Berbagai Panganan Lezat Olahan dari Buah Nangka

Buah Nangka. – Buah Nangka sudah bukan hal yang asing buat kita, karena hampir diseluruh wilayah tropis seperti di Indonesia ini, buah nangka dapat tumbuh dengan baik.

Namun, tahukah anda bahwa buah nangka mempunyai potensi untuk dikembangkan menjadi berbagai macam panganan. Yang tentu saja berbagai hasil olahan menjadi panganan tersebut menjadi suatu peluang bisnis yang bagus. Berbagai panganan olahan buah nangka tersebut antara lain.

1.. Keripik Buah Nangka

Buah Nangka dapat diolah menjadi keripik yang krispy dan kering. Rasanyapun sangat gurih. Akhir-akhir ini telah ada yang mengembangkan kripik dari nangka ini, namun masih terbatas di daerah jawa tengah dan jawa timur. Tentu saja hal ini masih terbuka peluang untuk daerah lain untuk membuat kripik dari nangka.

2. Biji Buah Nangka Dibuat Keripik dan Kacang-kacangan

Biji buah Nangka juga dapat digunakan sebagai kripik ataupun diolah secara utuh seperti kacang-kacangan. Peluang bisnis untuk biji Nangka ini masih sangat sedikit, jadi sangat potensial sekali untuk dikembangkan. Biji Nangka yang digunakan usahakan dari buah yang sudah tua, sehingga terasa lebih gurih.

3. Buah Nangka Dijadikan Sayur

Buah Nangka digunakan sebagi bahan utama sayur. Untuk hal ini sudah tidak asing lagi, apalagi jika sudah pernah berkunjung ke Jogjakarta dan makan dengan sayur yang dinamai Gudeg Jogja, Enak sekali deh. Biasanya jika disayur ditambahkan dengan bahan lain seperti daging ataupun telur masak bulat.

Bicara potensi yang bisa dikembangkan lagi dari sayur Nangka? Tentu saja sudah sedikit sulit karena hampir setiap tempat makan telah menyajikan panganan jenis ini. Namun jika lebih inovasi sedikit, misalnya sayur nangka di beri campuran emping goreng, saya rasa akan lebih menarik.

4. Buah Nangka untuk Es Buah

Buah Nangka digunakan untuk campuran Es buah atau Juice Nangka. Ini juga sudah dapat ditemui dimana-mana, biasanya di perkotaan yang penduduknya sangat sibuk dan kondisi cuaca panas.

Namun akhir-akhir ini, sejalan dengan pengembangan industri keluar dari pusat kota, maka bisnis panganan dengan kelengkapannya seperti Es campur dan Juice Nangka menjadi terbuka lebar karena pergerakkan penyebaran penduduk biasanya mengikuti perkembangan industri.

5. Keripik Serabut Buah Nangka

Keripik dari serabut buah nangka. Potensi bisnis dari serabut buah Nangka hingga saat ini masih sebatas di informasikan oleh ahli kuliner. Secara aktual saya belum memakannya. Namun bagi yang melihat hal ini sebagai peluang bisnis, tidak ada salahnya untuk dicoba.

Secara umum, buah Nangka sudah menjadi makanan sehari-hari, namun tentunya, dengan pesatnya kemajuan jaman maka agar tetap bertahan dalam menjalankan bisnis tentu saja dituntut inovasi-inovasi yang mengikuti perkembangan jaman seperti halnya pangan dari bahan buah Nangka diatas.

Sekian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

%d bloggers like this: