candi sewu

Posted on

Wisata candi sewu

Candi Sewu merupakan candi Budha terbesar kedua di Indonesia setelah Candi Borobudur. Terletak di ujung paling utara dari taman Wisata Prambanan. Nama Sewu sendiri yang dalam bahasa Jawa berarti seribu. Walaupun sesungguhnya tidak mencapai 1000 buah candi namun Candi Sewu memiliki jumlah yang cukup besar.

Tepatnya, gugusan Candi Sewu terdiri atas 249 buah candi, terdiri atas 1 candi utama, di keempat sisinya dikelilingi oleh Candi Pengapit dan Candi Perwara dalam susunan yang Simetris.

Di lingkungan kawasan wisata Candi Sewu juga terdapat Candi Lumbung dan Candi Bubrah. Dari kawasan tersebut terdapat juga beberapa candi lain, yaitu : Candi Gana, sekitar 300 meter di sebelah timur, Candi Kulon yang berada sekitar 300 meter di sebelah barat, dan Candi Lor sekitar 200 meter di sebelah utara.

Letak candi Sewu yang merupakan candi Budha dengan candi Prambanan yang merupakan candi Hindu, menunjukan bahwa pada masa itu masyarakat beragama Hindu dan masyarakat beragama Budha hidup berdampingan secara harmonis.

Gravatar Image
Dimulai dari nol, tidak tahu apa-apa dan tidak memiliki apa-apa. Terus mencoba maju untuk menjadi orang yang bisa bermanfaat dan berguna untuk yang lainnya. Tidak ada yang tidak mungkin, karena itu saya akan tetap mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.