6 Manfaat Vitamin A untuk Kesehatan Tubuh

Vitamin A – Ada banyak manfaat dari vitamin A bagi tubuh manusia sehingga kita butuh mengkonsumsinya setiap hari. Biasanya vitamin diperoleh dari sumber tanaman atau hewan. Kita membutuhkan nutrisi yang penting untuk mempertahankan fungsi-fungsi tubuh. Mereka memainkan peran integral dalam banyak fungsi tubuh. Ada banyak fungsi tubuh sehat yang juga memerlukan vitamin A.

Vitamin A biasanya disebut sebagai retinol dan membantu dalam berbagai fungsi tubuh yang sangat penting untuk perkembangan tubuh yang sehat dan menjadikannya berfungsi dengan baik. Lalu apa saja manfaat dari vitamin A ini? Berikut ulasannya:

Sumebr viamin A yang bermanfaat untuk tubuh

Sumber gambar: steadyrun.com

1. Menjaga Penglihatan tetap Baik

Vitamin A yang berfungsi dalam penyesuaian kinerja mata sesuai dengan perubahan cahaya. Hal ini dilakukan melalui membran mata yang lain seperti menjaga agar tetap lembab pada selaput lendir. Vitamin A ini diperoleh dalam jumlah banyak dari sumber nabati.

2. Melawan Radikal Bebas

Manfaat lain dari vitamin A adalah kemampuannya yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena antioksidan yang terkandung dalam vitamin A akan menetralisir dan akhirnya memberantas radikal bebas dalam tubuh.

Radikal bebas ini menyebabkan kerusakan jaringan tubuh dan sel dalam tubuh. Jadi vitamin A bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik.

3. Membantu dalam pembentukan Sel yang Menutupi Tubuh Manusia

Vitamin A membantu dalam pembentukan sel epitel yang membentuk bagian luar yang meliputi permukaan internal dan eksternal tubuh. Sel-sel tersebut menutupi organ-organ penting seperti paru-paru, hidung, seks organ, kornea dan kulit.

Vitamin A yang kaya akaan Manfaat

www.healthxchange.com.sg

4. Meningkatkan Visi di Daerah Blurry

Vitamin A juga berperan dalam pembentukan bahan kimia yang disebut sebagai ungu visual di mata. Kimia ini sangat membantu dalam visi dan penglihatan di cahaya minim. Kimia ini adalah yang bertanggung jawab pada mata untuk mencegah mata dari kekeringan yang mungkin akan menimbulkan pengembangan borok pada kornea mata.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat lain dari vitamin A dalam tubuh adalah untuk perkembangan normal dari gigi dan jaringan tulang. Dengan jumlah yang tepat vitamin A dalam tubuh, mereka membantu dalam fungsi dasar dari bagian tubuh dan akhirnya seluruh tubuh. Melalui proses-proses dan fungsi, metabolisme tubuh menjadi efisien, membantu dalam pertumbuhan dan kesehatan tulang.

6. Perlindungan Terhadap Penyakit

Vitamin A adalah komponen dari sistem kekebalan tubuh, membantu melawan penyebab penyakit patogen. Pengerasan jaringan tubuh terhadap kondisi lingkungan yang juga merupakan peran dan manfaat vitamin A dalam tubuh manusia.

Vitamin ini dapat diperoleh juga dari produk hewani seperti telur, daging, hati, produk susu, tomat, mentimun dan col. Buah-buahan segar seperti anggur dan melon bersama dengan sayuran merupakan tanaman sumber vitamin ini. Dianjurkan untuk menkonsumsi vitamin A yang bersumber dari tanaman karena kandungan kolesterol di dalamnya rendah

Leave a Reply