Resep Cara Membuat Brownies Kukus yang Lezat

Brownies? Siapa yang tak kenal dengan brownies, kue yang satu ini mungkin hampir mirip dengan bolu dan menjadi salah satu kue yang paling disukai banyak orang. Kenapa kue yang satu ini bisa disebut dengan brownies? Mungkin di sini saya akan mengajak anda untuk mengenal dan mengetahui asal muasal kue brownies.

Pada awal tahun 1893 terdapat sebuah acara yang berlangsung di Amerika bernama Columbian Exposition. Pada saat itu ada seorang koki yang disuruh memasakkan hidangan penutup yang harus dipotong kecil-kecil agar mudah dimakan, dan koki tersebut mempunyai ide untuk membuat kue coklat, akan tetapi pada saat itu sang koki lupa memasukan baking powder ke dalam adonan kue coklat.

Sehingga pada saat dipanggang kue tersebut tidak mengembang dan tekstur kue tersebut menjadi agak padat dan basah. Dan pada saat itulah koki tersebut menciptakan kue brownies secara tidak sengaja.

Itu tadi sejarah mengapa kue brownies ini bisa mendunia. Tetapi di sini sebenarnya saya akan membahas tentang Cara membuat brownies coklat kukus yang lezat.

Sebenarnya ada berbagai macam jenis brownies. Tetapi mengapa saya memilih brownies coklat? Karena hampir semua orang pasti menyukai coklat. Dan sebenarnya manfaat coklat itu cukup banyak selain menghilangkan stress coklat juga dapat menurunkan berat badan.

Untuk itu saya akan membuat dan memadukan coklat dan brownies. Bagi anda penikmat brownies anda juga tidak perlu repot untuk membelinya. Karena anda pun juga dapat membuatnya sendiri di rumah.

Resep brownies kukus rasa coklat

pixabay.com

Bagi anda yang merasa pecinta kue dan coklat tentunya anda harus mencoba kue yang akan saya paparkan resep dan cara membuatnya. Kue ini sangat enak dan sangat di gemari banyak orang. Dan kue ini dapat anda hidangkan kapanpun bisa pagi hari, siang hari, sore hari ataupun malam hari.

Berikut cara membuat Brownies coklat kukus yang lezat

Bahan brownies coklat:

  • 50 gram coklat bubuk yang sudah diayak dan diaduk dengan tepung terigu
  • 6 butir telur ayam
  • 225 gram gula pasir
  • ½ sendok teh emulsifier (tbm atau sp / vx)
  • 125 gram tepung terigu yang sudah diayak diaduk dengan coklat bubuk
  • 175 ml minyak goreng
  • 100 gram dark cooking coklat yang sudah dilelehkan dan dicampur dengan minyak goreng
  • 75 ml susu kental manis coklat merk apa saja
  • Vanila bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Daun mint dan strowberry
Resep Cara Membuat Brownies Ras Coklat

pixabay.com

Cara Membuat Brownies Coklat Kukus

  1. Campurkan telur ayam dan gula kemudian kocoklah hingga adonan tersebut mengembang
  2. Masukkan tepung terigu dan coklat bubuk, masukkan perlahan-lahan hingga tercampur rata
  3. Kemudian masukkan campuran dark cooking coklat dan minyak goreng, lalu aduk hingga benar-benar rata, Sisihkan 1/3 bagian dari adonan tersebut dan campurlah dengan susu kental manis coklat dan kemudian aduk hingga rata
  4. Selanjutnya kukuslah adonan kue brownies yang tanpa menggunakan susu selama 10 menit hingga matang
  5. Kemudian kukuslah adonan yang menggunakan susu selama 10 menit hingga matang
  6. Langkah terakhir adalah satukan adonan yang tanpa susu tadi kedalam loyang adonan yang menggunakan susu dan kukus lagi selama 20 menit
  7. Jika sudah, angkat dan dinginkan.
  8. Taruh di piring tambahkan daun mint dan strowberry di atas brownies sebagai pemanis

Bagaimana menurut anda Cara Membuat Brownies Coklat Kukus di atas? Cukup mudah bukan? Anda pun pastinya juga bisa mempraktekkannya di dapur anda.

Tips yang perlu anda ketahui untuk membuat brownies kukus adalah anda harus membungkus tutup kususan dengan serbet atau kain bersih sehingga air kukusan tidak jatuh pada kue saat dikukus.

3 Comments

  1. rametech September 8, 2016
    • fajri September 10, 2016
  2. gopena September 20, 2016

Leave a Reply