Cara Mengobati Rematik Menggunakan Bahan Alami

Penyakit asam urat adalah penyakit yang ditimbulkan karena banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin yang berlebihan. Jika mengkonsumsi zat purin yang berlebihan maka akan terjadi peningkatan kadar asam urat yang terjadi di dalam tubuh. Zat purin itu melalui proses metabolisme dan kemudian berubah menjadi asam urat.

Jika mengkonsumsi zat purin yang berlebih dalam tubuh akan mengakibatkan ginjal yang tak mampu mengeluarkan zat purin tersebut sehingga akan menimbulkan penumpukan, biasanya penumpukan itu terjadi pada persendian. Penumpukan inilah yang dapat mengakibatkan rasa nyeri, panas, peradangan dan juga akan timbul bengkak. Jika sudah parah atau akut biasanya akan menimbulkan tulang keropos ataupun pengapuran sendi.

Di sisi lain ada satu lagi penyakit yang terjadi pada persendian yaitu penyakit arthritis atau yang biasa disebut sebagai penyakit rematik. Penyakit ini terjadi karena adanya peradangan pada satu atau lebih pada persendian yang muncul secara tiba-tiba dan selanjutnya akan terjadi pembengkakan pada persendian.

Gejala-gejala yang timbul jika terkena penyakit rematik adalah timbulnya bengkak, rasa sakit pada persendian, nafsu makan hilang, keringat berbau, sembelit, jika buang air kecil kurang dan sangat asam, dan juga mengalami kaku pada persendian.

Cara Mengobati Rematik Secara Alami

Sumber gambar: www.rahasiasehat.net

Secara umum penyakit rematik dan asam urat meskipun penyakit ini berbeda namun dapat diatasi dengan obat kimia. Obat-obatan itu yaitu obat anti inflamasi non-steroid (OAINS) yang berfungsi untuk mengurangi nyeri sendi akibat peradangan, obat kortikosteroid sebagai anti radang dan dapat menelan reaksi imun.

Obat pengubah perjalanan penyakit rematik reumatoid obat ini yang selalu ada jika ada seseorang yang divonis menderita penyakit rematik. Obat imunorepresif obat ini berfungsi untuk menekan reaksi imun. Suplemen antioksidan ini adalah suplemen yang diperoleh dari asupan mineral dan vitamin yang berfungsi mengobati penyakit rematik.

Selain lima obat tersebut masih ada banyak lagi obat kimia lainnya. Tapi tentunya obat kimia yang kita konsumsi lama kelamaan akan berdampak tidak baik untuk tubuh. Namun di sini kita akan memberikan informasi kepada anda bagaimana cara cepat mengobati asam urat dan rematik menggunakan resep alami.

Berikut cara cepat mengobati asam urat dan rematik menggunakan resep alami

1. Jahe

Cara cepat mengobati asam urat dan rematik menggunakan resep alami Cengkeh

Sumber gambar: alami.blogspot.com

Jahe merupakan bahan rempah-rempah yang banyak manfaatnya salah satunya adalah dapat menjadi obat herbal mengatasi penyakit asam urat dan rematik. Cara menggunakan jahe tersebut cukup mudah, berikut ini cara mengolah jahe untuk dijadikan obat Asam urat dan Rematik.

  1. Siapkan jahe sebesar 2 ibu jari
  2. Kemudian potong-potong jahe tersebut dan agak diremukkan
  3. Rebus jahe dengan 1 gelas air dan tambahkan sedikit gula dan madu murni
  4. Jika air sudah mendidih maka matikan api dan ramuan itupun siap diminum
  5. Minumlah setiap hari agar dapat hasil maksimal

2. Akar Pepaya

Cara Mengobati Rematik Secara Alami

Sumber gambar: www.panoramio.com

Bahan ini ternyata dapat anda jadikan referensi untuk anda yang memiliki penyakit rematik. Dan andapun dapat meraciknya sendiri di dapur dengan mudah.

  1. Siapkan 5 potong akar pepaya gantung yang berukuran sekitar jari
  2. Cuci hingga bersih dan potong kecil kecil
  3. Kemudian tambah dengan lengkuas yang sudah dihaluskan sebanyak 3 sendok makan
  4. Rebus bahan bahan tadi dengan 4 gelas air hingga mendidih dan tersisa sekutar 3 gelas saja
  5. Tambahkan sedikit gula arem
  6. Dan ramuan tersebut siap diminum, minumlah sebanyak 3x sehari dan sekali minum setengah gelas saja

3. Cengkeh

Cara mengobati sakit reumatik dengan cengkeh

Sumber gambar: sehatplan.com

Cengkeh merupakan tanaman tahunan yang dapat tumbuh dengan tinggi 10-20 m, daun mempunyai bentuk lonjong dan pada pucuk-pucuknya terdapat bunga atau  berbunga. Tangkai buah pada awalnya berwarna hijau, dan berwarna merah, bila bunga tersebut sudah mekar. Yang diambil dari tanaman cengkeh adalah bunganya, dan bunga cengkeh bergerombol mulai tiga sampai sepuluh tangkai, di mana setiap tangkai tersebut berisi tiga kuntum bunga.

Cengkeh yang siap untuk dipanen yaitu jika sudah mencapai panjang 1,5-2 cm. Siapa sangka rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan ini ternyata juga bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati rematik dan asam urat menggunakan resep alami . Caranya pun juga mudah yaitu :

  1. Tumbuk cengkeh yang dicampur dengan jahe dengan takaran yang sama
  2. Oleskan tumbukan tersebut pada bagian persendian yang terasa sakit dan nyeri
  3. Lakukanlah secara rutin setiap hari

4. Kulit manggis

Cara Mengobati Rematik Secara Alami

Sumber gambar: kapsulkulitmanggis.org

Kulit buah manggis mengandung banyak kandungan bermanfaat salah satunya adalah mengandung xanthone, zat antioksidan yang dapat menjaga dan melindungi tubuh dari radikal bebas sehingga tubuh akan tetap sehat. Sejumlah  penelitian menunjukkan, senyawa ini memiliki sifat sebagai anti-bakteri, anti-kanker, anti-diabetes, anti-peradangan,  anti-fungi, dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh serta menjaga kesehatan jantung.

Saat ini sudah banyak sekali produk ekstrak kulit manggis yang terdapat di pasaran, jadinya kita bisa dengan mudah menemukan ekstrak kulit buah manggis. Kulit manggis memang terkenal dapat menyembuhkan bermacam-macam penyakit, termasuk juga penyakit rematik dan asam urat.

Berikut cara mengolah kulit manggis.

  1. Siapkan kulit manggis yang sudah diiris tipis dan keringkanlah
  2. Jika sudah kering anda dapat menyeduhnya dengan menggunakan air panas
  3. Tungggu hingga airnya berubah warna dan air sudah tidak terlalu panas lalu minumlah
  4. Cara cepat mengobati asam urat dan rematik menggunakan kulit manggis

Pada dasarnya bahan rempah-rempah yang anda gunakan untuk memasak dan sering anda temui di dapur ini dapat bermanfaat untuk anda. Dan itulah tadi beberapa cara mengobati asam urat dan rematik menggunakan resep alami dari saya. Semoga dapat bermanfaat dan anda yang mengalami sakit rematik ataupun asam urat dapat sembuh dan kembali sehat seperti sedia kala.

Leave a Reply