Tips Menjaga Keamanan Rumah Saat Ditinggal Mudik Lebaran

Horee!!!! mudik lagi!!!. Kata-kata tersebut tentunya hampir tiap tahun menjadi ungkapan bagi umat muslim yang melakukan tradisi tahunan untuk mudik lebaran. Tak terkecuali saya sendiri.

Tradisi mudik tidak selamanya menyenangkan! Terjadinya kasus pencurian ataupun kebakaran pada saat ditinggal mudik sering terjadi akhir-akhir ini. Untuk mengurangi terjadinya hal tersebut, memberikan beberapa tips untuk memastikan keamanan rumah tetap terjamin.

1. Pastikan pintu dan jendela rumah terkunci dengan baik. Pintu dan jendela merupakan faktor penting untuk menjamin keamanan rumah. Sebaiknya pintu dan jendela menggunakan kunci yang tidak mudah di rusak menggunakan peralatan seperti obeng ataupun kawat. Lebih baik lagi jika menggunakan kunci ganda.

2. Jangan simpan kunci pada tempat yang mudah ditebak oleh pencuri. Berdasarkan informasi yang saya dapat, masyarakat Indonesia terbiasa menyimpan kunci rumah dibawah alas kaki atau didalam pot tanaman di teras rumah. Mungkin secara kemudahan dalam mobilisasi kunci cukup baik namun hal tersebut mudah ditebak oleh pencuri sehingga sangat berbahaya.

Untuk lebih menjamin penyimpanan kunci, sebaiknya kunci dititipkan pada tetangga terdekat yang dapat dipercaya untuk memegangnya dan mintalah sesekali mengontrol isi rumah. Jangan lupa minta nomor telepeon untuk dihubungi jika diperlukan.

3. Matikan sumber listrik yang tidak diperlukan. Pastikan peralatan seperti kulkas, lampu, televisi, dan lainnya telah diputus dengan sumber arus listrik. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya kebakaran akibat konsleting listrik.

4. Lepaskan selang penghubung kompor dan tabung gas. Penyebab utama terjadinya kebakaran adalah terjadinya ledakan kompor gas. Untuk memastikan keamanan agar tidak terjadi ledakan gas, pastikan selang antara kompor gas dan tabung gas telah di lepas sehingga kondisi katup tabung dalam kondisi tertutup.

5. Buatlah kesan rumah masih berpenghuni. Letakkan sandal didepan pintu rumah, agar terkesan masih ada penghuni rumah yang tinggal. Jika perlu lampu teras depan dinyalakan secara otomatis pada malam hari agar tetap terlihat berpenghuni.

Jangan biarkan kondisi rumah dalam gelap gulita pada malam hari. Jika perlu nyalakan radio dengan suara cukup agar meragukan niat pencuri yang akan melakukan aksinya.

6. Sewa orang untuk menjaga rumah. Jika faktor di atas dirasa masih kurang menjamin keamanan. Tidak ada salahnya jika menyewa orang untuk menjaga rumah selama mudik lebaran. Tentu saja harus menyiapkan budget tambahan untuk biaya tersebut

Semoga!! Beberapa tips di atas dapat memberikan solusi keamanan rumah kita pada saat mudik lebaran. Hati-hati dijalan dan semoga menyenangkan.

Leave a Reply