5 Peluang Bisnis dan Usaha yang Menjajikan di Masa Depan

Saat ini pertumbuhan ekonomi di Indonesia cukup baik dibandingkan dengan negara – negara di Asia lainnya. Pertumbuhan ekonomi yang cukup baik tersebut membuat investor asing ramai-ramai menanamkan modalnya di Indonesia, yang berarti pula bahwa persaingan untuk merebut pasar di Indonesia semakin berat.

Terutama bagi pengusaha Indonesia mengingkat biasa listrik dan BBM yang saat ini sudah sangat tinggi. Akibatnya, gempuran produk impor dari luar negeri terus membanjiri pasar domestik. Yang peningkatan dari tahun ke tahun pertumbuhannya melebihi peningkatan eksport Indonesia ke luar negeri.

Maka ancaman buruk terhadap pengusaha lokal sangatlah besar, apalagi jika usaha yang dikembangkannya kurang kompetitif, sudah pasti akan gulung bangkrut seperti halnya beberapa pabrik tekstil yang tutup karena gempuran pakaian impor murah dari china.

Namun setidaknya masih ada beberapa bisnis yang potensinya masih sangat baik di masa yang akan datang, yang dapat kita kembangkan karena potensi persaingan dipasar masih cukup kecil. Bisnis tersebut antara lain:

1. Bisnis Kelapa Sawit

Saat ini Indonesia termasuk penghasil minyak kelapa sawit terbesar didunia. Mengingat kelapa sawit hanya dapat dikembangkan dengan baik pada daerah tropis maka persaingan untuk bisnis kelapa sawit masih menguntungkan dan berpotensi meningkat dari tahun ketahun.

Karena kebutuhan pangan didunia semakin meningkat. Selain itu juga harga minyak kelapa sawit yang terus naik juga menggambarkan pasar yang terus meningkat.

2. Bisnis Makanan Siap Saji

Bisnis makanan di Indonesia masih memberikan ruang bagi UKM di lokal untuk terus berkembang. Walaupun ada gempuran dari restoran cepat saji yang saat ini hingga ke daerah, namun pertumbuhan pada pengusaha lokal masih lebih besar karena orang Indonesia lebih cenderung terbiasa makan makanan khas daerah masing-masing.

Kunci dari bisnis makanan yaitu harus memiliki citarasa tersendiri sebagai daya tarik utama ke pelanggan, tanpa adanya ciri khas tertentu maka akan sulit diterima pasar.

3. Bisnis Online

Pertumbuhan pengguna internet yang luar biasa di Indonesia merupakan potensi bisnis baru yang layak diperhitungkan. Bahkan sejak adanya Facebook dan Twitter menjadikan Indonesia termasuk pengguna internet lima besar didunia.

Potensi bisnis online sangat baik dikembangkan pasa sektor jejaring sosial sebagai dasar pembentukan market. Walaupun sudah ada Facebook dan situs lainnya, namun situs yang bersifat lokal akan lebih mengerti akan keinginan penggunanya di Indonesia.

4. Bisnis Pariwisata dan Tenant

Indonesia merupakan negara yang potensi pariwisata tercantik didunia karena banyaknya keaneka ragaman pulau dan spesies tanaman serta hewan. Potensi tersebut membuat pariwisata dari tahun ketahun terus meningkat.

Semakin banyaknya para turis lokal maupun asing untuk berwisata tentu saja menciptakan tenant-tenant baru untuk memenuhi kebutuhan turis selama berwisata tersebut. Maka, kesempatan untuk terjun bisnis dalam pariwisata masih sangat terbuka.

5. Industri Kreatif

Bisnis bidang industri kreatif di Indonesia masih sangat sedikit sehingga untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri masih impor dari negara china. Peluang usahanya sangat memungkinkan selama harganya dapat bersaing dengan produk china yang terkenal sangat murah.

Itulah peluang bisnis di masa depan. Masih banyak lagi peluang yang lain, namun setidaknya 5 hal tersebut merupakan peluang yang masih sangat besar untuk dikembangkan.

Leave a Reply