Manfaat dan Khasiat Sarang Burung Walet

Sarang walet yang terbuat dari air liur walet dari dulu hingga sekarang menjadi barang yang dinilai memiliki kandungan dan harga yang tinggi. Berbagai manfaat dan khasiat dapat kita peroleh dari sarang walet.

Sarang walet sejak beratus-ratus tahun yang lalu telah dikonsumsi dan dijadikan obat. Mulai populer di saat kekuasaan kekaisaran Dinasti Ming. Setelah itu mulai dijadikan hidangan istimewa di kawasan kerajaan.

Khasiat Sarang Walet

Khasiat Sarang Walet

Sarang walet bentuknya seperti agar-agar yang disebut dengan gelatin, dan baunya seperti putih telur. Orang dulu biasanya mengkonsumsi sarang walet untuk menambah stamina dan mengobati macam-macam peyakit.

Sarang walet dianggap menjadi sumber makanan yang sangat bergizi dan baik untuk kesehatan. Selain itu sarang walet merupakan salah satu bahan herbal yang berguna untuk menetralisirkan racun-racun dalam tubuh.

Sarang walet dengan berat 100 gram atau kurang lebih sebanyak 12 sarang walet mengandung 345 kalori dengan kadar protein sebesar 85% dan lemak sebanyak 0.3%. sarang walet juga terdiri dari glikoprotein yang berguna untuk membantu memproduksi dan mendukung pertumbuhan sel-sel baru yang bekerja dalam sistem kekebalan tubuh.

Sarang walet mengandung 17 asam amino esensial, semi esensial, dan non-esensial. Menurut penelitian baru-baru ini yang telah dilakukan di barat, sarang walet mampu dimanfaatkan untuk dijadikan obat kanker dan stroke.

Sarang walet juga terdapat 6 mineral penting , yaitu kalsium, kalium, magnesium, besi, phospor, dan natrium. Kesemuanya memiliki manfaaat yang penting untuk tubuh, seperti untuk untuk mengobati sakit asma, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan daya ingat, melancarkan peredaran darah, dan mencegah penuaan dini.

Manfaat dan khasiat sarang walet

Manfaat dan khasiat sarang walet

Sarang walet sejak dulu digunakan oleh orang-orang China untuk dimanfaatkan sebagai makanan bergizi maupun obat berbagai penyakit. Untuk mendapatkan sarang walet diperlukan usaha, karena untuk memerolehnya cukup sulit. Sebab itulah sarang walet meiliki harga yang tinggi.

Masyarakat China percaya, bahwa dengan mengkonsumsi sarang walet tubuh mereka akan selalu sehat terhindar dari berbagai penyakit. Sarang walet menyehatkan dan akan dapat menjaga keseimbangan tubuh mereka dan membuat umur panjang.

Untuk nilai jual sarang walet memang dikenal sangat tinggi, namun meskipun begitu masih banyak orang yang meminati dan menginginkan sarang walet, karena kandungan yang tedapat di dalamnya sangat besar sarang walet selalu diinginkan oleh banyak orang.

Leave a Reply