakit hati kepada orang lain serta sifat dengkinya .

إِنَّ الْإِنسَانَ خُلِقَ هَلُوعاً (19) إِذَا مَسَّهُ الشَّرُّ جَزُوعاً (20) وَإِذَا مَسَّهُ الْخَيْرُ مَنُوعاً (21) إِلَّا الْمُصَلِّينَ (22
Artinya: Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir (19) Apabila ia ditimpa dengan kesusahan maka ia berkeluh kesah (20) dan apabila ia mendapat kebaikan ia Amat kikir (21) kecuali orang-orang yang mengerjakan shalat (22) (Surat Ke 70 [Al-Ma’arij]: Ayat ke 19-22)

4. Sarana untuk memohon pertolongan kepada Allah untuk mendapatkan kebaikan dunia dan akherat.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ اسْتَعِينُواْ بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ إِنَّ اللّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ
Artinya: Hai (wahai) orang-orang yang beriman, Jadikanlah (buatlah) sabar dan shalat sebagai penolongmu [meninta pertolongan pada Allah], Sesungguhnya Allah beserta (bersama) orang-orang yang sabar. (Surat Ke 2 [Al-Baqarah]: Ayat ke 153)

 

Demikian penjelasan mengenai kedudukan shalat, rahasia shalat, dan juga manfaat shalat untuk kesehatan dalam agama islam. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply