15 Pantai Indah di Jogja dengan Suasana yang Alami

Pantai Jogja – Pasti anda sudah tahu tentang Jogja bukan? Jogja memiliki banyak sekali tempat menarik yang bisa dikunjungi. Dari bangunan sejarah yang eksotis, kulinernya yang begitu nikmat, tempat rekreasi yang begitu mengasyikan, dan jangan sampai ketingglan tentang pantainya yang begitu indah.

Saya akan berbagi pengalaman dengan anda, terutama anda yang sudah menyiapkan rencana untuk berlibur di Jogja bersama keluarga atau teman-teman tercinta anda. Berikut 15 pantai yang ada di Jogja yang bisa anda kunjungi :

1. Pantai Parangtritis

Pantai di Jogja Pantai Parangtritis

google.com

Pantai Parangtritis merupakan pantai yang paling terkenal di jogja. Pantai ini terletak 27 km selatan Kota Jogja. Dapat dicapai dengan transportasi umum yang beroperasi hingga sore hari sekitar jam 17.00 WIB maupun dengan kendaraan pribadi.

Kita dapat bersenang-senang dengan banyak cara di pantai ini, seperti berenang di pantai, kita dapat juga menyewa ATV (All-terrain Vehicle) dengan tarif Rp 50.000 – 100.000 per setengah jam, bisa juga menaiki kereta kuda berkeliling menyusuri pantai ini dan masih banyak lagi yang bisa anda coba di sana.

Di saat matahari mulai terbenam beberapa penjual jagung bakar akan menggelar tikar di pinggir pantai, di sana anda bisa menikmati hembusan angin dan suara ombak sambil menyantap jagung bakar. Di sekitar pinggir pantai tersedia puluhan losmen dan penginapan jika anda butuh tempat beristirahat.

2. Pantai Indrayanti

Pantai di Jogja Pantai Indrayanti

google.com

Pantai Indrayanti disebut juga Pantai Pulang Sawal. Pantai Indrayanti menjadi pantai yang menjadi salah satu pantai terindah di Jogja. Dengan hamparan pasir putihnya yang membentang dari timur ke barat, menyimpan pesona yang luar biasa.

Pantai Indrayani terletak di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung kidul. Di sini kebersihan pantai sangat terjaga, bahkan diberlakukan aturan denda bagi yang ketahuan buang sampah sembarangan. Jadi jangan sembarangan buang sampah di obek wisata ini ya ataupun di obyek wisata manapun.

3. Pantai Pok Tunggal

Pantai di Jogja Pantai Pok Tunggal

google.com

Pantai ini terletak di Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Pantai yang sayang kalau dilewatkan. Pantai Pok Tunggal berupa hamparan perbukitan karang yang mengelilingi pantai, seakan memisahkan Pantai Pok Tunggal dari dunia luar.

Pantai Pok Tunggal tempatnya masih alami dan belum banyak turis yang berkunjung. Jadi suasana yang masih alami akan dapat anda rasakan di sini. Pantai Pok Tunggal masih satu kawasan dengan Pantai Indrayanti dan Pantai Siung, bersebelahan dengan Pantai Seruni dan Pantai Watu Lawang.

4. Pantai Baron

Pantai di Jogja Pantai Baron

kompasiana.com

Pantai Baron terletak di Kabupaten Gunungkidul.  Pantai yang indah untuk dikunjungi. Panorama yang masih alami merupakan salah satu keunggulan dari pantai ini.

Para pengunjung yang datang bisa menghabiskan waktu mereka dengan berbasah-basahan di pantai. Tidak perlu kwatir terseret ombak, karena pihak pengelola sudah memberi pembatas untuk menandai wilayah mana saja yang aman dikunjungi. Pantai Baron dengan ombak yang menyenangkan bagi pengunjung menjadi daya tarik tersendiri.

5. Pantai Siung

Pantai di Jogja Pantai Siung

google.com

Pantai Siung terletak di Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. diberi nama Pantai Siung karena salah satu karangnya yang menjorok ke laut mirip dengan Siung Wanara atau gigi taring kera.

Pantai Siung menjadi surganya para pecinta olahraga panjat tebing. Pantai ini dikelilingi oleh tebing yang curam. Anda bisa melihat pemandangan laut yang elok bila mendaki bukit. Di pantai ini terdapat sekitar 250 jalur panjat tebing. Keren kan!

6. Pantai Drini

Pantai di Jogja Pantai Drini

Panduanwisata.id

Pantai Drini terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul. Keistimewaan dari pantai Drini adalah sebuah pulau kecil di tengah-tengah pantai. Dengan keberadaan pantai ini membuat Pantai Drini seakan terbagi menjadi dua bagian.

Di bagian sisi timur pantai terdapat barisan tebing yang seakan menghadang ombak, terpadu dengan keindahan pulau karang. Air disini lebih tenang dan memungkinkan bagi anda untuk berenang. Sedangkan di bagian sisi barat pantai , anda bisa melihat jajaran perahu bercadik di pinggir pantai. Ombak yang besar membuat peraiaran di sisi barat terlihat ganas.

7. Pantai Wedi Ombo

Pantai di Jogja Pantai Wedi Ombo

Wisatajawa.co.id

Pantai Wedi Ombo terletak di ujung timur-selatan Yogyakarta. Pantai ini terdiri hamparan luas pasir putih dengan kombinasi bebatuan. Tempat yang tepat bagi anda untuk menjadi pilihan rehat di waktu liburan.

Biasanya setahun sekali di pantai ini diadakan upacara tradisional Ngalangi. Dalam upacara Ngalangi, penduduk Wedi Ombo akan mengambil akar pohon yang disebut “Wawar” dari Kedungdowok bukit dan bersama-sama menariknya ke laut untuk digunakan sebagai jaring ikan.

Di dekat Pantai Wedi Ombo terdapat Pantai Gremeng dan Pantai Jungwok serta Pulau Kalong.  Pulau Kalong merupakan pulau kecil yang dihuni ribuan kelelawar. Jika anda berkunjung pada musim yang tepat, di Pantai Wedi Ombo ini akan banyak Landak laut dan Kerang yang bahkan kita bisa meminta warung warung di pinggir pantai untuk memasaknya.

8.  Pantai Sepanjang

Pantai di Jogja Pantai Sepanjang

Fajarindra.web.id

Pantai ini memiliki hamparan pasir yang sangat panjang, karena itulah pantai ini disebut dengan Pantai Sepanjang. Pantai ini terletak hanya beberapa kilometer dari Pantai Sundak. Pantai Sepanjang sangatlah indah, selain itu bisa juga digunakan untuk berselancar.

Kalau diperhatikan, Pantai Sepanjang sangat mirip dengan Pantai Kuta Bali. Namun Pantai Sepanjang masih sangat alami, belum terdapat cafe ataupun hotel di pantai ini. Dan di Pantai Sepanjang ini anda bisa membawa kerajinan hiasan kerang untuk dibawa pulang.

9. Pantai Kukup

Pantai di Jogja Pantai Kukup

ulaswisata.com

Pantai Kukup berada di Kecamatan Tanjungsari. Letaknya dekat dengan pantai Baron dan Pantai Krakal. orang menyebut ketiga pantai ini sebagai trio pantai. Ketiga pantai ini sering dijadikan satu tujuan dalan perjalanan liburan.

Pantai Kukup memiliki pasir putih yang lembut.Keunikan yang lain karena adanya keberadaan sebuah batu karang besar yang menjolok ke lautan. Batu karang tersebut bila dilihat akan terlihat mirip dengan yang ada di pantai Tanah Lot yang berada di Bali.

10. Pantai Krakal

Pantai di Jogja Pantai Krakal

google.com

Sama seperti pantai Kukup, Pantai ini berada di Kecamatan Tanjungsari. Pantai Krakal memilik pemandangan yang indah dengan pasir putih dan ombah yang tidak terlalu besar. Sebagian besar pantai Krakal terdapat batu-batu karang tempat ikan-ikan bersembunyi.

Ombak di pantai ini cukup bersahabat, sehingga menjadikan pantai cukup ramai. Hotel dan restoran sudah banyak dibangun di sekitar pantai. Jadi anda bisa beristirahat mengahabiskan malam di sekitar pantai.

11. Pantai Sundak

Pantai di Jogja Pantai Sundak

google.com

Pantai Sundak adalah salah satu pantai yang memiliki nilai sejarah di Jogja. letaknya masih di kecamatan Tepus, tepatnya di Desa Sidoharjo. Asal nama “Sundak”, konon pada jaman dulu ada seekor anjing piaraan yang bermain-main di dalam goa. Di goa tersebut anjing itu bertemu dengan seekor landak. Karena kelaparan anjing tersebut lalu ingin memakan landak tersebut dan terjadilah perkelahian antara keduanya. Singkatnya si anjing yang menang dan anjing tersebut memakan landak tersebut.

Perbuatan tersebut diketahui oleh si pemilik anjing, dan akhirnya dia mengecek ke dalam goa. Si pemilik anjing heran menemukan anjingnya basah kuyub, lalu dia mengajak warga untuk memeriksa goa tersebut. Kemudian ditemukanlah sumber mata air bersih yang menjadi sumber penghidupan warga sekitar. Sejak saat itu, kawasan ini dinamai dengan Pantai Sundak. Yang merupakan kependekan dari asu (anjing) dan landak. Sebelum dinamai Pantai Sundak pantai itu bernama Pantai Wedibelah.

12. Pantai Ngobaran

Pantai di Jogja Pantai Ngobaran

kompasiana.com

Pantai Ngobaran berada di Desa Kanigoro, Saptosari. Pantai ni memiliki pasir putih yang berpadu dengan air biru. Selain itu pesona yang lain adalah kebudayaannya. Pantai ini memiliki 4 buah tempat ibadah untuk 4 kepercayaan yang berbeda, dimana keempat bangunan tersebut dibangun berdekatan.

Salah satu tempat ibadah yang paling jelas adalah sebuah bangunan mirip pura lengkap dengan patung dewa berwarna putih. Konon, bangunan tersebut dibangun pada tahun 2003 untuk menyambut Brawijaya V, salah satu keturunan Majapahit.

Di pantai ini juga terdapat masjid yang menghadap ke selatan (menghadap pantai). Tapi oleh pengelola sudah diberi petunjuk arah kiblat agar pengunjung tidak salah kiblat.

13. Pantai Sadranan

Pantai di Jogja Pantai Sadranan

blogspot.com

Apabila kita ingin ke Pantai Sadranan, butuh 2 jam dari kota Jogja untuk sampai kesana. Pantai yang indah ini masih cukup sepi. Pasir pantainya berwarna putih serta air pantainya berwarna biru. Disini anda bisa melakukan apa saja yang kalian inginkan. Pantai terdekatnya adalah pantai Drini.

14. Pantai Depok

Pantai di Jogja Pantai Depok

bp.blogspot.com

Pantai ini terletak di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Jogja. Di pantai ini selain dapat menikmati pantainya yang indah anda juga dapat menikmati berbagai hidangan hasil laut. Pantai  Depok lebih dikenal sebagai pusat jajan ikan lautnya. Berbagai jenis ikan laut tersedia di sini, dan pastinya harganya yang terjangkau.

15. Pantai Ngrenehan

Pantai di Jogja Pantai Ngrenehan

google.com

Pantai terletak di sebelah timur pantai Ngobaran. Dipantai ini anda bisa menikmati indahnya pemandangan bukit-bukit kapur. Pasir di pantai ini sangat putih dan bersih. Di pantai ini anda dapat juga melihat banyak perahu nelayan yang digunakan nelayan setempat untuk mencari ikan.

Di setiap bulan purnama pada hari raya Nyepi umat Hindu, di pantai ini diadakan sebuah upacara Melasti. Di pantai ini juga anda dapat melihat aktivitas nelayan lebih dekat, seperti memperbaiki perahu, merajut jaring ataupun menangkap hasil tangkapan.

Itulah pantai-pantai yang sangat indah yang berada di daerah Jogja. Pantai Jogja yang sangat disayangkan kalo dilewatkan bersama kelurga atau teman-teman anda.

Leave a Reply