makam ki pandannaran

Posted on

Wisata makam ki pandannaran

Makam Sunan Pandanaran terletak tidak jauh dari Rowo Jombor, tepatnya ke arah selatan dan selanjutnya kearah timur. Kira-kira 4 kilometer dari Rowo Jombor.

Makam Sunan Pandanaran/Ki Ageng Pandanaran terletak di Desa Paseban, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten. Makam Sunan Pandanaran terletak diatas perbukitan Gunung Jabalkat. Lokasi makam yang berada di ketinggian 860 meter ini dapat dicapai dengan menaiki 250 anak tangga.

Sunan Pandanaran/Bayat adalah seorang tokoh religious penyebar agama Islam di kawasan Jawa Tengah pada abad 16. Sunan Pandanaran berjuang menyebarkan agama Islam pada waktu yang sama dengan Wali Sanga. Dan karena kebesaran nama dan pengaruhnya, Sunan Pandanaran dianggap Wali yang kesepuluh dari Wali Sanga.

Selain Makam Sunan Pandanaran, pengunjung juga dapat mengunjungi Masjid Golo, dengan bedugnya yang dibangun oleh Sunan Pandanaran. Ada juga makam syeh Domba di Gunung Cakaran, yang merupakan pengikut setia Sunan, yang dalam cerita pernah berkepala domba karena merampok istri sunan, atau makam Syeh Kewel di Makam Sentana, pengikut setia Sunan, yang diceritakan pernah berkepala Ular karena juga turut merampok istri Sunan.

Gravatar Image
Dimulai dari nol, tidak tahu apa-apa dan tidak memiliki apa-apa. Terus mencoba maju untuk menjadi orang yang bisa bermanfaat dan berguna untuk yang lainnya. Tidak ada yang tidak mungkin, karena itu saya akan tetap mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.