Candi Plaosan

Posted on

Wisata daerah klaten

Candi Plaosan terletak hanya sekitar 1 kilometer dari Candi Prambanan. Terletak di Dusun Bugisan Kecamatan Prambanan. Candi Plaosan merupakan candi yang dibangun oleh Rakai Pikatan untuk permaisurinya, Pramudyawardani. Arsitektur candi ini terpadu antara Hindu dan Budha.

Candi Plaosan merupakan dua candi kembar yang berdiri di areal tanah seluas kurang lebih 440X270 meter². Disebut kembar karena ukuran dan bentuk kedua candi ini sama. Candi yang berada disebelah utara disebut Candi Plaosan Lor sedangkan candi yang berada di sebelah selatan disebut candi Plaosan Kidul.

Keduanya memiliki panjang sekitar 15 meter, lebar 10 meter dan dengan tinggi 15 meter. Yang menjadi pembeda kedua candi ini adalah ornament dan reliefnya dari masing masing-masing candi. Jarak dari kedua candi ini hanya sekitar 20 meter dan dipisahkan oleh sebuah tembok pembatas dari batu yang mengelilingi dari masih-masing candi.

Gravatar Image
Dimulai dari nol, tidak tahu apa-apa dan tidak memiliki apa-apa. Terus mencoba maju untuk menjadi orang yang bisa bermanfaat dan berguna untuk yang lainnya. Tidak ada yang tidak mungkin, karena itu saya akan tetap mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.