Cara Memilih Bisnis yang Cocok dengan Kemampuanmu

Saat ini Indonesia sedang dalam fase perubahan dari masyarakat yang selama ini bangga sebagai karyawan berubah menjadi pebisnis muda. Setidaknya fase tersebut mengikuti jejak Cina dan India yang telah sukses menjadi negara yang berkembang pesat karena berhasil dalam meningkatkan sumber daya manusianya menjadi berjiwa wirausaha.

Namun perubahan tersebut sebenarnya tidaklah mudah, tanpa adanya skill atau kemampuan yang cukup maka cita-cita menjadi usahapun bisa sia-sia.

Berikut ini merupakan beberapa cara memilih bisnis yang tepat agar usaha yang dilakukan tidak sia-sia.

1. Kenali Kelebihan dan Kekurangan Diri

Sebelum menentukan pilihan bisnis yang akan ditekuni, sebaiknya kenali dahulu kelebihan dan kekurangan diri. Hal ini penting untuk sukses atau tidaknya bisnis yang dijalankan. Idealnya adalah bisnis yang diambil merupakan bagian dari sisi kelebihan yang dipunyai sehingga kita merasa lebih mudah melakukannya tanpa terbebani.

2. Kenali Hobby Positif Anda

Istilah hobby positif diambil karena saat ini hobby cenderung berisikan hal-hal yang disukai saja. Kegiatan seperti ke club malam juga telah disebut sebagai hobby. Hobby yang positif yaitu hobby yang didalamnya terdapat nilai ekonomisnya. Sehingga dengan kita melakukan hobby tersebut sekaligus menambah nilai finansial.

Yang lagi ngetrend adalah hobby berbelanja. Belanja merupakan kegiatan yang sebenarnya tidak baik secara finansial, namun tunggu dulu. Bagaimana kalau kita belanja kemudian dijual kembali? woww tentu akan berbalik menjadi menguntungkan secara finansial.

Apapun hobby positif anda, lakukan dan temukanlah jalan untuk mendapatkan nilai finansial melalui hobby tersebut.

3. Pilih Bisnis yang OUTPUT Sekecil Mungkin

Dalam bisnis terdapat istilah INPUT dan OUTPUT. Input merupakan semua aliran dana yang masuk atau keuntungan sedangkan output merupakan dana yang digunakan untuk melakukan bisnis tersebut.

Jika Input dan Output marginnya terlalu tipis maka janganlah bermain di bisnis tersebut. Pilihlah yang Outputnya sekecil mungkin.

4. Bisnis Karena Ikhlas Menolong

Bisnis sebenarnya merupakan menyediakan kebutuhan yang diperlukan oleh orang lain maka, apapun yang kita tawarkan harus didasarkan pada keuntungan bagi pembelinya ataupun istilah lainnya Bisnis Menolong.

Semua orang pasti senang untuk di tolong. Dengan berjalannya waktu keuntungan akan datang sendiri pada bisnis tersebut.

Leave a Reply