Tips Budidaya Belimbing Manis

Ada beberapa tahapan yang harus ditempuh dalam membudidayakan belimbing manis agar hasilnya maksimal. Tahapan yang pertama ialah pengolahan tanah. Tanah diolah dan dicangkul atau dibajak.

Setelah dibajak, buat lubang tanam ukuran 60 cm x 60 cm x 50 cm dengan jarak lubang 5 m. sisa lahannya bisa dibuat selokan. Pisahkan tanah galian lapisan atas dengan bagian bawah setebal 30 cm dan isi pupuk kompos matang sebanyak 40 kg lalu biarkan selama 3 minggu.

Tahapan selanjutnya ialah menyiapkan bibit belimbing manis. Gunakan bibit yang berasal dari varietas unggul, yaitu yang berasal dari cara okulasi atau sambung pucuk. Selain itu, bibit jangan cacat, harus mulut, bebas penyakit dan tidak bercampur dengan varietas lainnya.

Contoh dari varietas unggul ialah buahnya yang manis rasanya, mutunya tinggi, produksinya pun tinggi, tahan stres dan penyakit serta mampu beradaptasi di lokasi baru.

Tips Budidaya Belimbing Manis

Belimbing Manis

Untuk penanaman bibit pohon belimbing manis, bisa ditanam di lahan terbuka atau kebun jika tingginya sudah mencapai 50 – 100 cm. Namun apabila bibit yang akan ditanam menggunakan polibag, maka polibag harus dibuka dahulu sebelum ditanam. Baru setelah itu bibit dimasukkan ke dalam lubang tanam yang tersedia. Bibit harus berada tepat di tengah lubang.

Baru setelah itu lubang ditimbun tanah sambil ditekan ke bawah dan mirik ke arah akar sampai kuat agar tanaman tidak mudah goyang ketika tertiup angin. Agar tidak stres, tanaman harus tetap disiram. Jika bibit yang ditanam hasil dari sambung pucuk atau okulasi maka batas sambungannya harus terletak 5 – 10 cm di atas tanah.

Sekarang mengenai tahapan pemeliharaannya. Siram tanaman setiap hari pada pagi dan sore hari. caranya dengan memberi lubang jarum pada sisi bawah botok bekas air mineral lalu isi air ¾ nya dan biarkan kosong bagian atasnya. Setelah itu, tancapkan ke dalam tanah.

Selain botol, bisa juga dengan selang yang dilubangi sebesar jarum di sampingnya lalu dihubungkan dengan menara air. Untuk memberantas gulma, bisa dengan cara dicangkul atau digaruk asal jangan merusak tanaman.

Setelah itu, pangkas agar tidak terlalu menjulang tinggi dan buang tunas yang terlalu rapat. Terakhir, lakukan penjarangan dengan membuang buah yang kerdil, bengkok atau cacat agar buah yang dihasilkan lebih berkualitas.

Leave a Reply

%d bloggers like this: