Teknik Memegang Bola Basket

Posted on

Teknik Memegang Bola Basket

Tenik memegang bola merupakan teknik paling dasar yang harus diketahui dan dikuasai oleh pemain basket. tanpa teknik maka permainan bola basket tidak akan berjalan dengan lancar dan kemenangan sulit untuk didapatkan.

Dalam teknik memegang bola basket perlu diperhatikan posisi tangan agar daoat memegang secara benar, sikap tangan diusahakan untuk membentuk seperti manggkok. Bola harus dlam posisi di antara kedua telapak tangan, telapak tangan berada disisi samping bola dan agak ke belakang.

Jari-jari tangan terentang melekat pada bola basket. ibu jari terletak dekat dengan bagian belakang bola yang megarah ke arah depan. Kedua kaki dalam posisi kuda-kuda atau sedikit berjongkok dengan salah satu kaki berada di depan. Posisi badan sedikit condong ke depan dan pandangan lurus ke depan.

Teknik memegang bola ini jika kedengarannya agak ribet, namun jika dipraktekan akan terasa cukup mudah. Dalam bermain bola basket pemain hampir akan selalu memegang bola, karena itu perlu dikuasai secara baik.

Teknik memegang bola berhubungan dengan teknik lainnya, misalnya saja saat akan melakukan passing, pemain melakukan taknik ini unutk dapat melakukan passing atau operan kepada rekan se timnya dengan baik.

Selain itu pemain juga akan memegang bola di saat menerima atau menangkap operan dari rekannya, atau mendapatkan bola dari lawan tim. Selain itu pemain juga akan melakukan teknik memegang bola ini jika ingin melakukan teknik shooting atau menembakkan bola ke dalam ring.

Dalam menangkap bola perlu diwaspadi supaya bola selalu dalam kendali. Telapak tangan melekat pada bola dengan jari-jari tangan terentang dan pergelangan tangan dalam kondisi rileks.

Baca selengkapnya di Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *