Teknik Mengumpan Bola Basket

Posted on

Teknik Mengumpan Bola Basket

Teknik passing atau teknik mengumpan bola merupakan teknik dasar yang sangat penting dalam kerjasama tim. Teknik ini merupakan salah satu teknik yang harus dikuasai oleh para pemain bola basket dalam melakukan kerja saman tim dalam melakukan operan atau umpan ke rekan se tim.

Teknik passing atau mengumpan ini dapat dilakukan dengan meggunakan satu tangan maupun dengan kedua tangan. Oleh karena itu teknik ini merupakan salah satu teknik yang wajib dikuasai, dan berikut ini beberapa macam teknik passing atau cara mengoper bola ke rekan tim:

  • Chest Pass

Sesuai dengan namanya, Chest yang berarti dada, jadi bisa diartikan Chest Pass adalah operan dada. Operan ini merupakan salah satu jenis operan dasar dalam bermain bola basket.

Cara melakukan taknik passing ini adalah dengan memegang bola basket dengan menggunakan kedua tangan kemudian tahan di depan dada dengan ujung jari kedua tangan, ibu jari berada diposisi sisi bagian belakang bola dengan tangan dan ujung jari menyebar ke arah sisi bola. Posisi siku berada dekat dengan tubuh, lalu untuk posisi kaki ada pada posisi triple threat dengan tumpuan berat tubuh pada kaki belakang.

Kemudian pindahkan berat tubuh ke depan si saat melangkah untuk melakukan operan. Pada waktu melakukan tolakan untuk mengoper bola, luruskan lengan dan putar ibu jari ke posisi bawah sehingga di saat selesai mengoper posisi tangan lurus dan diakhiri dengan sentakan pergelangan tangan (snap).

Untuk pandangan mata atau gerak kepala tetap mengarah ke arah bola basket yang dioper dan arah bola harus lurus ke depan menuju ke rekan tim yang ingin diberikan bola operan.

Tips agar bola operan terbaca oleh lawan adalah dengan menggunakan gerakan tipuan. Cobalah dengan melakukan gerakan tipuan yaitu dengan tidak melihat teman yang akan diberi bola operan secara langsung, hal ini untuk menghindari lawan agar tidak mudah membaca gerakan operan bola.

  • Bounce pass (operan pantul)

Berbeda dengan teknik operan chest atau operan gaya dada di atas, Bounce pass ini cara melakukannya adalah dengan menggunakan kedua tangan atau dengan menggunakan satu tangan dengan salah satu tangan diletakkan dibelakang sebagai penyeimbang, kemudian bola dilepaskan dan didorong ke arah bawah.

Bola akan memantul pada lantai kira-kira dua pertiga dari jarak si penerima sehingga bola operan bisa ditangkap saat setinggi pinggang. Memantulkan bola terlalu pendek atau dekat pada diri si pengoper akan mengakibatkan lambungan bola operan menjadi lebih tinggi dan pantulan bola akan lebih lambat yang menjadikan bola akan lebih mudah dipotong oleh lawan tim.

Begitu juga dengan mengoper bola dengan pantulan yang terlalu dekat dengan si penerima operan akan membuat operan tersebut sulit direbut lawan. Sangat penting untuk memperhatikan jarak pantulan sehingga dapat diterima si penerima operan dengan baik.

Kelebihan teknik operan ini adalah adanya kesempatan untuk mengecoh lawan dengan operan pantulan bola, namun ada juga kekurangan dari teknik operan ini yaitu operan cepat sulit dilakukan untuk jarak yang cukup jauh, karena laju bola tidak secepat melakukan Chest pass sehingga jika dilakukan pada jarak yang cukup jauh maka bola dapat dipotong oleh lawan.

  • Baseball pass (operan baseball)

Operan baseball ini dilakukan dengan menggunakan satu tangan. Biasanya dilakukan untuk mengoper dengan jarak yang cukup jauh. Operan ini dimuali dengan posisi salah satu kaki berada di depan dan bola dipegang dan diangkat dengan mengguanakn satu tangan.

Pada mulanya bola basket ini juga ditahan dengan kedua tangan, di saat berat badan dipindahkan ke belakang kemudian bola diarahkan diarahkan dengan mengguanakn kedua tangan ke belakang bahu sisi tangan yang akan digunakan untuk mengoper bola.

Ketika akan mengoper bola, posisi tangan diayunkan ke depan atas dan bola dilepaskan di saat tangan lurus ke depan. Tangan yang satunya digunakan untuk menyeimbangkan tubuh agar bola tepat sesuai dengan terget dan membantu keseimbangan tubuh.

  • Over head pass (operan di atas kepala)

Teknik operan bola basket yang satu ini dimulai dengan posisi tubuh yang dalam keadaan seimbang. Bola basket dipegang di atas kepala dengan siku ke dalamm dan membentuk sudut 90 derajat.

Bola basket tidka dibawa ke belakang kepala, karena jika hal dilakukan maka operan akan sulit untuk dilakukan dengan cepat, serta bola operan akan lebih dicuri oleh lawan tim. Kaki selanjutnya melangkah ke depan sasaran, lakukan dengan mengumpulkan kekuatan maksimal dengan berat tubuh bertumpu pada kaki,  lalu dilanjutkan dengan operan cepat dengan sedikit melambungkan bola sesuai dengan posisi si penerima bola.

Posisi tangan ketika melakukan gerakan lecutan adalah rileks dengan posisi jari mengarah pada target operan dan telapak tangan ke bawah. Kaki berada posisi biasa dengan menjaga keseimbangan tubuh.

  • Back pass (operan belakang)

Back pass merupakan teknik mengoper bola basket yang dilakukan dengan satu tangan dari posisi arah belakang punggung. Operan back pass ini adalah jenis operan yang digunakan untuk menyerang dan menerobos pertahanan lawan dengan cepat.

Back pass atau operan belakang bisa dilakukan dengan baik di saat pengoper bola berada posisi yang cukup dekat dengan si penerima bola.

  • Hook Pass

Hook pass merupakan teknik mengumpan atau mengoper yang dilakuak dengan satu tangan yang bentuknya menyerupakai hook (pancing, kait). Cara melakukan teknik mengoper ini yaitu lekukan lengan ke arah atas dan melewati bahu anda.

Kemudian bola dilepaskan di saat bola berada di posisi depan wajah untuk menghasilkan operan datar, atau dapat juga dilakukan dengan lebih jauh ke arah bahu untuk menghasilkan operan yang lebih tinggi.

Teknik mengoper bola ini biasanya dilakukan jika menghadapi lawan dengan pertahanan yang defensif, misalnya saja terdapat dua defender yang menjaga pergerakan anda. teknik ini juag dapat dilakukan jika lawan memotong sudut di mana anda harusnya dapat melakukan operan langsung ke pada rekan se tim.

  • Under Pass

Under pass meruapkan teknik mengumpan atau mengoper yang dilakukan dari posisi bawah, tepatnya pada jarak sepinggang yang kemudian bola diarahkan dengan lurus ke rekan tim.

Teknik ini dapat diterapkan di saat menjalankan operan jangka pendek. Teknik mengumpan ini dapat dikatakan cukup aman namun tetap saja harus hati-hati dan waspada agar bola tidak terebut oleh lawan tim.

  • The Side Arm Pass / The Base Ball Pass

Operan dengan teknik ini biasa disebut juga dengan operan samping. Cara melakukannya yaitu dengan menggunakan salah satu tangan untuk mengoper bola dari arah samping. Teknik operan ini dapat dilakukan dengan tangan kanan maupun dengan tangan kiri.

  • The Jump Hand Pass

Bisa diketahui dengan namanya, taknik ini merupakan teknik operan dengan satu tangan yang dilakuakn dengan cara melompat. Artinya pemain mengoper bola dengan cara melompat atau sedang melompat.

Baca selengkapnya di Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *