Teknik Pivot dalam Bola Basket

Posted on

Teknik Pivot dalam Bola Basket

Pivot dalam permainan bola basket merupakan gerakan memutar badan dengan bertumpu pada satu kaki yang digunakan sebagai porosnya sambil memegang bola basket. Gerakan teknik dasar pivot dalam permainan bola basket memerlukan latihan khusus dan intensif untuk dapat melakukannya.

Perlu keterampilan agar di saat melakukan gerakan pivot tidak terjadi kesalahan yang bisa menyebabkan pelanggaran. Tujuan dari gerakan pivot ini adalah untuk menghalau lawan agar bola tidak mudah direbut.

Teknik-teknik Dasar Pivot dalam Bola Basket

Di saat melakukan gerakan pvot, pemain perlu memperhatikan beberapa dasar dalam melakukan gerakan pivot. Berikut merupakan teknik-teknik dasar gerakan pivot dalam bola bakset:

Bagian Kaki:

  1. pilih satu kaki untuk dijadikan poros putaran badan, disarankan untuk menggunakan kaki yang lebih kuat, kebanyakan orangakan cenderung menggunakan kaki kanan mereka.
  2. Gunakan kaki yang satunya untuk melangkah ke segala arah seperti, ke depan, belakang, kanan, kiri. Bagian yang digunakan adalah kaki bagian ujung kaki atau bagaian jari-jari bukan bagian tumit.
  3. Di saat melakukan putaran, kaki yang berperan sebagai poros atau tumpuan tidak boleh terangkat, bergeser, ataupun melangkah. Jika kaki tumpuan terangkat, bergeser, ataupun melangkah maka akan dinyatakan sebagai pelanggaran. Jika kaki tumpuan telapak kaki terangkat dan berubah menjadi tumpuan dengan menggunakan tumit maka akan dinyatakan sebagai pelanggaran.
  4. Seteah selesai melakukan gerakan pivot, dapat dilanjutkan lagi ke sikap awal dan melanjutkannya dengan gerakan selanjutnya seperti dribbling, shooting, maupaun passing.

Bagian tangan:

  1. pegang bola basket dengan menggunakan kedua tangan dengan kuat
  2. di saat memegang bola basket, pemain dapat menjauhkan bola dari posisi lawan agar tidak mudah terbut dari tangannya dengan cara mengayunkan tangan ke atas, bawah, kanan, kiri, ataupun arah lain, mendorong bola ke depan menjauhi dada atau perut, menarik bola ke dalam dada atau perut.

Bagian badan:

  1. badan digunakan untuk menyesuaikan dan menyeimbangkan pergerakan dari kaki dan juga tangan.
  2. Pemian dapat mengguanakn badan untuk menghalangi pemain lawan yang akan merebut bola, caranya dengan memberi dorongan dengan bahu, ounggung, dan pantat.
  3. Badan digunakan juga untuk meninggi dan merendahkan badan dengan tujuan agar pemain lawan sulit merebut bola.

Baca selengkapnya di Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *