Pantai Indrayanti dengan pemandangan yang Indah dan Alami

Pantai Indrayanti merupakan sebuah pantai pasir putih yang terletak di kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai yang dikelilingi pegunungan hijau ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Berbeda dengan pantai lain di Yogyakarta, Pantai Indrayanti justru tampak asri dan bersih, bahkan tidak sedikitpun telihat sampah berserakan dimana-mana.

Hal itulah yang menjadikan Pantai Indrayanti kawasan wisata paling populer akhir-akhir ini. Bahkan konon keindahan pantai ini mampu mengalahkan keeksotisan Pantai Parangtritis yang sudah sekian lebih dulu diresmikan sebagai area wisata pantai di Yogyakarta.

Pantai Indrayanti, begitulah para pengunjung dan masyarakat Gunung Kidul menyebutnya. Sejatinya nama ‘Indrayanti’ bukan merupakan nama pantai sebenarnya.

Pantai Indrayanti Yogyakarta

www.penabiru.com

Nama Indrayanti sebetulnya merupakan nama pemilik restoran dan café yang cukup terkenal di kawasan wisata pantai tersebut. Pemilik café yang bernama ‘Bu Indrayanti’ mengaku tidak masalah dengan penggunaan namanya yang secara tidak sengaja menjadi julukan nama sebuah pantai. Sementara pihak pemerintah menamai pantai pasir putih tersebut dengan nama Pantai Pulang Syawal.

Pantai Indrayanti menjadi sangat menarik karena pemandangan alam di sekitarnya. Sederet batu-batu karang pun mampu menambah keeksotisan pantai ini, ditambah lagi warna air lautnya yang sangat jernih. Selain itu Anda juga dapat menjumpai beberapa macam hewan laut yang hidup di rawa-rawa tepi pantai.

Berbagai macam jajanan dan area kuliner pun juga tak luput untuk dihadirkan. Sejumlah restoran, café, pusat pernak-pernik dan resort pun dapat Anda jumpai disana. Beberapa restoran bahkan sengaja diletakkan di area terbuka tepi pantai untuk menyuguhkan suasana dinner romantis sepanjang malam. Ditemani lampu-lampu resto yang cantik sambil memandangi indahnya lautan lepas, sungguh pengalaman bersantap yang tak terlupakan.

Sementara di siang hari, Anda juga berkesempatan adu surfing dan menceburkan diri ke dalam lautan lepas. Anda juga dapat menikmati sensasi jajanan tepi pantai di siang hari. Terdapat es degan, dawet gula jawa dan juga berbagai macam minuman kemasan yang dapat menghilangkan dahaga Anda seusai beraktivitas.

Namun Anda juga harus ekstra hati-hati sebab Anda akan dikenakan denda jika kedapatan membuang kaleng bekas minuman atau sampah lainnya secara sembarangan di tepi pantai. Pengelola pantai akan meminta Anda membayar Rp.10.000,- untuk setiap sampah yang Anda buang secara sembarangan di tepi pantai ini. Dengan adanya peraturan itu, tak heran jika Pantai Indrayanti menjadi pantai paling bersih, asri dan bebas dari polusi.

Sementara di hari senja, pemandangan sunset pun tak luput dari perhatian Anda. Di beberapa titik langit akan terlihat beberapa ekor burung bangau berterbangan menuju arah selatan. Di saat seperti inilah matahari mulai menyingsing di ujung lautan. Nikmati momen-momen pemandangan sunset di sore hari dengan beberapa jepretan kamera terfokus pada sudut pantai.

Sungguh sebuah pengalaman yang menarik menilik keindahan Pantai Indrayanti ,Gunung Kidul. Oleh karena itu apabila Anda berkesempatan mengunjungi Gunung Kidul, tak ada salahnya jika Anda singgah sejenak ke Pantai Indrayanti.

Leave a Reply