Tips Hidup di Perantauan Agar Lebih Siap Menghadapi Dunia Rantauanmu

Belajar dari pengalaman, saya di sini ingin berbagi tips hidup saat merantau. Tapi sebelum merantau siapkan diri kamu dulu, siapkan alasan dan juga niat kenapa memutuskan untuk merantau. Seperti kebanyakan orang, mereka merantau karena ingin mencari pekerjaan, ingin merubah keadaan ekonomi keluarga menjadi lebih baik atau karena ingin melanjutkan pendidikan dan lain sebagainya.

Hidup di perantauan jauh dari keluarga, kita dituntut untuk mandiri. Saat di sana saya selalu teringat-ingat hidup di kampung, ditemani keluarga dan teman yang selalu bisa diajak bicara, bercerita dan bercanda. Tapi tidak di tempat perantauan.

Seperti awalnya akan terasa sulit, akan tetapi semua itu akan berjalan karena terbiasa. Mungkin kamu akan merasa bingung seperti yang saya rasakan pertama hidup di perantauan. Dari kebiasaan masyarakat, harga-harga barang di perantauan hingga sesuatu yang kita butuhkan sehari-hari.

Lalu apa yang perlu kita lakukan saat di perantauan, berikut tips hidup di perantauan :

l. Sebelum Merantau Tentukan Alasan dan Tujuan

menentukan alasan dan tujuan merantau

www.flickr.com

Keluarga adalah hal terpenting dalam hidup saya, pasti kamu juga begitu bukan? Rumah dan kampung halaman menjadi salah satu hal terpenting juga di mana kita dibesarkan dan di didik oleh keluarga yang mencintai dan menyayangi kita.

Di kampung halaman ada keluarga, teman-teman dan kenalan terdekat kita, atau bisa jadi ada juga kekasih kita? Jika kamu memutuskan untuk merantau kamu harus siap meninggalkan segala kebersamaan bersama mereka. Mungkin kalau bukan tuntutan tentang kehidupan kita, kita akan tetap memilih untuk tetap tinggal.

Oleh karena itu kamu harus benar-benar memikirkan alasan apa yang membuat kamu harus menjalani hidup di perantauan. Di setiap alasan pasti akan menimbulkan tujuan, oleh karena itu ketahui juga  tujuan dari alasan yang kamu pilih tadi.

Jika kamu siap untuk merantau, yakinlah pada diri kamu bahwa kelak kamu akan mendapat kesuksesan. Meski harus bekerja keras dan melalui berbagai liku-liku kehidupan.

2. Siapkan Diri Kamu Sesiap Mungkin

yang perlu disiapkan saat merantau

kerjayuk.cok

Sebelum kita merantau kita harus tahu seperti apa tempat yang akan menjadi tempat kita menjalani hidup baru nanti. Jangan samakan tempat perantauanmu dengan yang ada di kampung halaman kamu. Di sana kita tidak sedang berlibur dan bersantai tatapi kita pergi dengan alasan untuk hidup kita agar lebih baik.

Pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu informasi tentang kota yang akan kamu tinggali. Selanjutnya siapkan perkiraan biaya hidup di sana. Misalkan untuk biaya kost/kontrakan, untuk biaya makan, untuk biaya mandi dan sebagainya hingga kebutuhan uang pulsa.

Kamu dapat memperkirakan terlebih dahulu gaji yang akan kamu dapatkan di perantauan, kamu dapat merencanakan dari melihat UMR dari kota yang akan kamu tempati.

Kenali budaya tempat tujuanmu merantau. dan siapkan diri kamu untuk bisa beradaptasi di tempat kamu merantau. Semua akan berjalan paling tidak sesuai rencana kamu jika kamu sendiri sudah siap.

3. Pastikan Kamu Mempunyai Kenalan di Tempat Perantauan

berkenalan dengan orang baru

deviantart.com

Hal ini menjadi sangat penting jika terjadi keadaan darurat pada kamu. Saat tinggal bersama orang tua, mungkin kita sering telat makan, mungkin sering menghiraukan kesehatan atau tak berpikir panjang untuk melakukan sesuatu.

Nah, di perantauan kita tidak bisa lagi mengandalkan orang tua. disaat ada masalah dan butuh bantuan kamu akan butuh orang lain untuk bisa membantu kamu.

Disaat di perantauan kita dituntut untuk mandiri. Apapun yang akan kita lakukan harus dipikirkan matang-matang. Lantaran kita tidak bisa lagi sepenuhnya mengandalkan orang tua kita. dengan kita mempunyai kenalan, entah itu sanak saudara, kerabat ataupun teman. Kita paling tidak bisa mendapatkan pertolongan dari mereka. Entah itu hanya sekedar informasi ataupun disaaat kita dalam keadaan mendesak.

4. Di Tempat Rantau Kamu  Harus Bisa Beradaptasi

beradaptasi di perantauan

blogspot.com

Ada pepatah mengatakan “Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung”. Sesuai peribahasa di atas, kita harus bisa beradaptasi dan mampu membawa diri kita menyesuaikan lingkungan di mana kita tinggal.

Di saat pertama pasti kamu akan kaget dengan semua makanan di sana. Dimana semua berbeda dan belum lagi dengan harga yang di patok untuk bisa mendapatkannya. Jadi disini kita dituntut untuk bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kita sehari-hari. Dan kalau bisa bagaimana cara untuk bisa menyisakan sebagian dari apa yang kita peroleh.

Kedepannya kamu harus berusaha menyesuaikan dengan budaya dan tata cara masyarakat dalam berkomunikasi. Ini menjadi penting untuk kita bisa mendapatkan informasi-informasi. Tunjukan kesan yang baik dan sikap baik kepada mereka.

5. Belajar Menyisihkan Uang

belajar menabung menyisihkan uang

finance.detik.com

Kita tidak tahu hari esok akan bagaimana. Setiap masing-masing orang sebagai perantau harus memulai kebiasaan berhemat. Sebagai contohnya bagi mahasiswa, kita harus tahu paling tidak uang kiriman dari orang tua bisa mencukupi kebutuhan kita selama satu bulan.

Sisakan sebagian kiriman untuk hal-hal yang tak terduga. Sementara untuk kamu yang bekerja harus memastikan pengeluaranmu lebih kecil dari pendapatanmu. Rencanakan dan buat se-konsisten mungkin untuk selalu menyisakan sebagian dari pendapatanmu.

Prestasi kemandirianmu akan terlihat dari cara kamu dalam mengelola keuangan. Selain itu juga bisa digunakan untuk dana cadangan apabila sewaktu-waktu ada kebutuhan yang mendesak.

6. Perbanyak Teman

Kumpul bersama teman

gk.kz.com

Di tempat baru banyak sekali kesempatan untuk mendapatkan kenalan baru. Entah itu sesama perantauan ataupun orang asli sana. Jadikan mereka teman kamu, nanti merekalah yang akan menemani waktu luang kamu. Yang mungkin bisa menumbuhkan rasa kekerabatan tersendiri, yang tak segan membantu dan memberikan dukungan kepada kita.

Banyak waktu yang akan kamu habiskan bersama mereka. Menjelajah dan menemukan pandangan baru. Berusahalah membangun kerja sama diantara meraka.

7. Bergabung dengan Komunitas Sesama Perantau

kumpul bersama komunitas di perantauan

media.viva.co.id

Tidak ada salahnya berkumpul dengan orang-orang yang sama-sama berjuang di tempat perantauan. Kenyamanan saat kita berkumpul akan menjadikan kamu lebih betah berada di sana. Selain menjadi penawar kerinduanmu dengan kampung halaman, juga bisa mengembangkan rasa kekeluargaan diantara kita. Di sini kamu bisa menemukan teman-teman yang bisa diajak berkeluh kesah dan berbagi cerita.

8. Miliki Sikap Gigih dan Pantang Menyerah

Semangat menggapai kesuksesan

blogspot.com

Merantau identik dengan ujian dan rintangan. Segala godaan dunia luar kadang memikat kita. Tetap berhati-hatilah menjaga tujuan kamu. Terkadang kita akan mengalami masa masa sulit, seperti rintangan yang bertubi-tubi. Jadi kuatkan diri kamu, yakinlah bahwa kamu bisa melaluinya. Kamu tidak datang jauh-jauh untuk jatuh, melainkan untuk terus berlari meraih apa yang menjadi tujuan kamu.

Sukses tidak mungkin diraih tanpa kerja keras dan kegigihan. Kesuksesan itu tidaklah instan. Tetap semangat dan pantang menyerah adalah pondasi utama menuju kesuksesan.

9. Kembangkan Dirimu

Mengembangkan diri di perantauan

universitasquality.ac.id

Kita memang butuh berkembang untuk meraih kesuksesan. Tidak seperti di rumah sendiri, banyak hal sudah disediakan oleh orang tua kita. Namun berbeda di perantauan, kamu harus bisa satu langkah lebih maju daripada mereka.

Di tempat kamu marantau akan banyak sekali kesempatan untuk maju. Pandai-pandailah melihat peluang dan jangan takut untuk mencobanya. Mungkin akan merasakan jatuh, tapi jadikan itu sebagai pelajaran untuk mengembangkan diri kamu.

10. Rencanakan Sesuatu untuk Kedepannya

Tips merantau

nikifour.co.id

Setelah merasakan kehidupan di perantauan, kamu akan mulai membayangkan hal-hal baru. Ada yang ingin berencana memulai hidup baru lagi di kampung halaman, mungkin juga ada yang ingin terus berjuang di tempat perantauan. Semua tergantung kamuyang menentukan. Dari apa yang kalian lewati di perantauan paling tidak cukup untuk melakukan sesuatu yang baru, misalnya membangun usaha sendiri atau berbisnis. Jadi rencanakan diri kamu untuk mengapai tujuan kamu.

Demikian tips hidup di perantauan, semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. Teruslah berkembang dan gigih dalam mencapai impianmu. siapkanlah semuanya dengan baik jangan sampai ada yang tertinggal.

 

Leave a Reply