Cara Membuang Sampah yang Baik dan Benar

Sampah sekarang ini merupakan masalah serius didaerah perkotaan seperti Jakarta. Penyebabnya tentu saja karena perilaku masyarakat pada saat membuang sampah tidak memperhatikan cara dan tempat untuk membuang sampah.

Sebagai akibatnya sampah menjadi sumber utama penyebab terjadinya pendangkalan sungai yang akibatnya jika musim hujan tiba, banjirpun datang. Tentu saja kita tidak akan terus-menerus seperti itu. Sebagai warga nagara yang baik, sudah selayaknya kita ikut andil dalam menjaga lingkungan, yang salah satu caranya yaitu memperbaiki cara membuang sampah yang selama ini dilakukan.

Berikut ini merupakan cara membuang sampah yang baik yaitu:

1. Pisahkan Sampah Organik dan Sampah Non Organik

Sampah organik merupakan sampah yang bisa diuraikan oleh bakteri pembusuk, sebagai contoh: sisa makanan, kotoran hewan, pepohonan. sSdangkan sampah non organik merupakan sampah yang tidak dapat diuraikan oleh bakteri pembusuk, misalnya Plastik, Logam, karet.

2. Buang Sampah Pada Tempat yang Benar.

Untuk sampah organik perlakuan yang terbaik yaitu dengan mengubur sampah ke  dalam tanah agar sampah tersebut dapat terurai menjadi pupuk. Sedangkan sampah non organik tidak boleh dikuburkan ke dalam tanah karena sampah non organik tidak dapat diuraikan, namun cukup dirapikan pada tempat karung yang selanjutnya dibuang ke tempat daur ulang plastik, logam maupun karet.

Namun jika kesulitan untuk menemukan tempat pembuangan sampah non organik, biasanya ada orang atau pemulung yang kadang juga mau menerima sampah tersebut untuk diolah atau dijual kembali.

3. Ubah Menjadi Bisnis Sampingan

Saat ini telah mulai muncul produk inovatif yang dibuat dari sampah. Misalnya berupa Tas, Sendal, dan aksesoris lainnya. Sambutan konsumen juga sangat antusias. Belajar dari hal tersebut, sebaiknya sampah yang biasanya dibuang begitu saja, usahakan untuk diciptakan sebagai bahan industri kreatif. Selain bahan yang murah, kompetitor saat ini masih sedikit.

4. Jangan Membuang Sampah di Sungai

Sungai memang tempat yang paling enak untuk membuang sampah. Namun saat ini jangan lagi lakukan hal tersebut, karena pendangkalan sungai akibat sampah sudah sangat mengkawatirkan. Efeknya tentu saja terasa saat terjadi hujan yaitu sungai mudah meluap dan air melalui perumahan warga.

Kita tentu saja tidak mau jika hasil kerja bertahun-tahun hilang begitu saja akibat banjir. Maka dari itu kesadaran masyarakat sangat menentukan terhadap lingkungan yang ada.

Memang tidak hanya dengan membuang sampah yang baik langsung dapat menyelesaikan masalah mengenai pencemaran lingkungan dan banjir, namun setidaknya kita telah mengurangi faktor penyebab terjadinya hal tersebut.

Leave a Reply