Rumah Unik dari Berbagai Negara yang Membuat Banyak Orang Takjub Melihatnya

Rumah unik yang indah sudah pasti menjadi dambaan setiap orang. Apalagi rumah yang unik dengan berbagai desainnya yang diterapkan di berbagai bagian rumah. Indahnya rumah kita yang kita tempati akan membuat kita nyaman untuk menempatinya.

Namun sekarang rumah tidak lagi hanya berfungsi sebagai tempat berlindung dan beristirahat saja. Rumah sekarang ini juga menjadi sebuah karya yang menggambarkan pemiliknya. Karena itu banyak rumah yang berbentuk unik dari berbagi daerah.

Jika anda melihat rumah-rumah berikut ini mungkin anda akan takjub melihatnya karena keunikannya. Berikut rumah-rumah dengan desain yang unik yag ada di seluruh dunia:

1. The Upside Down House

The Upside Down House

www.vegmomos.com

Di Negara Polandia terdapat rumah yang unik dengan desainnya. Rumah tersebut dikenal dengan nama The Upside Down House, sebenarnya desain rumah ini biasa saja, namun yang membuatnya istimewa adalah penempatan rumahnya yang berbeda. Jika biasanya atap berada dibagian atas, di rumah ini atap yang malah menjadi bagian bawahnya.
Tidak hanya pada bagian atapnya, bagian dalamnya pun juga sama seperti kamar tidur, toilet, dapur, bahkan pintu dan cendela. Rumah ini dibangun oleh seorang desainer filantropis asal Polandia bernama Daniel Czapiwski dengan desain rumah seperti tahun 1970 an.

2. Boeing 727 House

Rumah Unik Boeing 727 House

www.theplaidzebra.com

Bangunan ini melibatkan pesawat tua yang didesain menjadi bangunan yang sekarang dipergunakan sebagai hotel. Memang dulunya bangunan ini adalah sebuah peasawat yang berasal dari Columbian Avianca Airlines.

Sekarang sudah menjadi hotel bergaya unik yang menjadi bagian dari Resor Costa Verde yang letaknya di Taman Nasional Manuel Antonia, Kosta Rika.

3. Shoe House

Rumah Unik Shoe House

realestatenews.com

Di Afrika selatan tepatnya di Provinsi Mpumalanga telah dibangun sebuah rumah yang berbentuk sepatu. Rumah sepatu ini dibangun oleh Ron Van Zyl pada tahun 1990. Rumah ini dulunya dibangun untuk istrinya yang bernama Yvonne, yang mengatakan ingin sebuah sepatu. Dan peengusaha itu membangunkan sebuah rumah berbentuk sepatu untuk dirinya.

4. The Toilet House

Rumah Unik The Toilet House

www.nydailynews.com

Tumah toilet ini terletak di Korea Selatan tepatnya di dalam Taman Toilet Suwon, sekitar satu jam dari Seoul. Dulunya rumah ini merupakan tempat tinggal Sim Jae-duck . Dia adalah pendiri dan presiden pertama Asosiasi Toilet Dunia (World Toilet Association).

Mungkin terdengar aneh namun asosiasi ini memiliki misi yang mulia, yaitu menyebarkan manfaat toilet yang higeinis di seluruh dunia.

5. Space house

Rumah Unik Space House

offbeattenn.com

Rumah ini memiliki desain yang berhubungkan dengan segala sesuatu dari luar angkasa. Rumah ini berada di Signal Mountain, Tennessee. Dengan bentuknya seperti piring terbang atau UFO, dibangun oleh Curtis King pada tahun 1973.

6. Bubble House

Rumah Unik Bubble House

www.fantasticviewpoint.com

Di Perancis terdapat rumah yang berbentuk bulat menyerupai Bubble atau gelembung di bagian atasnya. Rumah ini dirancang oleh seorang arsitek terkenal asal perancis bernama Antti Lovag. Bubble House ini meiliki fungsi sebagai tempat penyelenggaraan pesta festival legendaris dan acara besar.

7. Crazy House

Rumah Unik Crazy House

theonlywayisasia.wordpress.com

Rumah ini memiliki desain yang eksentrik dan super aneh. Crazy House adalah sebuah bangunan rumah yang sekarang difungsikan sebagai hotel. Rumah ini berada di negara Vietnam dan dibangun oleh seorang arsitek eksentrik yang bernama Dang Viet Nga pada tahun 1990.

Jika dilihat dari luar rumah ini terlihat tidak beraturan. Sekarang rumah ini dijadikan sebagai hotel tapi juga difungsikan sebagai destinasi wisata.

8. Boiclimatic Solar  House

Rumah Unik Boiclimatic Solar House

metro.co.uk

Nama lain rumah ini adalah Heliodome, dibangun di Cosswiller di sebuah pedesaan Alsacian dekat dengan Strasbourg Perancis Timur. Rumah ini dibangun pada Agustus 2011 yang didesain sebagai jam matahari tiga demensi raksasa, ditetapkan dalam sudut tetap yang berkaitan dengan pergerakan matahari.

Pembangunan rumah ini bertujuan untuk menjaga keteduhan selama berbula-bulan di musim panas dan menjaga agar suhu tetap dingin. Bukan itu saja, diruangan ini didesain untuk membuat sinar matahari tetap dapat masuk di musim dingin, musim gugur, dan di musim semi melalui sela-sela jendela yang berfungsi agar pemanasan ruangan tetap bisa dirasakan.

9. Dar Al-Hajar

Rumah Unik Dar Al-Hajar

www.rumah123.com

Dar Alhajar memiliki desain dengan bangunan yang menjuang tinggi dan memiliki lima lantai dengan banyak jendela di tepinya. Bangunan dengan arsitektur khas Yaman ini dibangun oleh Imam Yahya yang merupakan seorang pemuka agama pemimpin negara. Bangunan ini dibangun tahun 1930 dan terbuka untuk umum.

Yang uniknya lagi bangunan ini dibangun diatas bebatuan dan sebagian pohon yang berkesan seperti muncul tiba-tiba dari bebatuan.

10. Crocodile House

Rumah Unik Crocodile House

www.nydailynews.com

Rumah ini di bangun oleh seorang arsitek bernama Moussa Kala yang dibangun di kota Abidjan, bekas ibukota Pantai Gading. Menurut si pemilik rumah Thierry Atta, rumah ini menarik banyak perhatian orang disekitarnya. Bagaimana tidak, karena rumah ini unik memiliki bentuk seperti buaya.

11. Antilia

Rumah Unik Antilia

mydecorative.com

Rumah yang juga disebut-sebut sebagai rumah termahal di dunia yang dihuni oleh orang terkaya di India dan nomor sembilan dunia versi majalah Forbes, Yang bernama Mukesh Ambani.

Sayangnya meski disebut sebagai rumah termahal yeng terkesan mengambang ini justru disebut sebagai rumah yang memiliki keberuntungan buruk jika dilihat dari arsitektur kuno, Vastu shastra. Tradisi Vastu sastra menekankan utamanya bangunan rumah menghadap matahari terbit, namun rumah Antalia dikatakan tidak memiliki jumlah jendela yang cukup di sisi timurnya.

12. The Crooked House

Rumah Unik The Crooked House

blogs.voanews.com

Rumah ini sangat aneh bentuknya yang tampak melengkung yang menjadi rumah paling aneh sedunia. Bangunan ini terletak di Sopot, Polandia yang dibangun tahun 2003 dan memiliki luas 4000 m². The Crooked House diciptakan dari ide Szotynscy Zaleski, bangunan ini terinspirasi oleh ilustrasi-ilustrasi dongeng karya Jan Marcin Szncer dan juga gambar dari seniman Swedia dan penghuni Sopot bernama Per Dahlberg.

13. Cubic House

Rumah Unik Cubic House

muhendisonurkurt.com

Rumah berbentuk kubik ini berada di Rotterdam, Belanda. Bangunan ini dibangun pada tahun 1970-an yang dikembangkan oleh seorang arsitektur berama Piet Blom. Pada mulanya Piet Blom diminta untuk mendesain sebuah perumahan di atas jembatan dan dia memutuskan untuk menggunakan ide rumah kubik.

14. Stone House

Rumah Unik Stone House

allaboutourpassion.blogspot.com

Rumah Stone House terinspirasi oleh kartun American Flintstones. Rumah ini dibangun antara dua batu besar dan tterkit dengan campuran beton. Suasana prasejarah akan dirasakan ketika anda berada di rumah ini. Karena keunikannya rumah ini dapat menarik ribuan wisatawan setiap tahunnya.

15. Dome House

Rumah Unik Dome House

www.rappler.com

Dome House terdapat di Jepang. Bangunan ini terbuat dari bahan dasar Styrofoam. Bahan ini memiliki banyak kelebihan yang dimilikinya, selain ringan dan murah dalam pembangunannya pun lebih cepat.

16. Kettle House

Rumah Unik Kettle House

makingabetterhome.com

Kettle House berada di Texas, Amerika Serikat. Bentuk rumah ini seperti ceret, selain itu rumah ini berfungsi sebagaimana seperti fungsi rumah. Bentuknya sangat mirip dengan ceret minuman, dan tetap berfungsi sebagai rumah yang bisa ditinggali.

17. Car House

Rumah Unik Car House

anewhouse.com

Car House merupakan sebuah rumah yang berbentuk mobil. Bangunan ini adalah milik Voglreiter Auto Residence milik desainer Markus Voglreiter yang berada di dekat Salburg, Austria. Rumah ini mungkin tampak kecil, namun setelah masuk ke dalam ruang interiornya terkesan lebih luas. Ruang interiornya dibangun dengan fitur teknologi energi berkelanjutan dan sistem tabung.

18. The Unique House Inside of Vals Switzerland

Rumah Unik The Unique House Inside Of Vals Switzerland

architecturelinked.com

Rumah ini didesain oleh Christian Architects Muller dengan fasilitas yang lengkap untuk musim gugur, musim panas, musim dingin, dan untuk musim semi. Rumah ini berbentuk silinder yang permukaannya hanya akan terlihat seperti lubang pada gundukan tanah. Namun di dalamnya memiliki interior yang luar biasa.

Begitu unik dan menarik rumah-rumah unik yang ada di seluruh dunia ini. Rumah-rumah unik tersebut cukup menarik perhatian banyak orang untuk mengunjunginya, lalu bagaimana dengan anda? Mungkin anda ingin mengunjunginya juga, atau malah ingin membuat sendiri rumak unik yang kalian inginkan.

Leave a Reply