Manfaat Memiliki Sertifikasi BNSP

Posted on

BNSP adalah Badan Nasional Sertifikasi Profesi yang merupakan sebuah lembaga badan independen yang dibentuk pemerintah dan mereka yang bertanggung jawab kepada Presiden yang mempunyai kewenangan otoritas sertifikat personil dan bertugas dalam menjalankan dan pelaksanaan sertifikasi kompetensi profesi bagi tenaga kerja.  

Dan juga untuk menjalankan ketentuan Pasal 18 ayat (5) undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 mengenai Ketenagakerjaan.

Pembentukan BNSP merupakan integral dari pengembangan paradigma baru dalam sistem mempersiapkan tenaga kerja yang kompeten dan berkualitas. Sistem penyiapan tenaga kerja dalam format paradigma baru terdapat dua prinsip yang menjadi dasarnya, yaitu :

  1. Penyiapan tenaga kerja didasarkan atas kebutuhan pengguna.
  2. Proses diklat sebagai penyiapan tenaga kerja dilakukan dengan menggunakan pendekatan pelatihan berbasis kompetensi.
  3. Tugas Pokok dan Fungsi

Adalah sebagai otoritas sertifikasi personel sesuai PP No. 23 tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi tahun 2004

Visi Misi BNSP

Dan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) juga memiliki Visi dan Misi, dan berikut Visi dan Misi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) .

VISI BNSP

Menjadi lembaga otoritas sertifikasi profesi yang independen dan juga terpercaya dalam menjamin kompetensi tenaga kerja di dalam maupun luar negeri.

MISI BNSP

  • Mengembangkan sistem sertifikasi kompetensi profesi yang terjamin dan terpercaya.
  • Mengembangkan rekognisi dan juga daya saing tenaga kerja Indonesia di dalam maupun di luar negeri.
  • Saling pengakuan dalam sertifikasi kompetensi secara internasional dan membangun kerjasama

BNSP memberikan lisensi kepada LSP yang memenuhi persyaratan untuk melaksanakan sertufikasi kompetensi kerja.

Berikut dasar hukum pendirian BNSP

  1. Undang-Undang No. 5 Tahun 1984 Mengenai Perindustrian
  2. Surat keputusan menteri kenaga kerja dan transmigrasi Republik Indonesia No. KEP-96A/MEN/VI/2004.
  3. Permenakertrans No. PER.22/MEN/IX/2009 tentang penyelenggaraan pemagangan dalam negeri.
  4. Peraturan Pemerintah No. 31 Tahun 2006 mengenai sistem latihan kerja nasional

PENGAKUAN ATAS KOMPETENSI KERJA

Adalah salah satu kebutuhan dasar manusia untuk mendapat pengakuan atas Kepemilikan, Pencapaian, Kemampuannya, dan dari otoritas yang dinilai berwenang memberi pengakuan.

SERTIFIKAT KOMPETENSI

Adalah produk hukum yang menjadi pengakuan terhadap pencapaian kemampuan seseorang dalam melakukan pekerjaan yang ditetapkan oleh otoritas yang berwenang, berbasis pada standar kompetensi yang telah disepakati dan ditetapkan.

TUJUAN SERTIFIKASI

  • Membantu organisasi DU/DI yang menyakinkan kepada kliennya bahwa produk atau jasanya dibuat oleh tenaga yang kompeten dan terpelihara kompetentisnya.
  • Membantu organisasi DU/DI dalam memilih orang dalam kompetensi.
  • Alat penjaminan mutu pendidikan bahwa tujuan pembelajaran tercapai.
  • Membantu pengembangan desain pembelajaran.
  • Membantu pengembangan evaluasi pembelajaran.
  • Membantu merencanakan jenjang karir.
  • Membantu personal branding untuk tujuan wirausaha.

PERUBAHAN PERATURAN PEMERINTAH TENTANG BNSP

Peraturan Pemerintah nomor 23 Tahun 2004 menjadi Peraturan Pemerintah nomor 10 Tahun 2018.

ISTILAH DAN DEFINISI

Lisensi

adalah proses delegasipada wewenang sertifikasi profesi dari BNSP kepada LSP melalui proses akreditasi.

Akreditasi

adalah kesuluruhan proses pemberian pengakuan secara formal yang menyatakan bahwa suatu LSP telah memenuhi persyaratan untuk melaksanakan kegiatan uji kompetensi profesi.

Sertifikasi Kompetensi Kerja

adalah proses pemberian sertifikat yang dilakukan secara sistematis dan objektif yang melalui uji kompetensi kerja mengacu kepada SKKNI atau Standar internasional dan Standar yang Khusus.

STANDAR KOMPETENSI KERJA

Standar internasional merupakan standar yang dikembangkan oleh organisasi standardisasi internasional. Standar Internasional dapat diperoleh untuk dipergunakan sebagai bahan pertimbangan dan berlaku di seluruh dunia.

Standar Khusus merupakan standar yang dikembangkan oleh organisasi otoritas atau yang mempunyai tugas di bidang standardisasi untuk dipergunakan secara khusus dan dipublikasikan secara formal bagi komunitas spesifik atau dalam bentuk jurnal.

Standar Khusus merupakan standar yang dikembangkan oleh organisasi otoritas atau yang mempunyai tugas di bidang standardisasi untuk dipergunakan secara khusus dan dipublikasikan secara formal bagi komunitas spesifik atau dalam bentuk jurnal.

Manfaat Memiliki Sertifikasi BNSP

Manfaat Sertifikasi BNSP
Manfaat Sertifikasi BNSP

Manfaat Sertifikasi BNSP

Pada Era yang sudah maju ini saingan dunia industri makin hari kian sulit dan semakin banyak persaingan baik kompetisi itu terjadi dari berbagai ragam jenis usaha. Demi dapat bersaing serta mempunyai situasi yang menguntungkan pada persaingan ekonomi dunia persaingan di jaman yang sudah modern ini, bagi setiap tenaga kerja diusahakan harus mampu mempunyai kemampuan dan kecakapan yang sah secara hukum.

Masing-masing individu apabila dapat memahami sebagian besar kecakapan dan keahlian yang ada pada bidang yang diambilnya, serta melalui adanya legalisasi yang absah secara hukum apabila memang tenaga kerja itu ahli, maka bukan tak mungkin peserta uji kompetensi tersebut berpeluang menemukan karier yang lebih mudah, bahkan untuk jenjang karier selanjutnya pun maka bukan tak mungkin akan lebih meningkat.

Demi mencapai hal tersebut, maka negara membangun dan juga membentuk Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk menjalankan program sertifikasi profesi BNSP. Sertifikasi Profesi ini dapat dimanfaatkan sebagai acuan dan bukti bahwa yang berhubungan memang mempunyai keahlian yang baik di bidang profesinya, sertifikasi BNSP ini pun sifatnya terbukti dan diakui menurut hukum dan bersifat nasional.

Sertifikasi profesi bukan hanya bisa digunakan untuk mencari pekerjaan dalam negeri saja, akan tetapi bisa dimanfaatkan untuk mencari kesempatan berkarier sampai ke tingkat internasional, karena sudah diakui juga oleh negara-negara lainnya.

BNSP dibentuk dengan fungsi untuk mengembangkan dan meningkatkan rekognisi daya saing tenaga kerja di berbagai bidang usaha. Sertifikasi profesi BNSP hanya memiliki dua ketetapan, yaitu Kompeten atau Belum Kompeten.

Usaha untuk mendapatkan sertifikasi profesi BNSP pun tidak semudah mendapatkan sertifikasi pada umumnya, usaha untuk memperoleh sertifikasi BNSP ini tenaga kerja yang bersangkutan diminta untuk diuji dengan menjalani beberapa proses. Bila tenaga kerja yang terkait mendapatkan hasil nilai yang baik dan memenuhi dari standar kompetensi yang ditentukan, setelah itu akan ditetapkan lulus kemudian akan diberikan sertifikat BNSP.

Setelah melewati banyak proses untuk memiliki sertifikat BNSP tersebut, ada banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan, di antaranya yaitu:

1. Menambah Rasa Percaya Diri Akan Kemampuan Yang Dimiliki

Untuk seseorang yang baru memasuki dunia usaha, sertifikasi profesi BNSP bisa menambah rasa percaya diri dalam menyelesaikan pekerjaan yang dikerjakan. Karena telah memperoleh sertifikasi profesi BNSP maka artinya tenaga kerja tersebut telah teruji memiliki keterampilan yang sudah teruji oleh penguji profesional yang terakreditasi dan memiliki lisensi BNSP.

Hal ini akan menjadi suatu kelebihan bagi perusahaan, walaupun dia merupakan orang yang baru saja memasuki dunia usaha.

Lalu bagi karyawan tetap, dengan memperoleh sertifikasi BNSP juga bisa menambah rasa percaya diri dalam bekerja. Dengan pengetahuan yang sudah terbukti maka bisa menumbuhkan kepercayaan diri bahwa ia bisa melakukan perkerjaannya dengan sukses.

2. Mengetahui Tingkatan Kemampuan Dan Keahlian Yang Dimiliki

Sertifikasi profesi berlisensi BNSP menjelaskan soal pengetahuan pekerja tersebut dari bidang profesi yang dilakoninya. Hasil yang didapatkan bisa menerangkan bahwa keterampilan yang dikuasai belum kompeten atau sudah sesuai standar. Bila belum kompeten, berarti Anda belum memenuhi persyaratan jadi Anda masih harus meningkatkan keahlian lagi.

Jika telah kompeten bukan berarti Anda boleh berhenti belajar, melainkan Anda masih mempunyai lebih banyak harapan lagi untuk meningkat untuk menunjang karier Anda. Dan supaya terus mengasah kemampuan supaya keterampilan tersebut tetap terlatih.

3. Meningkatkan Akses Untuk Mengembangkan Diri

Dari beberapa cara, ada salah satu cara yang bisa dipilih untuk meningkatkan pengembangan karierdi dunia bisnis yakni dengan mempunyai sertifikasi BNSP.

Sertifikasi BNSP merupakan sertifikat pada tingkat Nasional, hal itu juga berlaku dan bisa dipakai pada tingkat internasional. Hal ini dapat memacu Anda untuk menunjang peningkatan kemampuan dan keahlian ke jenjang yang lebih tinggi.

Anda akan memperoleh banyak lagi kesempatan untuk meningkatkan peluang karier yang lebih unggul di dunia usaha karena keterampilan Anda dianggap lebih baik jika dibandingkan yang lainnya.

4. Mempermudah Bagi Perusahaan Dalam Memilah Tenaga Kerja Berkompeten

Program sertifikasi BNSP pastinya juga mempunyai keuntungan kepada perusahaan, yakni untuk memudahkan perusahaan dalam proses penyeleksian karyawan baru. Pihak perusahaan akan lebih mudah memutuskan sikap mana yang memiliki keahlian yang lebih baik.

Seseorang yang memperoleh sertifikasi dari pelatihan BNSP, maka ia dinilai lebih mengetahui bidang profesi yang akan diberikan, terlebih bila ia memiliki sertifikasi BNSP.

Dengan adanya sertifikasi profesi BNSP memperlihatkan bahwa skill yang dikuasai sudah lebih dari mencukupi, dan telah terbukti secara Nasional. Keahlian dan pengetahuannya hanya perlu diasah secukupnya menyesuaikan dengan job yang diberikan perusahaan.

5. Meningkatkan produktivitas kerja

Sertifikasi profesi BNSP bisa dijadikan data bahwa keahlian dan pengetahuanAnda sudah memenuhi standar Nasional. Sebelum melakukan ujian, lembaaga sertifikasi baiknya mempersiapkan training kepada pesertanya sebelum hari uji kompetensi dilakukan.

Adanya pelatihan sertifikasi BNSP tersebut berfungsi untuk mempersiapkan dan memaksimalkan keterampilan dan keahlian calon peserta agar mampu sukses dalam uji kompetensi dan dapat menjalankan pekerjaannya dengan baik.

Untuk perusahaan, karyawan yang telah lulus uji kompetensi oleh lembaga sertifikasi profesi, artinya memiliki produktifitas kerja yang lebih unggul. Dirinya dilihat lebih kompeten dalam menyelesaikan pekerjaan secara tepat dan lebih kecil dalam melakukankelalaian dalam menjalankan pekerjaan.

Itulah manfaat jika berhasil mendapatkan sertifikasi BNSP. Kemauan untuk terus maju mengembangkan karier haruslah tetap dikembangkan supaya pengetahuan yang didapat dapat berguna.

Agar dapat lulus dalam ujian kompetensi untuk memiliki sertifikasi profesi berlisensi BNSP ini, dianjurkan peserta terlebih dahulu berpartisipasi training dalam persiapan melaksanakan ujian kompetensi dengan pelatih atau Trainer yang ahli dalam bidangnya.

Kami punya referensi untuk Anda, PT CATRA INDO GROUP dapat menjadi solusi terbaik yang bisa Anda pilih. PT CATRA INDO GROUP adalah lembaga yang memberikan berbagai pelatihan sertifikasi profesi untuk berbagai bidang berlisensi BNSP.

PT CATRA INDO GROUP sebagai pusat informasi dan pelatihan vokasi berbasis kompetensi dengan sertifikasi BNSP dan uji kompetensi BNSP oleh Trainer atau Asesor yang ahli dan berpengalaman di bidangnya yang juga telah mendapat lisensi dari BNSP.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di jam kerja setiap Senin-Jum’at, 08.00-16.00 WIB. Hubungi pada kontak berikut ini:

Hubungi Kami:

PT Catra Indo Group

Ruko Moksa 1, Jalan Raya Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta

Telp.( 0274-4541881)  atau  WA/CALL 0822 1326 2092

Website : www.catraindogroup.com // www.sertifikasibnsp.org

Email : catraindogroup@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.