Manfaat Jamu Herbal untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Posted on

Manfaat Jamu Herbal – Indonesia kaya akan hasil alamnya, salah satunya adalah rempah-rempah yang kemudian menjadi obat herbal yang terkenal diantaranya yang paling dikenal adalah Jamu Herbal. Manfaat jamu herbal yang komposisinya dari rempah-rempah ini sudah sangat terkenal dan terbukti secara klinis bermanfaat untuk  kesehatan tubuh manusia.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan hasil rempah-rempah terbesar di dunia. Dengan satu jenis rempah-rempah yang ada sudah memiliki banyak manfaat untuk tubuh, coba bayangkan jika beberapa jenis rempah-rempah dipadukan, pastinya akan memiliki lebih banyak manfaat yang kompleks bagi kesehatan tubuh kita.

Oleh sebab itu, sejak dulu orang-orang indonesia sangat lekat dengan kebudayaan mengonsumsi jamu herbal sebagai ramuan tradisional herbal yang digunakan untuk menjaga kesehatan dan mengobatai berbagai penyakit yang menyerang tubuh.

Mengonsumsi jamu herbal akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, banyak lagi manfaat mengonsumsi jamu yang sudah teruji secara klinis, diantaranya yaitu:

1. Jamu Meningkatkan Imunitas Dalam Tubuh

Dengan memadukan racikan jahe, kunyit, dan temulawak yang kemudian dikonsumsi secara rutin, akan bermanfaat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang fungsinya sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab penyakit pada tubuh.

Temulawak merupakan rempah-rempah yang dapat memberikan khasiat melindungi organ hati, sedangkan jahe berkhasiat untuk memperlancar aliran peredaran darah dan membuat tubuh lebih hangat. Dan kunyit berkhasiat sebagai antibiotik alami yang bermanfaat untuk membantu sistem pencernaan.

2. Jamu Sebagai Pereda Nyeri Pada Tubuh

Dengan menggunakan bahan dasar seperti kunyit yang mempunyai kandungan zat alami curcumin yang berfungsi sebagai anti inflamasi alami, selain itu juga dapat dimanfaatkan sebagai pereda nyeri haid pada wanita.

Dengan menggunakan kunyit secara klinis juga efektif untuk membantu menyembuhkan masalah kesahatan lainnya seperti radang gusi, iritasi, osteoartritis, dan yang lainnya.

3. Jamu Bermanfaat Sebagai Obat Hipertensi

Kunyit, meniran, temulawak, seledri, dan daun kumis kucing merupakan beberapa rempah-rempah atau tanaman obat yang teruji dapat mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Dari uji klinis yang pernah dilakukan, didapatkan hasil yang baik menganai zat yang terkandung didalmnya. Tanaman herbal ini mampu mengobati pasien hipertensi secara bertahap.

4. Jamu Untuk Mengobati Asam Urat

Dengan campuran temulawak, kunyit, meniran, secang, tempuyung, dan juga daun kepel akan bermanfaat untuk mengobati hiperurisemia atan penyakit asam urat. Dalam tanaman obat diatas memiliki kandungan antioksidan flavonoid, tanin dan kurkumin yang baik untuk tubuh.

5. Jamu Bermanfaat Untuk Menambah Nafsu Makan

Dengan memberikan temulawak terbukti mampu menambah nafsu makan. Selain itu jamu dengan racikan tanaman obat ini juga dikenal mampu mengatasi masalah pada gangguan pencernaan, kandung empedu, dan hati.

Mengonsumsi jamu dengan campuran temulawak dapat mengatasi masalah seputar pencernaan, selain itu dengan rempah-rempah seperti kunyit dan brotowali juga dipercaya mempunyai kemampuan untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan nafsu makan.

6. Jamu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Bahan-bahan jamu atau tanaman herbal  ini kebanyakan memiliki kandungan vitamin C tinggi yang sangat baik untuk mencerahkan kulit tubuh dan membuatnya lebih kencang. Dengan tanaman-tanaman herbal ini juga sudah banyak dikenal dan digunakan untuk membantu mencegah jerawat dan bau badan.

Mengonsumsi jamu secara rutin setiap hari dipercaya akan sangat baik manfaatnya untuk tubuh. Terutama di waktu sekarang  ini dimana dengan adanya berbagai ancaman virus seperti virus corona yang menyerang kesehatan tubuh, dianjurkan oleh ahli kesehatan untuk selalu rutin mengonsumsi jamu herbal.

Ingin Bertanya Seputar Kesehatan?

Infomasi seputar kesehatan tubuh sekarang ini sudah sangat dapat didapatkan, bahkan bisa langsung bertanya kepada ahlinya. Salah satu yang kami untuk Anda adalah halodoc, yang sudah dikenal dan terbukti memberikan infomasi-informasi kesehatan yang bermanfaat, dan juga membantu mengatasi keluhan seputar kesehatan tubuh.

Terdapat aplikasi Halodoc yang akan sangat membantu Anda mengolah infomasi dan bahkan bisa langsung menanyakannya dengan dokter yang ada disana, aplikasi ini sudah ada di Playstore ya, tinggal di Instal saja.

Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat ya, Dan perlu diperhatikan juga agar dalam mengonsumsi jamu supaya tidak berlebihan, karena pastinya sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Naka dari itu konsumsilah jamu untuk menjaga kesehatan dengan baik dan bijak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.