Cara Mencegah Penyakit Jantung Sejak Usia Dini

Cara mencegah serangan jantung – Apakah anda pernah mendengar istilah sudden death? Sudden death merupakan kematian mendadak yang biasanya disebabkan oleh penyakit jantung. Penyakit jantung yang banyak menyebabkan kematian mendadak ialah penyumbatan pembuluh darah atau aterosklerosis.

Aterosklerosis merupakan proses penumpukan lemak, kalsium, kolestrol dan bahan-bahan lainnya dalam pembuluh darah arteri. Penumpukan ini nantinya akan menimbulkan plak yang semakin hari akan membesar sehingga dapat mengganggu aliran darah di dalam pembuluh darah arteri.

Selain itu, karena hambatan ini nantinya akan menimbulkan masalah yang menyebabkan pembuluh darah menjadi pecah. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah.

Ada beberapa faktor yang tidak dapat dikendalikan oleh laki-laki, usia tua dan orang yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit jantung serta perempuan pasca menopause. Namun, semua risiko ini pada dasarnya dapat dicegah sedini mungkin, anda harus pandai mengontrol kebiasaan anda.

Terutama untuk anda yang masih di usia produktif seperti 20 tahun ke atas, ada baiknya mengetahui tips mencegah serangan jantung sejak dini agar di usia tua nantinya anda akan tetap sehat.

Cara Mencegah Penyakit Jantung

www.nlitn.in

Cara mencegah serangan jantung sejak usia dini yaitu dengan beberapa cara berikut ini:

Banyak bukti yang mendukung bahwa penyakit jantung berawal sejam masa anak-anak. Selain itu, faktor obesitas yang menimbulkan penyakit koroner, hipertensi dan dislipedimia dapat terjadi pada usia remaja bahkan anak-anak.

Sebab, ada hubungan antara obesitas, dislipedemia dan hipertensi dengan kejadian diabetes terhadap anak-anak. Karena hal itulah cara mencegah serangan jantung sejak dini merupakan hal yang tepat untuk dipahami apalagi untuk anda yang masih berusia muda.

Perhatikan aktivitas fisik

Olahraga merupakan hal yang tidak dapat ditinggalkan dalam membuat tubuh agar tetap sehat. Perbanyaklah aktivitas fisik anda setiap harinya, selain itu kurangi kegiatan santai dengan membatasinya selama 2 jam per hari. Lakukanlah aktivitas fisik dengan olahraga ringan minimal 60 menit perhari.

Perhatikan pola makan

Tips mencegah serangan jantung sejak dini ialah perhatikan pola makan anda. Selain itu dengan memperhatikan pola makan akan membuat berat badan anda agar tetap ideal, jagalah profil lemak yang ideal dan jaga tekanan darah anda agar selalu normal. Caranya ialah dengan:

  • Seimbangkan antara masukkan energi dan kebutuhan energi dalam tubuh.
  • Konsumsi buah dan sayuran setiap hari, hindari makanan cepat saji atau fast food yang tidak sehat.
  • Kurangi makanan atau minuman yang mengandung gula berlebih seperti jus, soda dan minuman berenergi.
  • Gunakan produk susu tanpa atau rendah lemak.
  • Perbanyak konsumsi ikan yang dikukus atau dipanggang.
  • Hindari makanan bergaram seperti snack gurih.
  • Hindari rokok

Rokok sudah diketahui oleh kebanyakan orang bahwa sangat berbahaya bagi kesehatan, namun bukan hanya kalangan usia muda saja yang mengabaikan pengetahuan ini. Namun, juga orang dewasa tidak mengabaikan dampak dari rokok ini. Hindarilah rokok apabila tidak ingin terkena penyakit jantung, selain itu hindari juga perokok pasif dengan cara:

  • Jangan pernah merokok apabila belum pernah merokok.
  • Hindari paparan rokok
  • Hentikan merokok bagi perokok

Itulah cara mencegah serangan jantung sejak usia dini dengan serangkaian cara sederhana. Semua cara tersebut sangat mudah diterapkan tergantung dari bagaimana anda meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut.

Leave a Reply