Tahukah Anda, Banyak Sekali Manfaat yang Kita Dapat dari Minum Kopi untuk Kesehatan Tubuh Kita

Apa yang anda pikirkan ketika mendengar kata kopi?

Ya, Minuman yang hampir setiap pagi dinikmati oleh orang-orang di dunia. Termasuk Indonesia yang kebanyakan masyarakatnya doyan banget minum kopi. Bagaimana tidak kopi merupakan minuman yang mampu memberikan cita rasa unik bagi orang yang meminumnya.

Kopi sering diminum bersama dengan kue ataupun roti untuk mengawali hari yang panjang tanpa mengenal ngantuk. Bagaimana bisa? Hal ini terjadi dikarenakan kandungan kafein didalamnya akan membuat otak tetap terjaga untuk memproses perintah ke bagian tubuh yang lain.

Kopi selain menghilangkan kantuk ternyata masih banyak lagi manfaat yang lain. Ini bisa dirasakan apabila diminum dalam jumlah yang wajar sehingga akan menghasilkan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan organ-organ dalam tubuh kita. Meminum kopi dalam satu hari cukup 2-3 cangkir untuk merasakan manfaatnya. Namun, hal ini dengan catatan tidak ada penumpukan gula maupun krim pada tubuh.

Nah, seperti apa info lengkapnya? Berikut beberapa penjelasan mengenai manfaat kopi untuk kesehatan:

1. Minum Kopi Mampu Mengurangi Resiko Diabetes

Minum Kopi Mampu Mengurangi Resiko Diabetes

balihealthdigest.com

Kandungan zat asam klorogenat yang ada dalam kopi membantu kinerja pada peningkatan pembentukan insulin. Dari hasil penelitian di awal tahun 2012 menyebutkan bahwa mengkonsumi kopi setiap harinya akan terhindar dari diabetes sebesar 50%, hal ini diketahui dari journal of agricultural and food chemistry.

2. Minum Kopi Mampu Menurunkan Resiko Terkena Kanker

Minum Kopi Mampu Menurunkan Resiko Terkena Kanker

www.salusi.nl

Mengkonsumsi kopi diyakini memiliki kaitan dengan penurunan resiko terkena kanker usus besar, kanker lever, kanker payudara, kanker prostat. Antioksidan dalam kopi membantu menekan resiko gejala kanker pada tubuh.

Dari data hasil riset di Jepang pada sejumlah wanita yang mengkonsumsi kopi 2 kali sehari, resiko terjadinya kanker usus besar menurun sebesar 25%. Penelitian lain dilakukan di swedia pada tahun 2008. Seseorang yang mengkonsumsi kopi 2 sampai 3 cangkir tiap hari mampu menurunkan resiko terkena penyakit kanker.

3. Minum Kopi Mampu Membangkitkan Stamina dan Tenaga Ekstra

Minum Kopi Mampu Membangkitkan Stamina Dan Tenaga Ekstra

www.hartfamilychiro.com

Kopi memiliki kandungan zat kafein yang tinggi. Zat kafein tersebut bersaing dengan adenosine dalam tubuh. Adenosin merupakan senyawa dalam tubuh yang bekerja sebagai sel dengan menjadikan pergerakannya lebih lambat sehingga membuat tubuh tidak mudah lelah, ngantuk, dan muncul perasaan segar lebih lama.

4. Minum Kopi Mampu Meningkatkan Mood dan Mengatasi Perubahan Hati Serta Depresi

Minum Kopi Mampu Meningkatkan Mood Dan Mengatasi Perubahan Hati Serta Depresi

ghiboo.com

Mungkin anda tidak menyadari bahwa meminum kopi dapat membuat anda lebih ceria dan bergairah. Antioksidan dalam kopi membantu merangsang indera kita dalam meningkatkan kemampuan berkonsentrasi, dan juga kopi memberikan efek korelasi pada keceriaan.

Hasil penelitian dari Archives of Internal Medicine pada tahun 2011 mengungkapkan wanita yang mengkonsumsi 2 sampai 3 cangkir kopi setiap hari memiliki 15% resiko lebih kecil untuk terkena depresi dibandingkan dengan wanita yang tidak mengkonsumsi kopi sama sekali.

5. Minum Kopi Mampu Menjaga Kesehatan Mulut

Minum Kopi Mampu Menjaga Kesehatan Mulut

favim.com

Anti bakteri yang terdapat dalam kopi membantu menyembuhkan gigi berlubang, pembentukan plak, infeksi gusi serta menekan resiko terkena kanker mulut.

6. Kopi Mampu Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Alzheimer dan Demensia

Kopi Mampu Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Alzheimer Dan Demensia

www.linkedin.com

Penyakit Alzheimer adalah salah satu penyakit yang menyerang sebagian besar orang-orang yang telah berusia 65 tahun ke atas. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Radiological Society of North America pada tahun 2005 menemukan bahwa mengkonsumsi 2 cangkir kopi yang mengandung kafein dapat meningkatkan ingatan dan meningkatkan kecepatan reaksi seseorang.

Namun pada tahun 2007, hasil penelitian menyebutkan bahwa jika seseorang berusia 65 tahun ke atas mengkonsumsi 3 cangkir kopi selama satu hari dapat memiliki ingatan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan orang yang hanya mengkonsumsi 1 cangkir kopi setiap hari.

7. Minum Kopi Mampu Mengurangi Resiko Liver

Minum Kopi Mampu Mengurangi Resiko Liver

hepatitisnewstoday.com

Kopi ternyata teruji ampuh mampu mencegah kerusakan hati dan mencegah kerusakan hati lainnya, contohnya adalah penyakit liver. Kopi dapat mencegah kerusakan hati karena di dalam kopi terdapat kandungan antioksidan serta kafein yang tinggi.

8. Minum Kopi Mencegah Batu Ginjal

Minum Kopi Mencegah Batu Ginjal

www.thesuburban.com

Di sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard, menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi 4 cangkir kopi setiap harinya mampu mengurangi resiko terkena penyakit batu ginjal berkurang 25%. Selain itu penelitian serupa juga pernah dilakukan dan hasilnya sama.

9. Minum Kopi Mampu Mencegah Terserang Penyakit Jantung dan Menurunkan Resiko Stroke

Minum Kopi Mampu Mencegah Terserang Penyakit Jantung Dan Menurunkan Resiko Stroke

bestdentistnews.com

Kandungan yang terdapat dalam kopi dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan penyakit stroke. Hasil penelitian terbaru dilakukan oleh para peneliti dari University of California-San Fransisco yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi kafein tidak menyebabkan gangguan pada detak jantung.

Dari hasil analisis, sekitar 1.388 orang yang berusia rata-rata 72 tahun, dari jumlah tersebut 60% orang-orang mengkonsumsi kafein setiap harinya. Peneliti tidak menemukan bukti bahwa mengkonsumsi kafein dapat meningkatkan terjadinya penyakit gagal jantung, penyakit arteri coroner, bahkan kematian.

10. Minum Kopi Mampu Mempertajam Ingatan

Minum Kopi Mampu Mempertajam Ingatan

Pixabay.com

Peneletian dari Radiological of North America pada tahun 2005 menjelaskan bahwa mengonsumsi 2 cangkir kopi berkafein mampu memningkatkan ingatan jangka pendek dan jangka panjang serat kecepatan reaksi. Yang uniknya penelitian ini hanya berlaku untuk wanita saja, untuk pria reaksi tersebut tidak berlaku.

Demikian ulasan mengenai manfaat kopi untuk kesehatan tubuh. Ternyata selain rasanya yang khas dan enak dari kopi di dalamnya mengandung berbagai manfaat untuk tubuh. Semoga artikel kali ini dapat berguna dan bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply