Peraturan waktu bermain basket

Posted on

Aturan Waktu dalam Permainan Bola Basket

Olahraga bola basket dinauingi oleh suatu organisasi yaitu PERBASI untuk tungkat nasional, dan FIBA untuk tingkat internasional. Salah satu peran penting dari organisasi ini salah satunya adalah untuk menetapkan pertauran-peraturan dalam bermain bola basket.

Peraturan yang ada tidak hanya untuk para pemain saja, melainkan juga untuk pelatih, wasit, dan lain sebagainya. Pada dasarnya semua peraturan ini dibuat oleh FIBA dan kemudian PERBASI ikut memberlakukan peraturan tersebut untuk dijalankan di Indonesia.

Selanjutnya PB PERBASI (PERBASI, 2008:96) memberlakukan 3 aturan dalam bermain bola basket, yaitu:

Peraturan 3 detik
Peraturan ini mengatur bahwa seorang pemain tidak boleh berada dalam daerah terlarang lawan lebih dari 3 detikketika timnya sedang menguasai bola di area lawan dan waktu permainan sedang berjalan.

Peraturan 8 detik
Peratusan ini mengatur bahwa tim yang sedang menguasai bola di backcourt memiliki batas waktu 8 detik untuk membawa bola ke front. Apa bila dalam 8 detik bola ke luar lapangan yang disebabkan oleh lawan, maka 8 detik akan diulangi dari terjadinya gangguan.

Peraturan 24 detik
Peraturan ini mengatur bahwa pelanggaran akan terjadi jika shooting dilakukan mendekati waktu 24 detik dan peluit berbunyi ketika bola melayang di udara dan tidak berhasil masuk ke ring lawan. Hal ini tidak akan dianggap sebagai pelanggaran apabila tim lawan yang kemudia mendapat dan menguasai bola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *