umbul ponggok klaten

Posted on

Tempat Wisata Asyik Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok berasal dari kata”Umbul” yang berarti mata air, dan “Ponggok” yang merupakan tempat Umbul ini berada. Umbul Ponggok berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Umbul Ponggok merupakan kolam pemandian terbesar di Klaten, dengan luas sekitar 6000 meter². Umbul Ponggok sudah ada sejak jaman ratusan tahun lalu, pada zaman dahulu Umbul Ponggok digunakan untuk pengairan perkebunan tebu, dan pada saat ini fungsi Umbul Ponggok dijadikan sebagai objek wisata pemandian umum.

Umbul Ponggok dengan satu kolam renang yang berukuran besar yang dikelilingi pohon-pohon besar di sekitar area. Bila dilihat dari luar tampak seperti kolam renang biasa pada umumnya. Air umbul Ponggok berasal dari mata air yang tepat berada di bawah Umbul, oleh karena itu air di Umbul Ponggok sangat jernih dan bersih.

Kelebihan lain Umbul Ponggok ini adalah bila kita melihat didalam kolamnya akan tampak seperti lautan, selain itu Umbul Ponggok berisi ratusan ikan air tawar dengan berbagai ukuran, dari yang kecil hingga yang besar. Keberadaan ikan ini tidak berbahaya dan malah kehadiran manusia sudah menjadi hal biasa bagi mereka.

Gravatar Image
Dimulai dari nol, tidak tahu apa-apa dan tidak memiliki apa-apa. Terus mencoba maju untuk menjadi orang yang bisa bermanfaat dan berguna untuk yang lainnya. Tidak ada yang tidak mungkin, karena itu saya akan tetap mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.