Cara Mudah Membuat Perangkap Nyamuk Sederhana

Bagaimana cara yang biasa anda pakai untuk mengusir nyamuk?

Di sini saya akan membagikan cara membuat sebuah alat yaitu perangkap nyamuk yang bisa anda pakai untuk mengurangi jumlah nyamuk di rumah anda. Alat ini sangat sederhana dan bahkan anda sendiri pun pasti bisa membuatnya di rumah. Alat ini sangat ramah lingkungan jika dibandingkan obat nyamuk yang dijual di toko-toko atau di warung.

Nyamuk, meskipun kecil bentuk ukuran tubuhnya termasuk dalam golongan binatang berbahaya. Gigitannya mampu membuat orang sakit berhari-hari bahkan sampai menimbulkan kematian. Karena itu kita tidak boleh menganggap remeh makhluk kecil ini.

Sebelumnya saya akan menjelaskan mengenai alat kita ini. Nyamuk suka dengan bau keringat dan gas CO2 yang dikeluarkan manusia. Karena itulah jangan heran jika akan ada banyak nyamuk yang mendekat jika anda berkeringat. Atas dasar inilah penciptaan perangkap nyamuk dibuat.

Untuk membuat alat perangkap nyamuk yang sederhana ini saya akan menjelaskan langkah-langkahnya. Berikut langkah cara membuat perangkap nyamuk :

1. siapkan bahan dan alat

  1. Satu buah botol plastik ukuran 2 liter
  2. Air hangat 200ml
  3. Gula pasir 50 gram
  4. Bubuk ragi kering 1 gram
  5. Isolasi atau alat perekat lainnya
  6. Pisau potong
  7. Plastik hitam atau kertas hitam

Saran dari saya untuk menghemat pengeluaran, semua bahan dan alat bisa menggunakan alat-alat bekas yang sudah tidak terpakai.

2. Langkah membuat alat perangkap nyamuk

Cara membuat perangkap nyamuk dengan alat ini memanfaatkan gas CO2. Gas CO2 ini bisa kita buat sendiri dan bisa dijadikan sebagai umpan supaya nyamuk datang ke perangkap. Untuk lebih jelasnya simak langkah-langkah pembuatannya berikut ini:

1. Belah botol plastik menjadi dua bagian. Kira-kira potong pada sepertiga dari bagian atas. Agar hasilnya rapi, gambar terlebih dahulu garis pola melingkar sebagai bantuan supaya saat memotong botol tidak acak-acakan.

Langkah Membuat Alat Perangkap Nyamuk

info-facebookers.blogspot.co.id

2. Masukkan gula pasir ke dalam air hangat yang kita siapkan tadi. Aduk hingga larut dan diamkan tunggu sampai air menjadi dingin.

Cara Membuat Alat Perangkap Nyamuk

info-facebookers.blogspot.co.id

3. Lalu campurkan bubuk ragi yag kita siapkan tadi ke dalam air dan aduk hingga bubuk ragi bercampur rata dengan air. Dan taruh sedikit bubuk ragi pada bagian atas cairan tanpa diaduk, tujuannya untuk menghasilkan C02 sebagai penarik perhatian nyamuk supaya datang dan masuk ke dalam perangkap.

Membuat Alat Perangkap Nyamuk

info-facebookers.blogspot.co.id

4. Taruh potongan bagian atas botol ke dalam botol dengan posisi terbalik dengan bagian corong berada di bawah. Perhatikan kerucut botol, pastikan bahwa letaknya agak berjauhan dengan garis air campuran ragi. Jangan sampai kerucut botol bersentuhan dengan air larutan ragi supaya nyamuk dapat masuk ke dalam perangkap.

Membuat Perangkap Nyamuk

info-facebookers.blogspot.co.id

5. Rekatkan botol dengan tutup botol bagian bawah dengan isolasi. Pastikan semua menyatu dengan baik.

Alat Perangkap Nyamuk Alami

info-facebookers.blogspot.co.id

6. Bungkus botol dengan plastik hitam atau dengan kertas hitam mengelilingi botol. Dan alat perangkap nyamuk pun jadi.

Alat Perangkap Nyamuk

www.riyanrizki.com

Perangkap nyamuk ini letakkan pada setiap sudut rumah atau ruangan yang banyak nyamuknya, dan jangan sampai terkena tampias air hujan. Karena alat ini mengandung gula maka hewan lain seperti semut juga akan mendatanginya. Jika anda tidak ingin mengundang semut, anda bisa memberi kapur anti semut sekitar botol atau beri tatakan berisi air pada bawah alat.

Alat ini efektif digunakan selama 10 sampai 14 hari, karena itu anda harus mengganti cairan yang lama dengan yang baru agar dapat berfungsi efektif seperti sedia kala.

Berikut video tentang bagaimana cara membuat alat perangkap nyamuk sederhana:

Demikian informasi cara membuat perangkap nyamuk dari botol plastik yang bisa anda buat di rumah. Cara yang efektif dan ramah lingkungan untuk keluarga. Selain murah juga sangat efisien untuk terus digunakan. Anda dapat membuat beberapa dengan menaruhnya di ruangan  atau di sisi yang berbeda. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply